Tips dan Trik Sukses Usaha Agar Bisnis Berumur Panjang

Tips dan Trik Sukses Usaha Agar Bisnis Berumur Panjang

Tips dan Trik Sukses Usaha Agar Bisnis Berumur Panjang

Terdapat fenomena dimana dikalangan pengusaha pemula atau yang baru terjun ke dalam dunia usaha, banyak tergoda dengan mindset pencarian keuntungan yang banyak dalam tempo yang sekejap. Hal ini menjadi godaan paling berat bagi mereka. Lebih-lebih ketika semangat mereka sedang tinggi-tingginya dengan permodalan yang memadai, terkadang membuat mereka tak segan-segan untuk memforsir penggunaan sumber daya yang ada, untuk menggapai hal tersebut.

Pendapatan yang tinggi, disertai aliran uang yang deras dalam jumah banyak, bisa menjadi salah satu penyebab para pengusaha tidak terkontrol pada awal mula usahanya. Padahal sebagaimana diketahui iklim usaha dan bisnis merupakan sesuatu yang tak menentu. Terkadang hari ini bisnis kita ramai, namun belum tentu esok hari juga ramai, terkadang malah sepi, keuntungan yang didapat saat ini apabila tidak dimanajemen dengan baik bisa jadi penyebab kerugian di masa mendatang.

Tips dan Trik Sukses Usaha Agar Bisnis Berumur Panjang


Lalu, bagaimana cara agar tidak gampang tergoda dengan profit sesaat serta usaha dapat berusia panjang, berikut adalah trik nya:

1. Pisahkanlah urusan bisnis dan pribadi


selalu pisahkan

Cara ini sudah sering diulas pada situs-situs bisnis seperti Black Enterprise, Forbes maupun Fortune. Walaupun sudah banyak diulas, namun terkadang hal tersebut sering diabaikan, terutama oleh para pebisnis yang baru terjun dalam dunia usaha.

Mungkin dipikir uang untuk bisnis dan uang untuk pribadi berasal dari sumber yang sama, dan akhirnya juga akan digunakan dalam hal yang sama, sehingga dalam hal pengeluaran, uang yang seharusnya untuk keperluan bisnis tercampur dengan keperluan pribadi. Seperti itu pula dalam hal pemasukan. Akibatnya ketika mengecek lalu-lintas transaksi, si pemilik usaha kebingungan sebab data antara pemasukan dan pengeluaran sudah saling tumpang tindih.

Langkah mudah yang harus Sobat lakukan supaya cara ini berhasil yaitu Sobat mesti memisahkan antara akun bank atau kartu kredit untuk kepentingan pribadi dan untuk kepentingan bisnis. Segeralah lakukan pemisahan agar pengelolaan keuangan dapat mudah dilakukan. Dengan adanya pemisahan administrasi keuangan yang baik, antara keperluan bisnis dan pribadi, menjadikan lalu-lintas transaksi lebih rapi dan mudah dilacak.

2. Harus efisien dalam pengeluaran


Efisien dalam pengeluaran

Untuk trik berikutnya yaitu kita harus efisien dalam pengeluaran. Efisien bukan berarti pelit, namun sebagai pebisnis harus bisa mengelola keuangan dengan tertib jangan sampai mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tidak perlu. Untuk itu hitunglah secara cermat pengeluaran biaya tetap dan tidak tetap seperti yang disarankan oleh Black Enterprise. Kuncinya prioritaskan pengeluaran tetap, bila terdapat sisa barulah belanjakan untuk biaya tidak tetap.

3. Mengatur anggaran arus kas dan pengeluaran


Atur anggaran

Untuk mmengatur arus kas serta pengeluaran gunakanlah sistem buku kas atau aplikasi yang banyak tersedia di gadget, agar mudah dikelola. Lalu catatlah komponen utama penerimaan yang dapat diantisipasi beserta pengeluarannya, sehingga arus kas dapat diperkirakan sesuai yang tersedia. Perbarui selalu catatan ini supaya arus kas selalu terpantau serta dapat disesuaikan dengan rencana bisnis.

4. Beri Perhatian pada tenaga kerja


Perhatikan tenaga kerja

Pembiayaan untuk pembayaran gaji pegawai merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan secara seksama dalam bisnis Sobat. Baik itu untuk pegawai tetap ataupun tidak tetap, hitunglah secara cermat semua pembiayaan yang menjadi hak si pegawai. Seperti tunjangan kesehatan, bonus lembur, serta yang lainnya.

Apabila si pegawai mencapai target dan prestasi yang bagus, berikanlah insentif dan bonus tambahan untuk menggenjot semangat dan kinerja yang optimal, dan begitu sebaliknya. Sebab menurut Forbes, pegawai merupakan investasi yang paling penting dan utama dalam menopang sebuah usaha. Membuat rekam kinerja dan prestasi para pegawai sangat dianjurkan dan dapat membantu Sobat membikin kebijakan usaha pada masa datang.

5. Selalu bayar dan tagih tepat waktu


Bayar tepat waktu

Trik ini merupakan trik yang sangat penting. Menurut Fortune, banyak bisnis yang berhasil dalam hal keuntungan, namun karena sering mengabaikan  tagihan yang menjadi kewajiban, usaha mereka tidak berlangsung lama. Oleh sebab itu, bayarlah kewajiban tagihan yang menjadi tanggung jawab Sobat, contohnya kredit pinjaman, asuransi, pajak serta tagihan lainnya tepat waktu. Begitu pula dalam perkara penagihan piutang terhadap customer. Walaupun trik ini terlihat sepele, namun dapat menyelamatkan usaha Sobat hingga berumur panjang. 

6. Berkonsultasi dengan ahli


Konsultasi

Jangan sungkan dan ragu untuk berkonsultasi  dengan mereka para pebisnis senior yang telah berpengalaman dan sukses dalam dunia usaha. Meskipun Sobat adalah pebisnis muda atau pun yang telah lama berkecimpung dalam dunia usaha, jangan pernah ragu untuk bertanya dan belajar. Jadikan pengalaman mereka sebagai acuan Sobat dalam menjalankan bisnis Sobat. Ambil pelajarannya dan praktekan langkah-langkahnya yang sesuai dengan bidang bisnis Sobat. Selain itu, Sobat bisa juga menyewa konsultan bisnis yang terpercaya untuk mengevaluasi kelemahan dan kelebihan bisnis Sobat. Forbes juga menyarankan supaya jangan ragu untuk meminta para ahli mencarikan formula terbaik demi kesuksesan bisnis Sobat.

Penutup

Nah sobat demikianlah sedikit ulasan tentang Tips dan Trik Sukses Usaha Agar Bisnis Berumur Panjang  semoga bermanfaat. Yang perlu dicatat dalam berbisnis itu membutuhkan keterampilan, keuletan, kesabaran dan konsistensi supaya nantinya bisnis bisa sukses dan berumur panjang. 

Salam Sukses ....

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar