8+ Peluang Usaha Modal di Bawah 500 Ribu Terbukti Menguntungkan!

8+ Peluang Usaha Modal di Bawah 500 Ribu Terbukti Menguntungkan!

Peluang Usaha Modal di Bawah 500 Ribu

Ketika iklim perekonomian sedang mengalami kesulitan, yang ditandai dengan harga barang yang semakin mahal, sedangkan penghasilan masih saja stagnan, maka seseorang membutuhkan sumber penghasilan yang bisa menutupi dan mencukupi kebutuhannya. Membangun usaha sendiri dengan modal kecil bisa menjadi salah satu solusi yang tepat jika kita bisa menjalankannya. Sebab membuka usaha juga memiliki resiko kerugian, sehingga diperlukan ilmu yang baik untuk menjalankannya.

8+ Peluang Usaha Modal di Bawah 500 Ribu Terbukti Menguntungkan!


Banyak orang berpikir bahwa untuk membangun sebuah usaha/ bisnis memerlukan modal yang besar. Hal ini tidaklah selalu benar, sebab banyak juga peluang usaha yang hanya memerlukan modal yang kecil/minim.

Untuk membangun sebuah usaha/ bisnis, sebenarnya tidak selalu harus dengan modal yang besar. Banyak peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa dijalankan dengan penghasilan yang menjanjikan di sekitar kita. Berikut adalah beberapa peluang usaha yang bisa dilakukan dengan modal Rp 500 ribu rupiah saja:

1. Jualan Pulsa Elektronik


 Jual Pulsa

Saat ini hampir semua orang memiliki handphone, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Harga ponsel saat ini semakin terjangkau dengan berbagai macam varian model, merk dan spesifikasi. Bahkan sekarang ini semua handphone telah memiliki fitur canggih untuk jelajah internet.

Dengan adanya fenomena seperti di atas, bisa menjadi peluang Sobat, untuk membuka usaha jualan pulsa, karena sekarang ini pulsa sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Saat ini, keberadaan pulsa hampir mirip dengan sembako, selalu dicari dan dibutuhkan oleh masyarakat. Pulsa elektrik sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari. Sebab saat ini telah terjadi fenomena dimana dikalangan masyarakat sudah mulai melek teknologi internet. Mereka menggunakan internet biasanya untuk mencari berita dan informasi. Untuk membuka dan menjelajah internet pada ponsel, tentu dibutuhkan yang namanya pulsa serta data internet.

Membuka usaha jualan pulsa tidaklah memerlukan modal yang besar, cukup dengan deposit uang sebesar tiga ratus ribu rupiah, Sobat sudah bisa memulai usaha jualan pulsa elektrik.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini cukup sederhana saja, Sobat cukup sediakan handphone untuk mengirim pulsa ke ponsel pembeli. Tidak perlu handphone yang mahal seperti model smartphone, HP jadul pun bisa digunakan untuk mengirim pulsa, namun jika ada smartphone tentu itu lebih bagus.

2. Membuka Usaha Pesanan Kue


   kue kering

Bila Sobat hobi dalam pembuatan jajanan seperti kue, jadikan hobi Sobat sebagai peluang bisnis yang menguntungan. Bukalah usaha pesanan kue. Hobi Sobat bisa tersalurkan dan bisa mendapatkan uang. Modal usaha pembuatan kue tidaklah terlalu besar, sebab pembuatannya sesuai dengan pesanan. Biasanya orang memesan kue untuk hadiah, untuk syukuran, acara ulang tahun, oleh-oleh, buah tangan dan lain sebagainya. Fenomena seperti ini bisa menjadi peluang usaha yang bagus untuk membuka usaha pesanan kue. Untuk tempat pembuatannya cukup di rumah tidak  perlu menyewa untuk meminimalisir  biaya modal.

Banyak bermacam jenis kue yang dapat dibuat dan bisa dipesan, seperti pembuatan kue pukis, bolu, brownis, kukus, kue coklat dan lain sebagainya. Cara pembuatannya nya pun cukup mudah banyak tutorial yang tersebar di internet, Sobat tinggal pelajari kemudian praktekkan.

Peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini diantaranya yaitu alat pemanggang roti atau oven. Namun jika Sobat tidak ingin mengeluarkan biaya yang banyak, Sobat bisa mensiasatinya dengan membeli oven tradisional yang harganya di bawah Rp 500 ribu. Mintalah pembayaran orderan di muka di awal transaksi, agar uang yang didapat bisa untuk membeli bahan dan peralatan untuk pembuatan kue pesanan.

3. Membikin Warkop (Warung Kopi)


 warkop

Minuman kopi merupakan minuman favorit kebanyakan orang. Membuka warkop sebenarnya tidak memerlukan modal lebih dari lima ratus ribu rupiah. Untuk meminimalisir biaya  modal, caranya yaitu kita tidak perlu menyewa tempat, cukup didirikan di pinggir jalan atau di halaman rumah sendiri seperti model angkringan. Tempat duduk di warkop bisa dibikin model lesehan atau warung duduk seperti membuat warmindo atau kombinasi keduanya. Tambahin juga dengan jualan jajanan, camilan snack, nasi kucing, gorengan, minuman sachet, wedang jahe dan lainnya.

Terdapat beberapa keperluan tambahan, namun biayanya tidak terlalu mahal seperti spanduk nama warkop, perabotan masak, dan sebagainya. Namun membuka warkop tetap memiliki resiko yaitu adanya makanan sisa yang tidak terjual.

4. Jual Gorengan


 gorengan

Gorengan,....! ya siapa yang tidak tahu makanan yang satu ini? Hampir semua orang mengenal gorengan dan menjadi penggemarnya. Sobat bisa menjadikan usaha gorengan ini sebagai usaha sampingan. Caranya Sobat bisa berjualan gorengan pada sore hari sepulang dari aktivitas  pekerjaan utama. Untuk membuat gorengan bahannya pun mudah didapat dan murah, sehingga tidak perlu modal besar untuk mengawali usaha ini. Bermacam-macam rupa bentuk gorengan yang dapat dibuat seperti tempe, mendoan, tahu, pisang goreng, molen dan lainnya.

Pembiayaan yang paling besar dibutuhkan untuk usaha ini yaitu untuk pengadaan gerobak, alat penggorengan, tabung gas serta wajan. Untuk menambah daya tarik pembeli, Sobat bisa membuat desain gerobak yang unik. Sedangkan untuk bahan-bahan pembuatannya cukup murah dan mudah didapatkan. Penggemar gorengan sangat banyak dari berbagai  kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua sehingga usaha ini memiliki pangsa pasar yang besar.

5. Peluang Usaha Menjadi Dropshipper


 Dropshipper

Sekarang ini di internet banyak bermunculan toko-toko online. Hal ini disebabkan karena saat ini masyarakat memiliki kecenderungan berbelanja dengan sistem online. Mulai dari belanja baju, alat rumah tangga, barang elektronik sampai dengan makanan dan lain sebagainya. Saat ini  banyak masyarakat yang telah melek teknologi internet, sehingga ketika mereka mencari berita, informasi dan hiburan, mereka mencarinya di internet. Disamping itu, mereka juga memanfaatkan internet untuk aktivitas belanja. Fenomena ini bisa menjadi peluang besar untuk memasarkan produk  melalui internet. Itulah alasan mengapa banyak toko-toko online yang bermunculan di internet. Dengan fenomena dimana kecenderungan masyarakat yang banyak berbelanja secara online, bisa menjadi peluang munculnya usaha sebagai dropshipper.

Apa itu dropshipper? Dropshipper adalah orang yang menjualkan produk orang lain tanpa harus menyetok, packing barang serta kirim barang. Jadi seorang dropshipper hanya fokus menjaring para pembeli produk. Apabila sudah mendapatkan pembeli, kemudian si pemilik produklah yang nantinya akan menyediakan, mengemas dan mengirim produk kepada pembeli dimana nantinya produk yang dikirim tersebut di atas nama kan dropshipper. Jadi, seorang dropshipper tidak perlu khawatir kehilangan pembeli jika pembeli tersebut akan berbelanja lagi di lain waktu.

Jadi, sekali lagi keuntungan menjadi dropshipper yaitu kita tidak perlu repot-repot stok barang, packing dan kirim barang. Kita tinggal fokus mencarikan konsumen saja . Untuk urusan stok barang, packing dan kirim barang itu semua sudah menjadi  urusan pemilik barang/ produk.

Bermacam-macam produk yang dapat dijual dengan menggunakan sistem dropship ini. Contohnya yaitu seperti produk baju, celana, jilbab, aksesoris, alat rumah tangga, barang elektronik dan lain-lain.

Salah satu kesulitan dalam menjalankan usaha ini, yaitu menjaga kepercayaan pembeli, sebab saat ini banyak terjadi kasus penipuan online. Untuk itu jagalah kepercayaan pelanggan agar usaha Sobat dapat berjalan lancar, berkembang maju dan sukses.

6. Peluang Usaha Menjadi Endorser


 selebgram

Jika Sobat memiliki akun Instagram dengan jumlah follower banyak, di atas 1000, maka akun Sobat bisa menjadi modal usaha untuk mendapatkan penghasilan dengan menjadi selebgram. Para selebgram ini mendapatkan penghasilan dengan menjadi endorser, yaitu dengan cara mengendorse produk-produk dari perusahaan maupun perorangan/ individu. Banyak perusahaan-perusahaan dan individu pemilik produk yang tertarik untuk mengendorse para selebgram, terutama yang memiliki jumlah follower yang banyak.

Biasanya para endorser ini dikirimi produk oleh para pemilik produk untuk diiklankan pada akun Instagram mereka. Untuk tarifnya bermacam-macam sesuai dengan jumlah follower, ada yang bertarif 100 ribu, 200 ribu, sampai 800 ribu hingga jutaan rupiah. Semakin banyak follower semakin tinggi pula tarif nya.

Baca Juga: 10+ Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar!

7. Membuat dan Menulis Blog


 menulis blog

Di internet saat ini banyak blog-blog baru yang muncul dan mulai tumbuh berkembang. Banyak orang yang membuat blog dengan berbagai tujuan, diantaranya yaitu ada yang tujuannya untuk menyalurkan hobi menulis, menyimpan file/ data, berbagi informasi dan berita, bahkan untuk mencari uang.

Benarkah blog bisa untuk mencari uang? Ya tentu bisa! Sebuah blog yang dibangun dengan serius yang kemudian mendatangkan trafik/ pengunjung yang banyak bisa mendapatkan penghasilan dengan cara dipasangi iklan. Biasanya para blogger memonetize ("meng uang kan") blognya dengan menjadi partner jaringan iklan dari Google Adsense. Selain itu, ada pula jaringan iklan yang lain selain Google Adsense yaitu seperti klik saya, propelerads, dan lain sebagainya.

Disamping itu dengan memiliki sebuah blog, Sobat bisa menawarkan space iklan mandiri pada blog Sobat untuk dipasangi iklan dengan tarif tertentu. Blog dengan jumlah pengunjung yang banyak, akan menarik banyak perusahaan atau perorangan untuk mengiklankan produk mereka pada blog Sobat.

Membuat blog merupakan sebuah peluang usaha modal kecil dengan penghasilan yang menjanjikan. Cara buat blog nya pun gampang, banyak tutorial tentang cara pembuatan blog yang tersebar di internet, Sobat tinggal browsing di internet kemudian pelajari dan praktekkan. Untuk meminimalisir pengeluaran, Sobat bisa membuat blog pada platform Blogspot atau Wordpress yang gratis, selanjutnya bila ingin mengupgrade domain bisa membelinya di situs--situs penyedia layanan domain di internet. Untuk harga domain nya juga murah di bawah 200 ribu per tahun. Dengan modal awal di bawah Rp 500 ribu Sobat sudah dapat membuat sebuah blog dengan domain TLD (Top Level Domain).

Baca Juga: 100+ Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil Dikerjakan di Rumah Untung Besar!

8. Menjadi Youtuber


Youtuber

Saat ini menjadi youtuber menjadi salah satu keinginan banyak orang. Sebab banyak orang yang telah sukses meraup penghasilan yang besar dari Youtube. Bahkan artis-artis pun sekarang berbondong-bondong menjadi Youtuber. Para youtuber momonetize channelnya dengan memasang jaringan iklan dari Google Adsense.

Namun untuk dapat memasang iklan dari Google Adsense ada syarat tertentu yang harus dipenuhi yaitu Channel harus minimal memiliki 1000 subcriber dan jumlah total penayangan sebanyak 4000 jam selama 12 bulan. Namun peraturan ini sering berubah-ubah sesuai kebijakan pihak Youtube.

Banyaknya pendapatan yang dihasilkan bergantung pada jumlah subcriber dan views video. Semakin banyak jumlah subcriber dan views semakin besar pula pendapatan yang dihasilkan dari penayangan iklan pada video channel youtuber.

Jangan salah, youtuber yang telah memiliki banyak subcriber dan views bisa mendapatkan penghasilan puluhan, ratusan hingga milyaran rupiah per bulan.

Youtube sekarang semakin terkenal dengan berbagai macam konten video di dalamnya. Ada berbagai jenis tema video di Youtube, diantaranya tema berita, informasi, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi, musik, hiburan, dan lainnya.

Saat ini banyak orang yang menonton video di Youtube. Youtube telah menjadi salah satu media tontonan alternatif selain televisi. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua banyak yang menonton channel video Youtube. Nah, fenomena semacam ini bisa menjadi peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan dari Youtube dengan menjadi youtuber.

Cara untuk menjadi youtuber cukup mudah, yaitu dengan memiliki akun google kemudian upload video di Youtube otomatis Sobat sudah bisa menjadi Youtuber. Buatlah channel video Youtube yang menarik masyarakat dan sesuaikan dengan kemampuan Sobat, misal Sobat senang berwisata atau jalan-jalan, buatlah channel video dengan tema wisata, atau Sobat hobi memasak, buatlah channel video tentang tutorial memasak serta resep masakan atau Sobat suka berbagi informasi, buatlah channel video tentang informasi dan berita serta masih banyak lagi yang lainnya.

Menjadi youtuber dengan membangun channel video di Youtube tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan modal di bawah Rp 500 ribu, Sobat sudah bisa membangun channel video di Youtube.

Cermat Melihat Peluang

Sebenarnya masih banyak peluang usaha dengan modal kecil di bawah 500ribu yang dapat dilakukan. Untuk itu Sobat mesti cermat melihat peluang. Saat ini telah ada internet yang didalamnya terdapat berjuta-juta informasi, termasuk informasi tentang peluang usaha. Manfaatkanlah internet untuk mencari informasi tersebut, untuk membangun usaha Sobat.

Nah Sobat, demikianlah ulasan tentang  8+ Peluang Usaha Modal di Bawah 500 Ribu Terbukti Menguntungkan! semoga bermanfaat. Sekian dulu dari saya. Selamat berusaha semoga sukses ......

-----------------------------

File Under: Bisnis
Tagged With: usaha modal kecil, modal 300 ribu usaha apa, usaha modal 50 ribu, modal 100 ribu usaha apa, peluang usaha baru, peluang usaha terbaru dan terlaris

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar