10+ Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar!

10+ Peluang Usaha Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar!

10+ Peluang Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar!

Sejalan dengan meningkatnya pemakai internet serta laju pertumbuhan perekonomian di Indonesia yang pesat sekarang ini, sehingga berdampak pula pada naiknya laju perkembangan pada sektor bisnis di Indonesia yang begitu pesat dan cepat. Pertumbuhan bisnis ini bisa dilihat terutama pada bidang bisnis online serta bisnis offline go online.

Disamping itu bisnis online pada bidang e-commerce (online shop/ toko online), bidang teknologi informasi (TI) juga mengalami perkembangan yang begitu pesat. Media informasi massa  jika dahulunya mereka beroperasi melalui koran konvensional, namun dengan adanya internet, sekarang mengalami pergeseran dan perubahan menjadi media informasi online. Misalnya TribunNews, Republika, Detik, Tempo, Kompas dan lain sebagainya.

Selain itu bisnis internet juga banyak dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki keterampilan pada bidang tertentu, kemudian ingin mendapatkan uang dari keterampilannya tersebut. Misalnya keterampilan desain logo, banner, font sampai fotografi dan lainnya. Dengan adanya fenomena tersebut di atas, saat ini internet menjadi media lahan bisnis baru dimana banyak peluang usaha di dalamnya yang masih terbuka luas bagi siapa saja yang ingin memanfaatkannya. Untuk masa-masa mendatang bisnis internet akan menjadi tren dikalangan masyarakat untuk membangun sumber pendapatan di masa depan.

Siapa yang Dapat Menjalankan Bisnis Online?

Arti dari bisnis online yaitu bisnis yang dilakukan dengan cara online dalam arti hanya dapat dilakukan jika terdapat koneksi internet serta perangkat komputer, laptop, mobile dan sejenisnya. Sehingga setiap orang yang ingin melakukan bisnis atau usaha online wajib mempunyai jaringan internet serta perangkat komputer, laptop, mobile dan sejenisnya.

Setiap orang dapat menjalankan bisnis online ini, tidak bergantung pada profesi atau titel pendidikan. Bahkan orang yang tidak mengerti teknologi (gaptek) pun bisa belajar bisnis online dan bisa mencapai kesuksesan bila dia tekun dan serius mengerjakannya.

Barangkali ada yang bertanya apakah ada bisnis online yang dapat memberikan keuntungan untuk waktu yang lama atau jangka panjang? Jawabannya tentu saja ada, dan berikut adalah beberapa peluang usaha online yang dapat dijalankan dengan modal kecil serta bisa dikerjakan di rumah.


1. Bisnis Internet Menjual Produk


Saat ini hampir setiap orang memiliki handphone yang terhubung dengan jaringan internet sehingga apabila mereka membutuhkan informasi mereka tinggal buka handphone kemudian mencari nya di internet. Disamping itu dengan internet orang bisa saling terhubung dan berkomunikasi tanpa jarak. Fenomena ini bisa dimanfaatkan untuk media bisnis pemasaran serta penjualan produk baik milik pribadi atau orang lain dengan cara menawarkannya melalui internet.

Jika sebelum adanya internet pemasaran produk dilakukan dengan cara konvensional, namun sekarang dengan adanya  internet yang penggunanya terus bertambah banyak, maka pemasaran produk bisa dilakukan melalui internet sebagai perluasan dan pengembangan pemasaran.

Bisnis Internet Menjual Produk Milik Orang lain

Bisnis Internet Menjual Produk Milik Orang lain

Bisnis jenis ini adalah bisnis yang sangat menguntungkan sekarang ini, sebab fenomena saat ini banyak konsumen produk di Indonesia yang cenderung sudah mulai beralih berbelanja melalui online. Untuk menjalankan bisnis online sebetulnya tidak membutuhkan modal yang banyak, bahkan nyaris hanya dengan modal Rp 0.

Salah satu manfaat atau keuntungan menjual produk orang lain di internet (reseller/ dropshiper/ affiliate) yaitu kita tidak perlu repot menyetok/ menyediakan barang untuk dijual dan mengurus pengirimannya. Kita hanya menawarkan barang saja yang nantinya kita dapat komisi atau kita ambil keuntungan sendiri. Terdapat banyak Toko Online yang menyediakan program ini. Namun kita harus mengetahui riwayat transaksi dari Toko Online tersebut. Pilihlah Toko Online yang memiliki riwayat transaksi bagus, terpercaya dan bertanggung jawab.

Dalam program reseller atau dropship yang disediakan oleh Toko Online biasanya untuk pengiriman barang kepada pembeli dilakukan oleh pihak Toko Online nya, dimana barang yang dikemas tersebut, diatas namakan kita atau Toko Online kita sebagai pengirimnya. Dengan demikian, kita tidak akan kehilangan pembeli tersebut apabila pembeli tersebut ingin melakukan transaksi pembelian kembali di lain waktu. Kebanyakan produk yang dijual melalui program reseller atau dropship biasanya barang yang berupa fisik.

Disamping melakukan penjualan produk berupa fisik, kita juga dapat menjual produk orang lain yang berupa produk digital, misalnya video, gambar, foto, logo, ebook, membership dan lain-lain. Program ini lebih dikenal dengan sebutan affiliasi yaitu kita menjualkan barang tersebut dan kita nantinya akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga penjualan yang telah kita jual melalui link affiliasi kita.

Banyak marketplace yang menyediakan program affiliasi dan dropship, diantaranya Sobat bisa menemukan berbagai produk yang bisa dijual di situs marketplace berikut:
  1. Dropshipaja[dot]com (produk fisik/ dropship)
  2. Supplier[dot]id (produk fisik/ dropship)
  3. Cakning[dot]com (produk fisik/ dropship)
  4. Ratakan[dot]com (produk digital/ affiliate)
  5. Idaff[dot]com (produk digital/ affiliate)
  6. Tokopedia[dot]com (produk fisik/ dropship)
  7. Bukalapak[dot]com (produk fisik/ dropship)

2. Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website


Bisnis Online Menjual Jasa Menulis Artikel/ Membuat Konten Website

Permintaan jasa penulisan merupakan salah satu jenis usaha online yang paling laris di Indonesia sekarang ini. Mengapa? Karena saat ini banyak bermunculan media blog/ website yang memerlukan penulis untuk mengisi konten pada blog/ website tersebut.

Konten blog/ website dapat berupa teks, gambar serta video, tetapi kebanyakan biasanya  konten blog/ website berupa artikel atau bisa campuran antara ketiganya, yaitu artikel disertai gambar dan atau video. Nah, apabila Sobat memiliki keterampilan menulis artikel, membikin gambar dan video,maka hal tersebut bisa menjadi modal dan peluang bisnis online yang menjanjikan untuk dilaksanakan.

Disamping itu konten selain artikel, seperti konten berupa gambar, logo dan video juga banyak yang mencarinya. Biasanya untuk keperluan marketing dan merk produk yang dipasarkan.

Terkadang pemilik blog/ website atau pemiik usaha tidak memiliki banyak waktu atau skill yang baik dalam pembuatan konten berupa artikel, logo, serta video untuk blog dan usaha mereka. Nah, inilah kesempatan peluang usaha untuk Sobat membangun usaha online di bidang jasa penyedia konten yang berupa artikel, logo dan video. Merekalah target pasar potensial Sobat.

Lantas bagaimana cara menemukan calon klien? Untuk menemukannya Sobat bisa menemukan mereka di beberapa situs ini:
  1. Sribulancer[dot]com
  2. Projects.co[dot]id
  3. Sribu[dot]com

3. Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog


Usaha Online Menjual Jasa Pembuatan Website/ Blog

Bagi sobat yang memiliki keterampilan dalam membuat sebuah website atau blog bisa mencoba membuat usaha jasa pembuatan website atau blog. Tidak perlu harus memiliki kemampuan hebat untuk membuat sebuah website atau blog, seperti menyusun kode-kode bahasa pemrograman, sebab sebetulnya untuk membuat sebuah blog ada banyak trik yang cukup mudah untuk membangun sebuah website/ blog yang bagus.

Wordpress merupakan salah satu platform website/ blog yang sangat mudah dipelajari serta diterapkan untuk membangun sebuah website atau blog. Sebab pada Wordpress banyak sekali terdapat theme atau template yang sudah siap untuk digunakan, ada yang gratis dan juga berbayar dengan tampilan yang bagus dan profesional.

Biasanya dalam menjalankan bisnis ini pada awal mulanya terasa sulit, tetapi seiring berjalannya waktu, Sobat akan terbiasa dan terasa mudah menjalaninya dalam membuat sebuah website/ blog yang baik. Dengan demikian, calon pembeli Sobat akan merasa puas dengan hasil pekerjaan Sobat. Dalam menunjang bisnis ini, sebaiknya kita mesti memiliki tampilan website yang profesional dan meyakinkan.

Lalu bagaimanakah cara menemukan calon klien? Untuk menemukannya Sobat bisa menemukan mereka di situs marketplace berikut:
  1. Sribulancer[dot]com
  2. Projects[dot]co[dot]id
Untuk menunjang kelancaran bisnis ini dengan baik, sebaiknya Sobat mesti memiliki mitra penyedia domain dan hosting yang bagus. Untuk layanan domain dan hosting terbaik dan berkualitas saya merekomendasikan di Niagahoster.

4. Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online


Berbisnis Internet Menjadi Makelar Online

Usaha ini banyak juga dijalankan oleh para pebisnis online. Pengertian makelar yaitu usaha mempertemukan antara penjual produk/ jasa kepada calon pembeli. Dibutuhkan koneksi serta jaringan pertemanan dan kenalan yang cukup luas untuk bisa menjalankan bisnis yang satu ini.

Kepercayaan calon pembeli merupakan hal yang sangat penting dan mutlak dalam menjalankan bisnis ini agar bisa berhasil. Untuk itu kepercayaan calon pembeli harus benar-benar terjaga. Untuk menjaga kepercayaan, terlebih dahulu kita harus mengetahui latar belakang dari orang yang akan dipertemukan, baik si penjual atau calon pembeli.

Berikut adalah contoh beberapa usaha yang menggunakan jasa makelar dalam prosesnya, seperti: penjualan property, penjualan website, penjualan jasa dan lain sebagainya. Sebagai makelar online harus bisa menentukan harga produk/ jasa yang diberikan.

Tips menjalankan bisnis makelar online yaitu salah satunya tidak perlu mengambil keuntungan yang terlalu banyak atau terlalu kecil, yang sedang saja, karena ini menyangkut keberlangsungan usaha Sobat dan juga rasa kepercayaan dari klien Sobat.

Untuk menemukan produk yang dapat dijual lagi di situs marketplace bisa dilihat pada daftar berikut ini:
  1. Ciptaloka[dot]com (jual kaos + desain)
  2. Rumah123[dot]com (jual beli property)
  3. Olx.co[dot]id (jual beli beragam produk)
  4. Carmudi[dott]co[dot]id (jual beli mobil)
Artikel terkait: Motivasi dan Mindset Bisnis

5. Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online


Menjual Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online

Usaha jasa konsultasi ini sangat pas untuk Sobat yang mempunyai keterampilan dan keahlian yang baik dan mendalam dalam bidang tertentu. Maksudnya Sobat mestilah seorang yang ahli atau expert dibidang yang Sobat tekuni.

Berikut adalah beberapa contoh usaha jasa konsultasi online, misalnya konsultasi pengobatan tradisional, konsultasi kesehatan, konsultasi asmara, konsultasi SEO (search engine optimation) sebuah blog/ website dan lain sebagainya.

Dahulu memang jasa konsultasi ini dilakukan secara konvensional. Tetapi saat ini usaha ini sudah mulai bergeser menggunakan internet/ online. Sehingga apabila Sobat memiliki keterampilan dan keahlian pada bidang tertentu maka keterampilan itu dapat dijadikan bisnis yang menguntungkan apabila dipasarkan secara online.

6. Berbisnis MLM Secara Online


Berbisnis MLM Secara Online

Selama ini bisnis MLM sering dianggap sebelah mata oleh kebanyakan orang, dan orang akan buru-buru menghindarinya apabila mendengar bisnis ini. Namun sebenarnya bisnis MLM ini memiliki peluang yang dapat memberikan keuntungan yang besar bagi banyak orang.

Sebetulnya banyak juga contoh bisnis MLM yang dijalankan dengan online dan menghasilkan keuntungan untuk jangka panjang. Akan tetapi juga perlu diketahui bahwa tidak semua bisnis MLM mempunyai potensi keuntungan bagi membernya.

Misalnya saja bisnis MLM online Oriflame dan ABE Network merupakan contoh bisnis MLM yang telah sukses besar dijalankan secara online. Hal ini disebabkan karena memang produknya berkualitas serta banyak dipakai oleh masyarakat. Disamping itu bisnis MLM ini memiliki bisnis plan yang sangat menguntungkan untuk para membernya.

Ada lagi beberapa bisnis MLM lainnya yang mempunyai  potensi keuntungan yang sangat bagus. Akan tetapi saya belum dapat berkomentar banyak, karena belum pernah menjalankannya.

7. Menjadi Blogger Profesional


Menjadi Blogger Profesional

Untuk bisnis yang satu ini sebenarnya hampir semua orang bisa menjalankannya. Terdapat banyak blogger yang mempunyai penghasilan yang cukup besar dari hasil blog/ website nya. Saya sendiri juga sangat terinspirasi dengan kisah sukses seorang blogger dari negara Inggris, yang pada awalnya dia membangun blog dengan platform Wordpress dengan tema tentang media sosial, yang pada akhirnya menjadi situs besar dengan pendapatan bisa mencapai $400k (empat ratus ribu dollar) per bulannya.

Jika dirupiahkan penghasilannya setara dengan 4 milyar rupiah per bulan. Wow sangat fantastis sekali. Nama situsnya yaitu mashable[dot]com, yang pada awal mulanya dibangun dengan CMS Wordpress namun sekarang telah dibangun dengan rubyonrails[dot]org.

Pendapatan blog bisa didapat dari program PPC (pay per clik) Google Adsense, space iklan, review produk, dan lainnya.  Sebenarnya mudah sekali untuk menjadi seorang blogger. Pada awalnya saya juga tidak begitu senang menulis dan membikin artikel, bahkan untuk membikin artikel saja sering males-malesan sehingga blog terbengkalai tidak ada konten sama sekali.

Dan akhirnya saya mencoba terus dan terus berusaha sehingga artikel di blog saya tak terasa sudah cukup banyak.

8. Bisnis Offline Go Online


Bisnis Offline Go Online

Sebagaimana penjelasan di awal, model usaha offline dapat pula dipasarkan secara online untuk bisa meningkatkan penjualan dan pemasaran. Terdapat banyak pengusaha bisnis UKM yang telah sukses mengembangkan bisnisnya serta menghasilkan keuntungan berlipat ganda setelah menjalankan bisnisnya secara online. Langkah awalnya untuk memulai bisnis ini tentu harus ada produk yang akan dijual.

Untuk memulai bisnis offline yang dapat dipasarkan secara online sebetulnya tidak memerlukan modal yang besar. Yang  mesti disiapkan yaitu sebuah website serta media sosial sebagai pendukung marketing online produk kita yang akan dijual.

Berikut adalah beberapa contoh bisnis offline go online:

  1. Berjualan sayur via marketplace
  2. Memasarkan rendang via YouTube
  3. Menjual camilan via Instagram
  4. Menjual sepatu via Facebook
  5. Memasarkan bawang goreng via Google Ads
  6. Dan lain-lain


Disamping yang telah disebutkan diatas, tentu masih banyak ide-ide usaha online yang dapat dilakukan di rumah. Untuk menjalankan bisnis online tersebut, mestinya kita harus memiliki perangkat komputer, laptop serta koneksi internet yang bagus. Kemudian sebagai alat promosinya kita dapat memanfaatkan media sosial, blog pribadi, media iklan, email marketing, dan lain sebagainya.

Yang terakhir saya ingin memberitahukan bahwa usaha online mesti dibarengi dengan keterampilan dan skill yang baik untuk menjalankan pemasaran supaya efektif. Untuk itu terus asah kemampuan, belajar tekun dan berusaha untuk menjalankan bisnis online dengan konsisten serta semangat, semoga sukses. 

Nah itulah Sobat yang dapat saya sampaikan, ulasan tentang 10+ Peluang Bisnis Online Modal Kecil Untung Besar! Semoga bermanfaat. Sekian dan terimakasih.

-------------------

File Under:Bisnis, Bisnis Online
Tagged with: bisnis online terpercaya, bisnis online terbaru, bisnis online tanpa modal 2019,  cara memulai bisnis online dari nol, cara bisnis online shop tanpa modal.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar