Bagaimana Ojek Online Menjadi Sumber Mata Pencaharian Bagi Pemuda India?

Bagaimana Ojek Online Menjadi Sumber Mata Pencaharian Bagi Pemuda India?


Bagaimana Ojek Online Menjadi Sumber Mata Pencaharian Bagi Pemuda India?-Ojek online menjadi sumber pekerjaan penuh waktu di India untuk anak kurir yang lulus untuk menjadi pengemudi ojek. Logistik hyperlocal sedang mengubah India. Apakah itu membawa orang atau parsel, industri sekarang menyediakan lapangan kerja kepada ribuan orang.

Di tahun-tahun mendatang, ojek online cenderung menyediakan lapangan kerja bagi banyak orang. Sehingga kota-kota di India menjadi padat dengan lalu lintas dan kebutuhan orang untuk berkeliling dengan cepat dengan biaya lebih murah daripada taksi yang terlalu mahal. Menurut perusahaan data Statista, jumlah kendaraan roda dua yang dijual pada 2016-17 adalah sekitar 1,75 crore dibandingkan dengan 1,64 crores yang dijual pada 2015-2016.

Bylanes and bazaar India membuatnya semakin sulit untuk memiliki taksi sebagai pilihan transportasi, sehingga menjadikan sepeda sebagai mod yang tepat. Baik Ola dan Uber telah mengakui peluang miliaran dolar ini. Mereka telah memasuki negara bagian di mana legal untuk mengubah kendaraan roda dua menjadi taksi komersial.

Dalam setahun sejak diluncurkan di India, UberMOTO telah menyelesaikan 2 juta perjalanan, klaim juru bicara Uber. Di Hyderabad, sebuah UberMOTO diminta setiap 18 detik, lanjut perusahaan itu. Perusahaan juga tidak menambahkan kendaraan baru di Jaipur untuk memastikan pemanfaatan aset roda dua yang ada.

Mengapa Ojek Online Menjadi Sumber Mata Pencarian?


Selain menyediakan pekerjaan penuh waktu, ojek online menjadi sumber pekerjaan paruh waktu bagi siswa. Anak laki-laki pengantar juga lulus untuk menjadi pengemudi ojek online penuh waktu. UberMOTO saat ini tinggal di Gurgaon, Faridabad, Hyderabad, Jaipur, Ahmedabad, Noida, Ghaziabad dan beberapa kota kecil Punjab.

Kami membuat profil tiga pengemudi taksi sepeda untuk tantangan yang mereka hadapi dan seberapa aman taksi tersebut untuk penumpang:

Mohan Chatterjee, 25

Chatterjee mulai bekerja untuk UberMoto sejak Juni dan seterusnya. Selama tiga tahun, ia telah bekerja sebagai kurir dan pengantar makanan. Baginya, mengangkut orang lebih mudah daripada membawa beban berat di belakang di puncak musim panas Delhi. Chatterjee memiliki sepeda olahraga TVS. 

Dia mengatakan bahwa perusahaan memverifikasi lisensi dan kartu PAN, dan pengalaman mengemudi sebelum memberikan izin kepadanya untuk pekerjaan itu. Dia menghasilkan sekitar Rs 1200 per hari yang termasuk Rs 800 sebagai pembayaran online dan Rs 400 sebagai uang tunai.
Biaya bahan bakarnya sekitar Rs 250 per hari. Hari-hari ini saya tidak dapat mencapai target saya karena lebih banyak pengemudi mendaftarkan diri, keluhnya tentang kelebihan pasokan. 

Sebelumnya, saya bisa menyelesaikan sekitar 30-32 kali sehari ketika ada lebih sedikit pengemudi.
Biking adalah karier penuh waktu untuknya sekarang. Ia bekerja selama 12 jam sehari dengan target sekitar 20-22 wahana per hari. Dia naik melalui Noida dan Ghaziabad. Sebelumnya itu menguntungkan bagi saya bekerja sebagai pengemudi UberMoto. Tetapi untuk saat ini, saya khawatir tentang kompetisi. Saya sering naik karena bintang yang lebih baik di platform, katanya dengan bangga.

Mengenai kenaikan harga, ia mengatakan bahwa Uber memberikan penghargaan kepada pengemudi yang mengambil tumpangan di daerah yang ada permintaan. Baik Ola maupun Uber menyatakan bahwa semua pembalap dan pengemudi harus mengenakan helm di Noida dan Ghaziabad secara hukum. Pengemudi akan memiliki satu helm untuk pengendara.

Apakah Perlu Helm Tambahan untuk Ojek Online?


Namun, pengemudi itu membawa helm tambahan. Dia tidak menawarkannya kepada kita. Rupanya, di Gurgaon, pengemudi dengan UberMoto lebih patuh menawarkan helm kepada pembonceng wajib. Uber mengatakan bahwa setiap pengemudi disediakan dua helm dan bersikeras pada pengemudi dan penumpang yang mengenakannya.

Akash Vaidya

Akash Vaidya, seorang mahasiswa MBA berusia 26 tahun bekerja paruh waktu untuk sepeda Ola di Noida. Majikannya membeli sepeda dan menjadikannya sebagai karyawan dengan gaji Rs 7000. Dia menggunakan uang tunai sebagai uang saku untuk pengeluarannya di kampus. Target Vaidya dari majikannya adalah sekitar 11 wahana per hari baik online maupun tunai.

Uang tunai yang dikumpulkan ditransfer ke pemiliknya, dan ia menerima potongan dari itu. Saya melihat tawaran pekerjaan untuk seorang pengemudi sepeda di kotak masuk email saya suatu hari dan saya melamar. Sudah 15 hari saya bekerja sebagai pengemudi sepeda Ola tapi saya tidak tahu berapa lama saya akan bekerja untuk itu.

Dia juga merasa bahwa pekerjaan paruh waktu telah mulai berdampak pada studinya. Vaidya membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk mencapai lokasi penjemputan kami meskipun ia ada di dekatnya. Tidak ada helm untuk pengendara ketika saya memesan naik sepeda Ola.

Menurut Ola, tarif dasar untuk naik sepeda adalah Rs 20 untuk 3 km pertama dan kemudian pergi ke Rs 5 per km. Ini juga membebani Rs 1 per menit (setelah 15 menit perjalanan). Biaya pembatalan yang dikenakan adalah Rs 10.

Amit Sahu

Sahu dapat digambarkan sebagai pemberani. Meskipun diserahkan helm Uber, ia suka membawanya di tangannya dan mengemudi tanpa helm. Ketika kami meminta Sahu untuk menyerahkan helm, dia mengatakan itu tidak akan terlihat bagus bahwa pembonceng mengenakan satu tetapi pengemudi tidak.

Apakah Anda Sudah Pernah Bekerja Sebagai Ojek Online?


Berasal dari Jharkhand, Sanjay Sahu yang berusia 22 tahun memperlakukan bersepeda sebagai pekerjaan sementara di Noida. Saya akan kembali ke desa saya setelah 3-4 bulan ketika musim panen tiba ketika ia berpose untuk foto di sepeda TVS-nya. Ayah Sahu adalah seorang petani. Namun, tanpa pekerjaan di desa, Sahu tiba di Delhi, untuk mencari penghidupan. Dengan sedikit uang muka, ia berhasil mendapatkan sepeda sewaan sekitar Rs 77.000.

Dia berhasil menghasilkan sekitar Rs 1000-Rs 12.000 sehari. Setelah dikurangi komisi, ia mengatakan seseorang dapat mengantongi sekitar Rs 20.000 sebulan, jumlah yang cukup layak mengingat lulusan non-teknis baru dibayar sekitar jumlah yang sama di kota-kota tingkat II India.

Ongkos sepeda saya hanya Rs 30. Tetapi Sahu mendapat sekitar Rs 54, dengan Rs 24 sebagai insentif dari Uber, untuk berkendara di daerah yang harganya mahal. Menurut Uber, biaya perjalanan UberMoto serendah Rs 20 di Noida dan Ghaziabad. Tetapi karena itu adalah kenaikan harga, saya harus membayar ekstra.

Menurut Sahu, Uber mengenakan biaya Rs 10 sebagai biaya dasar, diikuti oleh Rs 5 per kilometer. Tidak hanya pengemudi diinstruksikan untuk mengenakan helm, tetapi juga pengendara disarankan untuk memakainya pada setiap perjalanan UberMOTO. Setiap pengemudi diberikan dua helm. Selain itu, tutup kepala juga diberikan kepada pengendara karena helm berpindah tangan dari pengendara ke pengendara. Dalam kasus, di mana kelalaian pedoman keselamatan dari pengemudi dilaporkan, kami mengambil tindakan yang tepat.

Keselamatan mitra pengemudi dan pelanggan kami sangat penting bagi kami. Kami menyediakan dua helm bermerek, disetujui ISI, untuk digunakan oleh mitra pengemudi dan pelanggan. Selain helm, mitra pengemudi Ola juga diberikan kit P3K.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar