100+ Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil Dikerjakan di Rumah Untung Besar!

100+ Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil Dikerjakan di Rumah Untung Besar!

Memanfaatkan peluang usaha

Saat ini berbagai macam peluang usaha baru mulai bertumbuh serta menciptakan banyak pengusaha baru di Indonesia. Bukan saja pengusaha besar tetapi juga pengusaha kecil dan menengah, bahkan saat ini pengusaha kecil dan menengah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat sekali. Adanya peluang usaha modal kecil dengan potensi keuntungan yang besar, membuat banyak orang untuk mencoba membangun usahanya sendiri.

Disamping membuka toko fisik banyak pengusaha kecil dan menengah yang membangun toko virtual/ online untuk memperluas jangkauan penjualan dan pemasaran. Tidak heran jika ada beberapa pengusaha yang memiliki pendapatan yang sangat fantastis dari hasil toko online nya.

Terkadang terdapat beberapa calon pengusaha yang mengurungkan niatnya untuk terus maju melanjutkan usahanya, padahal kesempatan dan peluang usaha yang menjajnjikan ada di depan mata. Lagi-lagi karena alasan kurangnya modal untuk membangun bisnis menjadi alasannya.

Untuk mensiasati masalah ini, cobalah memilih peluang usaha dengan modal kecil yang telah terbukti menguntungkan.

Memilih Peluang Usaha dengan Modal Kecil

Usaha modal kecil maksudnya bukan berarti tanpa modal sama sekali, namun kita harus tetap menyediakan modal yang cukup untuk memulai sebuah usaha namun dengan modal yang minim. Dengan modal yang kecil kita harus bisa memilah dan memilih usaha apa yang cocok untuk dibangun dengan modal tersebut. Disamping modal yang berupa uang untuk membangun sebuah usaha, modal non-materiil juga harus dipersiapkan seperti pengetahuan bisnis yang mau dilakukan (hal ini bisa didapat dengan belajar), modal kemauan, serta usaha keras.

Benarkah hanya karena kurangnya modal bisa menghambat keinginan Sobat untuk membangun bisnis yang diinginkan? Tentu saja tidak, coba cari peluang usaha kecil yang berpotensi mendatangkan keuntungan yang besar tanpa harus mengeluarkan modal yang besar. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha modal yang minim berpotensi menghasikan profit yang besar di sekitar kita.

Di bawah ini adalah beberapa contoh peluang bisnis dengan modal kecil yang sering dijalankan oleh para pengusaha kecil dan menengah:

A. Peluang Usaha Offline Dari Rumah


Sebenanya terdapat banyak banget peluang usaha dengan modal minim yang dapat dilakukan di rumah dimana kita bisa menjalankan proses bisnis kita tanpa harus menyewa tempat. Namun kita tetap harus memperhatikan potensi target pasar yang berada di lingkungan sekitar kita, adakah konsumen yang mau membeli produk yang kita jual? Dan di bawah ini adalah contoh usaha modal minim yang dilakukan di rumah secara offline:

1. Membuka Usaha Jasa Menjahit


Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa tukang jahit pakaian, karena banyak orang yang merasa kurang cocok ketika membeli pakaian jadi di toko-toko busana, disebabkan ukuran pakaian yang tidak sesuai dengan postur tubuhnya, sehingga mereka membutuhkan jasa penjahit untuk membuatkan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Orang-orang seperti ini selalu mencari jasa penjahit untuk membuatkan pakaian yang sesuai dengan ukuran tubuh mereka. Nah, fenomena ini bisa menjadi peluang bisnis yang cocok untuk orang yang memiliki bakat dalam dunia fashion, namun tentu saja Sobat mesti memiliki kemampuan serta keahlian menjahit dan membikin pola jahitan pakaian.

Ilustrasi dari Google Image
Disamping itu jasa penjahit juga sering dibutuhkan oleh mereka yang mau mengecilkan pakaian yang kebesaran atau ingin menambah variasi pada pakaiannya. Sering terjadi ada orang yang membeli pakaian baru (baju/ celana), tetapi ternyata ukurannya kebesaran, sehingga orang tersebut pergi ke tukang jahit unuk mengecilkan ukurannya agar sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Artikel terkait: Peluang usaha jasa menjahit

2. Menjalankan Bisnis Kuliner


Apabila Sobat mempunyai resep masakan serta keahlian masak yang banyak disukai banyak orang, maka Sobat bisa mencoba peluang usaha di bisnis kuliner.

Peluang usaha makanan
Bagi Sobat yang hobi di dunia kulineran sangat cocok untuk mencoba bisnis yang satu ini. Banyak orang yang berhasil dalam melakukan bisnis kuliner ini, sampai dapat berkembang dengan membuka beberapa cabang di lokasi lain.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak akan pernah surut ,bahkan kedepannya akan semakin berkembang, karena model bisnis ini selalu dibutuhkan oleh manusia. Setiap hari orang membutuhkan makanan sehingga kuliner menjadi kebutuhan pokok manusia. Meskipun sekarang ini sudah banyak bermunculan beragam jenis usaha kuliner, namun tetap saja akan muncul jenis bisnis kuliner yang lain dengan inovasi yang berbeda.

Bisnis kuliner merupakan bisnis yang tidak memerlukan modal yang relatif terlalu besar, dengan modal yang relatif kecil pun seseorang bisa memulai membangun bisnis ini. Bagi Sobat yang tidak memiliki skill dalam bidang kuliner namun ingin menggeluti bisnis ini, Sobat bisa membeli bisnis waralaba makanan dengan modal minim, misal waralaba makanan camilan, semisal gorengan, jajanan atau kue yang memiliki banyak peminat. Banyak franchise bisnis makanan yang ditawarkan, tinggal kita pintar-pintar untuk memilih dan memilah franchise mana yang memiliki potensi peluang besar keuntungannya.

3. Bisnis Menjual Pulsa Elektrik


Ilustrasi dari Google Image
Bisnis jual pulsa merupakan bisnis yang mudah dilakukan dan murah, cuma bermodal uang seratus ribu sampai dengan  tiga ratus ribu rupiah, kita sudah dapat memulai menjalankan bisnis ini. Bisnis ini juga dapat dikerjakan di manapun berada dan oleh siapa saja.

Jika Sobat seorang yang memiliki jaringan dan kenalan luas, atau seorang yang aktif dalam komunitas tertentu, di organisasi, serta kampus yang memiliki jumlah anggota yang banyak, maka peluang usaha jual pulsa ini dapat sangat menguntungkan, sebab kita dapat menjualnya pada teman-teman yang berada pada jaringan komunitas, organisasi atau kampus.

Tetapi perlu diingat bahwa dalam melakukan usaha jual pulsa elektrik membutuhkan ketelatenan dan keuletan serta strategi penjualan yang bagus, sebab saat ini persaingan di bidang usaha ini sangat ketat. Untuk mengawali bisnis jual pulsa ini Sobat mesti mendaftar dahulu menjadi agen pulsa elektrik pada beberapa distributor pulsa elektrik, misalnya pada PulsaOnline[dot]com, Venuspulsa[dot]com, Istanareload[dot]com, Centerpulsa[dot]com dan lain sebagainya.

Untuk menjalankan bisnis jual pulsa elektrik ini Sobat mesti tahu beberapa tips jitu berikut ini agar dapat berhasil:

a. Daftar menjadi agen pulsa elektrik pada distributor pulsa terpercaya
b. Ambil untung jangan terlalu besar
c. Jangan menerima nge-bon pulsa
d. Promosi dengan elegan beretika, bisa melalui media sosial ataupun media lain
e. Berikan pelayanan yang terbaik pada semua pelanggan

4. Peluang Usaha Membuka Les Private/ Kursus


Ilustrasi dari Google Image
Memiliki keahlian tertentu yang dapat diajarkan kepada orang lain yang membutuhkan bisa menjadi peluang usaha yang berpotensi mendatangkan penghasilan yang banyak. Apabila Sobat mempunyai skill dalam bidang tertentu seperti; skill bermain piano, skill bermain gitar, membikin website, desain, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, komputer dan lain sebagainya, Sobat bisa membuka les private atau kursus baik itu di rumah atau di tempat lain sesuai sikon (situasi dan kondisi).

Saat ini dalam mejalanakan bisnis les private atau kursus ini dapat dijalankan dengan cara online melalui internet. Dan sekarang ini telah banyak star up bisnis dalam bidang les private/ kursus online yang bermunculan di Indonesia yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan. SekolahPintar[dot]com misalnya, merupakan salah satu star up di bidang pendidikan di indonesia yang berkembang cukup pesat.

Di SekoahPintar[dot]com disediakan materi pelajaran berupa video yang dapat lagsung dilihat oleh para murid yang dibuat oleh para guru/ pengajar. Disamping itu guru dan murid juga dapat saling berinteraksi tanya-jawab perihal materi pelajaran yang mau dibahas. Jadi SekolahPintar[dot]com merupakan media penghubung antara guru dan murid yang mau belajar secara online.

Jika Sobat memiliki skill khusus dalam bidang tertentu pastinya ini adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan, yang hanya dengan modal kecil bisa dilakukan. Sobat hanya perlu membuat konten materi pelajaran yang sesuai dengan keahlian Sobat, kemudian mendaftar menjadi pemateri di situs SekolahPintar[dot]com, lalu upload materi pelajaran nya.

Namun sebelumnya, Sobat mesti menghubungi pihak admin SekoahPintar[dot]com dulu, untuk meminta ijin dan konfrmasinya, sebab materi yang akan di jual harus seijin mereka. Apabila Sobat berminat silahkan mencoba daftar menjadi pengajar online di SekolahPintar[dot]com.

Baca lebih lanjut tentang usaha les privat

5. Membuka Warung atau Toko Sembako


Ilustrasi dari Google Image
Peluang usaha warung sembako (sembilan bahan pokok) merupakan peluang usaha yang sangat potensial sebab selalu dibutuhkan masyarakat. Setiap harinya masyarakat tidak bisa lepas dari yang namanya sembako. Tetapi perlu  dicatat, bisnis sembako ini sudah banyak yang melakukannya, untuk itu kita perlu mempertimbangkan level persaingan nya, lokasi serta modal yang tersedia.

Sebelum terjun ke dalam bisnis ini kita harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya, sebab tidak semua orang bisa menjalankan bisnis ini. Dalam menjalankan bisnis ini dibutuhkan keseriusan, keuletan, ketelitian dan keberadaan pemilik usaha yang harus terus stand by di tempat yang setiap orang kadang tidak dapat melakukannya. Hal ini dilakukan agar usaha warung sembako dapat berjalan dengan bagus.

Baca juga: Usaha toko sembako

6. Peluang Bisnis Jasa Desain, Editing Foto, dan Percetakan


Ilustrasi dari Google Image
Apabila Sobat mempunyai skill dan kemampuan membuat desain, membuat dan mengedit gambar, Sobat bisa mencoba membuka usaha ini. Salah satu skill yang dibutuhkan unuk menjalankan usaha ini yaitu skilll menggunakan software editing foto/ gambar, contohnya PhotoShop, Coreldraw dan lain sebagainya.

Dalam memulai bisnis ini sebenarnya tdak memerlukan modal yang terlalu besar, bahkan tanpa modal pun bisa (dalam arti modal yang sangat minim). Untuk meminimalisir modal dalam membuka usaha jasa desain, digital printing dan percetakan digital, Sobat bisa menjual jasa tersebut dengan memanfaatkan layanan beberapa situs berikut ini: Sribu[dot]com, Ciptaloka[dot]com, Sribulancer[dot]com, Blazbluz[dot]com, Projects[dot]co[dot]id dan lain sebagainya.

Misal jika Sobat memiliki skill dalam bidang desain dan print kaos, Sobat dapat memasarkan jasa print kaos pada situs Ciptaloka[dot]com. Apabila ada orang yang pesan kaos dengan desain khusus kepada Sobat, kemudian orang tersebut telah membayar pesanan, Sobat dapat mengorder kaos hasil desain Sobat yang sesuai permintaan customer pada Ciptaloka. Dengan demikian Sobat tidak harus mengeluarkan modal untuk membeli alat percetakan cukup Ciptaloka yang mengerjakan. Model sistem bisnis seperti ini, dapat membantu orang-orang yang belum memiliki modal untuk  membuat perusahaan percetakan sendiri,  tetapi punya keinginan kuat untuk berbisnis.

Baca lebih lanjut tentang bisnis jasa desain grafis

7. Peluang Usaha Membuka Jasa Laundry


Ilustrasi dari Google Image
Bisnis laundry ini sekarang telah menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Saat ini dalam bisnis laundry ada berbagai macam layanan yang ditawarkan seperti layanan jemput dan antar pakaian. Jadi, misal Sobat mau me-laundry pakaian, Sobat tidak harus pergi ke tempat laundry cukup menghubungi pihak laundry nanti mereka yang akan mengambil pakaian yang akan di laundry di tempat Sobat, setelah jadi nantinya mereka akan mengantarkan kembali pakaian yang telah dilaundry ke tempat Sobat. Agar laris, sebaiknya untuk membangun bisnis laundry, carilah lokasi yang strategis seperti di sekitar kos-kosan atau perumahan.

Jika Sobat berminat dan merasa cocok terjun dibidang bisnis ini, segeralah memulai karena bisnis ini selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Berikut beberapa tips yang harus dilakukan jika ingin sukses di bisnis laundry:

a. Survey pasar. Carilah informasi untuk menarget pasar siapa saja yang akan menjadi pelanggan potensial untuk usaha laundry kita sebelum membuka usaha. Mahasiswa, pegawai kantor, serta bujangan, mereka merupakan target pasar potensial untuk usaha laundry, sebab biasanya merekalah yang sering menggunakan jasa usaha ini. Akan tetapi tidak bisa diabaiakan juga pelanggan dari kalangan ibu rumah tangga yang biasanya juga sering menggunakan jasa laundry.

b. Faktor modal baik itu berupa materiil dan non materiil seperti: ilmu tentang bisnis usaha laundry, ilmu manajemen serta jaringan bisnis.

c. Tempat usaha laundry: carilah tempat atau lokasi usaha laundry yang ramai seperti perumahan, kos-kosan, asrama, dan perkantoran. Lokasi yang strategis menjadi penentu keberhasilan usaha ini.

d. Memilah dan memilih serta membina karyawan, pilihlah karyawan yang memiliki skill dan kemampuan dalam bidang ini, sebab dengan memiliki karyawan yang baik dan sesuai kemampuannya, bisnis laundry akan berjalan dengan lancar, berkembang dan sukses.

e. Selanjutnya yaitu membuat promosi serta pemasaran. Gunakanlah media online dan offline. Untuk media online gunakanlah sosial media internet seperti facebook, twitter, instagram, youtube dan lainnya. Sedangkan untuk promosi dan pemasaran secara offline gunakanlah media promosi sepeti pamflet, brosur dan banner.

Baca lebih lanjut tentang usaha laundry kiloan


B. Peluang Usaha Bisnis Online Dari Rumah


Bila kita memiliki bisnis offline, bisa dikombinasikan dan dikembangkan secara online. Contohnya, misal kita memiliki toko yang menjual baju, sepatu atau lainnya, kita dapat juga memasarkannya secara online. Dengan memasarkan secara online maka jangkauan pemasarannnya akan lebih luas sehingga bisnis Sobat dapat diakses oleh lebih banyak orang melalui internet.

Kemudian apabila kita tidak mempunyai bisnis offline, apakah bisa kita menjalankan bisnis online? Jawabannya adalah bisa. Walaupun kita tidak memiliki bisnis offline, kita dapat menjalankan bisnis secara online. Banyak peluang usaha online yang dapat dilakukan di rumah hanya dengan modal yang minim, diantaranya:

1. Bisnis Afiliasi (Affiliate Marketing)


Ilustrasi dari wonderslist.com
Biasanya bisnis ini banyak dilakukan oleh para internet marketer luar negeri maupun dalam negeri. Dalam menjalankan bisnis affiliasi ini tidak mesti harus memiliki produk, tetapi kita dapat memasarkan produk orang lain untuk dijual melalui internet, bisa melalui sosial media, blog, email marketing dan lain sebagainya.

Bisnis ini menggunakan sistem komisi. Jadi, apabila kita berhasil menjualkan produk maka kita akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga jual tersebut. Biasanya produk yang dijual ada berbagai macam ragam, baik yang berupa produk fisik dan non fisik. Contohnya untuk produk fisik: sepatu, baju, handphone, alat dapur, furniture dan lainnya. Sedangan untuk produk non-fisik contohnya berupa artikel, penjualan website, foto, video, membership dan lainnya.

Kelebihan dari bisnis affiliasi ini yaitu kita hanya menjualkan produk saja tidak perlu pusing mengurus stok, packing serta pengiriman produk. Kita fokus hanya pada promosi link dari vendor (owner produk) untuk menjaring konsumen. Cara kerjanya apabila link tersebut di klik oleh seseorang kemudian orang itu melakukan transaksi pembelian melaui link affilaisi kita, maka komisi akan diberikan kepada kita.

Lalu bagaimana cara kita bisa bergabung menjadi affiliate ? Berikut adalah program afiliasi lokal yang saya rekomendasikan ;

A. Produk Fisik

a. Lazada[dot]com
b. Bhineka[dot]com
c. Blibli[dot]com

B. Produk Digital

a. Ratakan[dot]com Marketplace
b. Idaff[dot]com Affiliate Marketplace

Baca Manfaatkan Popularitas FB, IG,WA untuk Bisnis

2. Bisnis Dengan Membuat Toko Online (Online Shop)


Ilustrasi dari Google Image
Membangun sebuah toko online pada saat ini begitu mudah. Bisnis Toko online atau online shop dapat dilakukan oleh siapa saja, terlebih lagi jika Sobat memiliki toko offline, maka bisa ditingkatkan pemasarannya dengan cara mempromosikan nya melalui online. Disamping itu, bisnis ini juga dapat dilakukan oleh orang yang tidak memiliki produk sama sekali, yaitu dengan cara bergabung menjadi supplier atau produsen melalui program dropship atau reseller.

Dalam mengawali bisnis toko online mestinya sobat wajib memiliki toko online. Tidaklah sulit untuk membuat sebuah toko online, banyak tutorial yang tersebar di internet tentang cara membangun sebuah toko online, Sobat tinggal mempelajari dan mempraktekkannya. Apabila tahap pembuatan toko online sudah jadi, tahap selanjutnya adalah mencari produsen produk atau partner yang dapat bekerjasama menyediakan layanan reseller atau dropship. Setelah dapat, kemudian Sobat dapat mulai memposting produk di toko online dan mempromosikan nya.

Berikut adalah beberapa produsen yang saya rekomendasikan untuk diajak kerjasama;
  1. Cakning[dot]com
  2. Suplier[dot]id
  3. Komisian[dot]com
  4. Dropshipaja[dot]com

3. Bisnis Online Dengan Membangun Blog/ Website Portal


Ilustrasi dari Google Image
Membuat website/ blog merupakan salah satu jenis usaha yang sangat menjanjikan untuk jangka waktu yang lama. Saat ini banyak orang yang telah menggunakan internet untuk membantu aktivitas sehari-hari. Mereka memakai internet biasanya untuk mencari informasi dan berita. Dengan adanya fenomena seperti ini, yaitu semakin meningkatnya pengguna internet, maka peluang bisnis jenis ini ke depannya akan semakin berkembang pesat. Ini adalah peluang untuk membangun bisnis dengan modal yang minim namun hasilnya bisa menjanjikan.

Bila Sobat melihat dibeberapa media sosial misalnya di halaman sosial media seperti facebook dan google sering muncul nama website seperti Merdeka[dot]com, TribunNews[dot]com, detikNews[dot]com, Republika[dot]com, Kumparan[dot]com dan lain sebagainya, dimana pada halaman website tersebut terpasang iklan dari Google Adsense dan lainnya. Mereka memonetize website nya dengan program PPC  (pay per click) dari Google Adsense.

Jika ada blog/ website memiliki trafik pengunjung yang tinggi sangat pas kalau memonetize blog/ web nya dengan program PPC. Jaringan iklan yang menyediakan program PPC diantaranya yaitu ada Google Adsense, Bidvertiser, Kliksaya dan lain sebagainya. Disamping itu dapat juga blog/ web dipasangi iklan mandiri dengan cara menawarkan space iklan di blog/ web Sobat dengan tarif tertentu.

Jangan pernah dipandang sebelah mata pendapatan dari blog/ web yang dipasangi iklan, baik itu iklan PPC  atau iklan mandiri, sebab telah banyak para blogger yang telah meraih kesuksesan dari bisnis blog ini, sehingga bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis, sampai puluhan juta, ratusan juta hingga  miliaran rupiah per bulan nya, seperti salah satu contohnya yaitu blogger asal Nigeria, namanya Linda Ikeji yang penghasilannya mencapai miliaran rupiah per bulan dari blog nya.

4. Peluang Usaha Menjadi Penulis Lepas


Ilustrasi dari Google Image
Sekarang ini banyak orang yang menjalani pekerjaan sebagai penulis lepas atau biasa disebut freelancer, baik itu penulis artikel bahasa Indonesia ataupun artikel bahasa Inggris. Harga untuk artikel bahasa Inggris pada umumnya lebih mahal dari pada artikel bahasa Indonsia .Untuk mendapatkan task/ job, para penulis lepas biasanya mendapatkan pekerjaan nya dari situs-situs penyedia job menulis seperti Ads[dot]id, Fivver[dot]com, Projects[dot]co[dot]id, Sribulancer[dot]com dan lain sebagainya.

Para penulis lepas banyak dibutuhkan oleh para pemilik blog atau web untuk mengisi konten blog/ web mereka. Blog yang telah memiliki banyak pengunjung akan memerlukan banyak tulisan untuk mengisi dan memperbarui konten blog mereka, sehingga para  pemilik blog tersebut membutuhkan jasa penulis artikel. Konten dalam sebuah blog merupakan pondasi utama kekuatan sebuah blog/ website. Sebab semakin banyak konten yang berkualitas dalam sebuah blog/ web, maka peluang blog/ website didatangi oleh banyak pengunjung juga semakin besar. Nah, itu adalah salah satu alasan kenapa penulis lepas sangat dibutuhkan oleh para pemilik blog/ website.

Agar dapat memiliki bayaran tinggi dari bisnis penulis lepas, Sobat mesti memiliki skill atau kemampuan untuk dapat membuat konten artikel yang berkualitas. Semakin berkualitas sebuah tulisan/ artikel, maka harganya juga akan semakn tinggi, karena terkadang para pemilik blog hanya membayar penulisnya dengan pembayaran yang rendah sehingga membuat para penulis kurang bersemangat dalam menulis sehingga menghasilkan artikel yang kurang berkualitas. Untuk itu tentukan tarif tulisan Sobat diawal, sesuai dengan tingkat kesulitan tema artikel serta kualitas artikel Sobat.

Artikel terkait: Bisnis Penulis Artikel Lepas

5. Menjual Jasa Web Developer


Ilustrasi dari midphase.com
Ilustrasi dari Google Image
Terdapat banyak penjualan jasa di dunia online. Jasa Web Developer merupakan salah satunya. Jasa ini bergerak dalam bidang pembuatan website/ blog profesional. Bisnis ini memiliki potensi peluang usaha yang bagus, sebab hanya sedikit orang yang bisa membuat website profesional untuk bisnis mereka.

Sebagai seorang web developer, supaya bisa membuat website/ blog yang profesional dibutuhkan keterampilan yang bagus dan handal. Namun sebetulnya dalam pembuatan website tidaklah terlalu rumit, Sobat dapat memanfaatkan platform Wordpress yang menyediakan berbagai theme atau template web sesuai niche. Tetapi jika Sobat memang benar-benar ingin menjadi web developer sesungguhnya, sobat mestilah harus belajar mendalam, mulai dari dasar-dasarnya sampai expert, sehingga nantinya dapat  menciptakan sebuah website yang bagus. Banyak tempat untuk belajar membikin web, salah satunya di BabaStudio.

Baca ulasan singkat tentang bisnis web developer.

6. Bisnis MLM Online


Bisnis MLM Online
Ilustrasi dari Google Image

MLM online merupakan bisnis Multi Level Marketing yang dilakukan dengan cara online. Beda dengan cara bisnis MLM konvensional pada umumnya, yang banyak menguras waktu dan tenaga untuk acara pertemuan, follow up calon member serta stok produk.

Yang mesti diketahui sebenarnya tidak semua bisnis MLM memliki sistem yang bagus, untuk itu pilihlah bisnis MLM online yang baik, dimana bisnis tersebut benar-benar memiliki produk nyata serta mempunyai sistem yang bagus dan menguntungkan. Dari usaha yang satu ini banyak sudah melahirkan jutawan serta miliarder baru, dimana mereka adalah orang-orang yang mau bekerja keras.

Artikel terkait:  Bisnis MLM

7. Bisnis Online dengan Membangun Channel Youtube


Jadilah youtuber dengan membangun chanel youtube. Saat ini video chanel Youtube sedang ngetren di kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak, dewasa hingga orang tua, banyak orang yang gemar menonton video-video di Youtube. Mereka mencari informasi, berita dan hiburan di Youtube. Saat ini Youtube sudah seperti tontonan tv. Banyak ragam video-video yang tersedia di sana, mulai dari video tentang berita, tutorial, pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan hiburan, semua tersedia di Youtube. Youtube menjadi alternatif tontonan selain televisi.

Bisnis Online dengan Membangun Chanel Youtube
Ilustrasi dari Google Image
Bahkan sekarang ini banyak artis-artis yang terjun menjadi youtuber. Mereka terjun menjadi youtuber karena melihat potensi penghasilan menjadi youtuber sangat besar. Memang tidak dapat dipungkiri menjadi youtuber bisa mendapatkan penghasilan yang fantastis, sampai artis-artis pun ikut bergabung menjadi youtuber. Mereka ramai-ramai membangun chanel Youtube untuk dimonetize.

Jika Sobat melihat video di Youtube, biasanya ada jeda iklan yang muncul dalam video tersebut, nah itu berarti bahwa video chanel nya sudah dimonetize. Biasanya para youtuber memonitize chanelnya dengan jaringan iklan dari Google Adsense.

Selain jaringan iklan dari Google Adsense biasanya para youtuber memonetize channelnya dengan iklan mandiri yaitu dari pihak ke tiga, dengan cara menerima endorse produk. Mereka menerima endorse untuk mengiklankan produk-produk dari perusahaan atau perorangan.

Penghasilan sebagai youtuber memang besar tergantung jumlah subcriber dan view penonton, bahkan pendapatan dari cannel video Youtube yang sudah dimonetize bisa mencapai puluhan, ratusan hingga miliaran rupiah per bulan nya, tergantung jumlah subcriber dan jumlah view penonton. Semakin banyak jumlah subcriber dan view penonton, maka penghasilan yang didapat juga akan semakin banyak.

Apabila Sobat memiliki skill dan kemampuan untuk membuat sebuah konsep video yang menarik untuk publik, Sobat bisa mencoba membuat channel Youtube. Misal, Sobat memiliki skill dalam bidang menjahit, Sobat bisa membuat video tutorial tentang cara menjahit atau Sobat mahir dalam dunia perbengkelan, Sobat bisa membuat tutorial tentang dunia perbengkelan, atau Sobat seorang guru/ pengajar bisa membuat channel tentang penididikan, atau sobat hobi memasak Sobat bisa membuat video tentang kuliner dan resep masakan, atau jika Sobat orang yang senang menghibur orang lain, buat saja video hiburan dan lain sebagainya. Kemudian upload video di Youtube lalu monetize, nantinya video Sobat akan dapat menghasilkan uang dari jaringan iklan Google Adsense jika memenuhi syarat.

Untuk bisa memonetize sebuah channel Youtube dengan Google Adsense harus memenuhi persyaratan yang ada, yaitu channel harus minimal memiliki jumlah 1000 subcriber dan jumlah views atau penayangan total sebanyak 4000 jam tayang dalam waktu 12 bulan (perlu dicatat peraturan ini bersifat dinamis sering berubah sesuai kebijakan Youtube). Jika channel Sobat sudah bisa memenuhi syarat diatas, maka nantinya pihak Youtube akan meninjau channel Sobat apakah layak untuk dimonetize atau tidak. Jika dinyatakan layak, maka iklan akan tayang dan Sobat akan mendapatkan penghasilan.

Membuat channel Youtube sangat mudah sekali, banyak tutorial di internet, Sobat tinggal browsing kemudian belajar dan praktekkan. Membuat channel Youtube termasuk usaha bisnis modal kecil dengan potensi penghasilan yang sangat menjanjikan.

8. Peluang Bisnis Online menjadi Selegram


Ilustrasi dari Google Image
Jika Sobat memiliki akun Instagram dengan follower banyak, lebih dari 1000 follower maka ini bisa menjadi peluang usaha bisnis online modal kecil dengan potensi penghasilan yang menjanjikan. Dengan jumlah follower yang banyak Sobat bisa menjadi selegram.

Sekarang ini banyak perusahaan-perusahaan yang mencari selegram untuk mengindorse produk-produk mereka. Para selegram mendapatkan penghasilan hasil dari endorse brand-brand produk perusahaan atau perorangan.

Semakin banyak follower akun Instagram, semakin banyak perusahaan atau perorangan yang tertarik untuk mengendorse  akun Sobat. Jika Sobat memiliki jumlah follower yang banyak, jadilah selegram dan dapatkan penghasilan dengan mengendorse produk-produk perusahaan atau perorangan yang ingin di endorse produknya di akun Instagram Sobat.

Penutup

Sebetulnya masih banyak lagi daftar peluang usaha dengan modal kecil yang dapat dikerjakan dari rumah. Namun apabila dituliskan di sini tentu artikel ini akan sangat panjang sekali. Yang perlu dicacat yaitu meskipun usaha atau bisnis yang dilakukan dengan modal kecil, namun tidak berarti profit yang didapat kecil pula.

Contohnya seperti usaha teman saya, dimana dia tidak memiliki produk sendiri, namun dengan modal yang minim dia menjalankan bisnis dropship dan pendapatan yang didapat sungguh fantastis mengalahkan gaji seorang manajer Bank. Dengan memiliki tujuan, harapan, semangat serta kerja keras dan dikerjakan secara konsisten, pekerjaan yang dilakukan akan memberikan hasil yang maksimal bahkan melebihi ekspektasi Sobat.

Nah, Sobat sekian dulu ulasan tentang 100+ Peluang Usaha Bisnis Modal Kecil Dikerjakan di Rumah Untung Besar! semoga dapat bermanfaat dapat memotivasi dan menginspirasi. Salam sukses...

------------------------

File Under: Bisnis, Bisnis Online
Tagged with: bisnis online, peluang bisnis, bisnis tanpa modal,  ide bisnis, peluang usaha baru, contoh usaha modal kecil untung besar.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar