Tips dan Trik Pesan Makanan Lewat Grab Food, Mudah Sekali!

Tips dan Trik Pesan Makanan Lewat Grab Food, Mudah Sekali!

Tips dan Trik Pesan Makanan Lewat Grab Food, Mudah Sekali!

Tips dan Trik Pesan Makanan Lewat Grab Food, Mudah Sekali!-GrabFood merupakan produk layanan antar makanan dari Grab. Sistem pemesanan layanan GrabFood menggunakan sistem online. Sejak pertama kali diperkenalkan, banyak orang yang menggemari layanan Grab Food ini, karena berbagai kemudahan yang ditawarkannya. Lalu apa sajakah kelebihan, fitur dan bagaimana cara pemesanan layanan Grabfood? Ajarnulis.com akan mengulasnya untuk Sobat semua, silahkan disimak ulasan tentang Grab Food di bawah ini:

Apa Itu GrabFood?


GrabFood merupakan produk layanan pesan dan antar makanan dari Grab dengan sistem online. Sedangkan yang menjadi pengantar makanan adalah para driver Grab yang menjadi kurirnya. Driver ini yang mengambil orderan makanan para pemesan melalui apikasi Grab di smartphone, kemudian membelikannya dan mengantarkannya kepada si pemesan, selanjutnya si pemesan membayarnya.

Pada layanan GrabFood banyak berbagai ragam makanan yang ditawarkan. Makanan yang ada dalam daftar menu di GrabFood berasal dari berbagai restoran, rumah makan dan warung makan yang telah bergabung secara resmi menjadi partnership GrabFood.

GrabFood sering kali mengadakan program promo untuk memanjakan para penggemarnya. Dengan memesan makanan menggunakan kode promo yang diberikan oleh GrabFood maka para Pemesan akan mendapatkan diskon atau potongan harga yang lumayan. Cukup untuk menghemat uang di kantong.

Keunggulan GrabFood


Keunggulan dari layanan GrabFood yang perlu diketahui, antara lain:

1. Simple

Sebagaimana layanan yang menggunakan teknologi daring lainnya, layanan GrabFood termasuk layanan yang cukup simple, karena Anda tak usah menghubungi customer service sebuah rumah makan untuk memesan makanan. Hanya dengan menggunakan aplikasi Grab, Anda telah bisa memesan makanan yang disukai.

2. Cepat

GrabFood memiliki jumlah driver yang banyak, sehingga Anda tak perlu khawatir orderan GrabFood Anda tidak diantar. Para driver GrabFood akan selalu siap dan sigap untuk segera memesankan/membelikan makanan begitu mendapat orderan dari Anda sehingga makanan pesananan Anda akan cepat sampai ke tempat tujuan. Dengan menggunaan armada motor tentu mereka akan lihai dan lincah untuk menembus jalanan sekalipun macet. Jadi anda tidak perlu khawatir lagi jika pesanan makanan GrabFood tidak akan sampai di tempat tujuan, pasti cepat sampai.

3. Mudah

Karena dengan hanya menggunakan Hp saja Anda sudah bisa memesan makanan kesukaan Anda. Dengan pesan GrabFood anda tidak perlu lagi repot pergi keluar datang ke restoran atau rumah makan untuk membeli makanan. Tinggal pesan melalui aplikasi Grab, nanti driver GrabFood yang akan membelikan sekaligus mengantarkan makanan kesukaan Anda. Anda cukup tunggu saja di rumah.

4. Lengkap

Ya! karena banyak sekali restoran, rumah makan dan warung makan yang telah secara resmi bergabung menjadi partnership Grabfood, sehingga menu makanan yang tersedia di GrabFood sangat beragam. Anda tinggal memilih mana yang menjadi menu favorit dan selera Anda.

5. Ongkos Pengiriman Terjangkau

Biaya ongkos kirim yang murah dan terjangkau menjadi alasan kenapa banyak yang menyukai layananan GrabFood dari Grab ini. Hanya dengan biaya kirim mulai dari Rp 4000, Anda sudah bisa memesan makanan kesukaan Anda. Selain itu pihak GrabFood juga sering mengadakan promo antar makanan gratis, sehingga Anda tidak perlu lagi membayar ongkos kirimnya.

6. Promo Menarik

GrabFood selalu memanjakan penggunanya dengan memberikan banyak promo yang menarik. Misalnya promo gratis antar, promo diskon 50% dan masih banyak lagi. Dengan adanya banyaknya promo yang diberikan membuat penggunanya serasa dimanjakan, sehingga banyak yang menggemari produk layanan GrabFood ini.

Fitur GrabFood


Setelah kita bahas tuntas tentang pengertian apa itu GrabFood, sekarang mari kita bahas tentang apa saja fitur yang disediakan oleh GrabFood pada aplikasinya. Berikut adalah sajian fitur-fitur yang ada pada aplikasi GrabFood

1. Slide Promo GrabFood

Yang pertama adalah fitur slide promo GrabFood. Saat anda masuk ke dalam layanan GrabFood anda akan melihat tampilan fitur slide promo Grabfood beserta daftar merchant yang menjadi partnership GrabFood.

Tampilan Slide promo dibuat otomatis bergeser menampilkan beberapa merchant. Anda bisa klik merchant yang Anda ingin pilih. Nantinya akan tampil menu makanan dari merchant yang Anda klik tadi.

2. Rekomendasi Makanan

Grab food di dalam aplikasinya juga menyediakan tampilan rekomendasi makanan. Di dalam tampilan rekomendasi makanan ini ditampilkan makanan-makanan yang bisa jadi menjadi favorit Anda, sehingga Anda tidak perlu lagi mencari-cari  restoran atau rumah makan untuk menikmati makanan favorit Anda.

Rekomendasi makanan dimunculkan biasanya berdasarkan seberapa banyak jumlah pemesan di restoran tersebut. Pertimbangan lainnya adalah seberapa populer restoran tersebut di masyarakat. Maka jika Anda perhatikan biasanya yang ditampilkan pada fitur rekomendasi makanan di GrabFood adalah restoran-restoran yang terkenal.

3. Nearby Merchant

Nearby merchant adalah tampilan pada fitur GrabFood yang menunjukkan lokasi atau tempat restoran, rumah makan atau warung makan yang terdekat dengan lokasi Anda. Dengan menggunakan sistem GPS yang canggih lokasi tempat restoran terdekat dapat ditampilkan. Selain itu pada tampilan Nearby Merchant juga ditampilkan jarak antara restoran dengan lokasi Anda beserta perkiraan waktu tiba makanan jika Anda pesan di restoran tersebut.

Metode Pembayaran GrabFood


Pada layanan GrabFood, ada beberapa metode pembayaran yang bisa Anda gunakan, yaitu:

1. Cash

Metode Pembayaran GrabFood

Pembayaran cash atau tunai merupakan salah satu metode pembayaran yang ada pada layanan Grab Food. Caranya setelah Anda pesan makanan di aplikasi, Anda nantinya akan diberikan pilihan metode pembayaran, ada cash dan lainnya, Jika ingin bayar cash atau tunai silahkan pilih cash sehingga nantinya pembayarannya ketika makanan yang anda pesan telah sampai di lokasi Anda, silahkan bayar dengan tunai sebesar yang tertera pada aplikasi.

2. Ovo

Ovo

Selain cash Grab juga menyediakan metode pembayaran dengan cara virtual yaitu melalui saldo Ovo. Grab telah bekerjasama dengan Ovo untuk melayani pembayaran non tunai Grab Food. Menariknya metode pembayaran dengan Ovo ini, banyak tersedia promo-promo menarik, salah satunya yaitu adanya diskon/potongan harga dan potongan ongkos kirim yang murah bahkan gratis untuk pemesanan makanan di GrabFood.

Cara To Up/Isi Saldo Ovo


Untuk pembayaran melalui Ovo, caranya yaitu terlebih dahulu Anda harus mengisi saldo Ovo. Caranya isi saldo Ovo bisa melalui cara berikut ini;

1. ATM & Internet Banking, caranya:

  • Masuklah ke aplikasi Grab, kemudian klik tombol Top Up dengan gambar dompet pada menu Ovo Balance.
  • Pilih lah metode isi ulang Ovo Anda, misal disini Anda menggunakan ATM & Internet Banking.
  • Selanjutnya Anda akan diarahkan untuk memilih bank yang telah bekerja sama dengan Grab untuk melakukan isi ulang Ovo.
  • Masukan  kartu debit kedalam mesin ATM, kemudian input PIN ATM Anda.
  • Pilih “Transaksi Lainnya”, dan pilih menu transfer , dilanjutkan dengan memilih BCA Virtual Account.
  • Masuk kan lah kode Virtual Account Grab, yakni 39081 diikuti dengan nomor handphone yang Anda gunakan dalam aplikasi Grab. Masuk kan lah jumlah nominal yang akan Anda masukkan dalam saldo Ovo.
  • Minimum top up Ovo dengan menggunakan metode top up via ATM atau Internet banking adalah sebesar Rp 15.000.
  • Kemudian setujui perintah yang muncul dalam layar ATM. Lalu Anda  pun akan menerima status transaksi Top Up Ovo.

2. Minimarket

Selanjutnya Anda bisa juga mengisi saldo Ovo melaui minimarket. Minimarket yang bekerja sama untuk top up saldo Ovo Grab adalah Alfamart. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah cara untuk Anda yang akan  melakukan isi ulang saldo Ovo melalui Alfamart :
  • Datanglah ke Alfamart terdekat
  • Infokan kepada petugas bahwa Anda akan melakukan pengisian saldo Ovo
  • Informasikan juga jumlah nominal top up Ovo kepada kasir Alfamart.
  • Kemudian lakukan pembayaran dengan menggunakan cash.
  • Selanjutnya informasikan pada kasir nomor handphone yang Anda gunakan dalam aplikasi Grab.
  • Simpan lah struk pembayaran sebagai bukti transaksi.

3. Debit Card Online

Sekarang ini terdapat banyak sekali kartu debit yang bisa dipakai untuk melakukan transaksi online. Untuk isi ulang atau top up saldo Ovo Anda pun bisa melakukan dengan memakai debit card online.
  • Masuklah ke menu top up saldo Ovo.
  • Kemudian pilih metode top up menggunakan Debit Card & Wallets
  • Pilih nominal saldo yang hendak Anda masukkan dalam saldo Ovo, atau dapat pula dengan memasukkan nominal secara manual pada kolom “Enter a value”
  • Selanjutnya, pilih metode pembayaran isi ulang saldo Ovo Anda. Terdapat dua jenis debit online yang dapat Anda gunakan, yakni Visa Debit Card, dan MasterCard Debit Card.
  • Setelah jumlah nominal dan jenis kartu sesuai, akhiri transaksi dengan menekan tombol “Submit”.

4. Melalui Driver

Apabila ingin melakukan isi ulang saldo Ovo melalui driver berikut adalah caranya;
  • Pesanlah layanan GrabCar atau GrabBike.
  • Informasikan pada pihak driver, apakah dapat melakukan isi ulang saldo Ovo atau tidak.
  • Masukkan jumlah top up saldo yang Anda kehendaki, dan tunggu lah hingga driver sampai di titik penjemputan.
  • Klik tombol “Top Up Now” dan lakukan pembayaran kepada driver dengan menggunakan cash.
  • Saldo Ovo Anda pun akan segera bertambah.

Cara Memesan Makanan dengan GrabFood


Cara Memesan Makanan dengan GrabFood


Sedangkan untuk cara atau langkah-langkah pesan makanan melalui GrabFood adalah seperti penjelasan berikut ini:
  • Masuklah ke aplikasi Grab kemudian pilih layanan Food dengan icon berupa makanan.
  • Masukkan alamat pengantaran makanan yang hendak Anda order dengan menggunakan layanan GrabFood.
  • Selanjutnya pilih lah restoran yang makanannya yang akan diorder. Setelah masuk dalam halaman menu makanan, tentukan makanannya, kemudian klik tombol “+” untuk menambahkan menu tersebut ke dalam chart.
  • Untuk melanjutkan order makanan, tekan tombol hijau bertuliskan “View Basket”. Jangan lupa untuk periksa kembali alamat pengantaran makanan yang Anda order dan detail makanan.
  • Untuk merubah metode pembayaran tekan tombol simbol uang di sebelah kiri bawah di atas tombol “Place Order”. Kemudian jika Anda memiliki promo, masukkan kode dalam kolom “Promo”.
  • Jika memiliki catatan untuk driver seperti detail alamat pengiriman dan lain sebagainya, Anda dapat menekan tombol “Option” dan masukan catatan dalam kolom “Note To Driver”, kemudian tekan “Confirm” untuk melanjutkan pesanan Anda.
  • Jika semua sudah sesuai dengan keinginan Anda, tekan tombol “Place Order”. Sistem GrabFood pun akan segera mencari driver di sekitar merchant untuk membelikan makanan yang Anda order. Cukup tunggu di rumah dan tak menunggu lama, makanan datang dan siap dinikmati.

Pesan Makanan Melalui GrabFood Lebih Mudah dan Hemat


Nah, itulah informasi tentang Cara Pesan Makanan Lewat Grab Food serta beberapa hal penjelasan tentang GrabFood yang perlu Anda ketahui. Dengan Grabfood anda Tak perlu repot-repot lagi mengeluarkan kendaraan, bermacet-macetan, mengeluarkan ongkos transport mahal untuk bisa mendapatkan makanan favorit Anda, cukup duduk manis di rumah  dan makanan Anda akan segera datang diantarkan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar