Makanan untuk Diabetes dan Kolesterol Tinggi yang Aman dan Bergizi

Makanan untuk Diabetes dan Kolesterol Tinggi yang Aman dan Bergizi


Makanan untuk Diabetes dan Kolesterol Tinggi yang Aman dan Bergizi-Penyakit diabetes dan kolesterol memang disebabkan oleh 2 hal yang berbeda yaitu gula dan lemak jahat. Namun tahukah Anda bahwa 2 penyakit ini bisa saling berkaitan? Bahkan, jika Anda memiliki penyakit diabetes, maka Anda sudah harus mulai memikirkan makanan untuk diabetes yang juga aman tanpa menimbulkan resiko naiknya kolesterol. 

Hubungan Antara Diabetes dan Kolesterol

Seseorang yang memiliki penyakit diabetes cenderung memiliki kolesterol yang tinggi dalam darahnya. Kadar lemak jahat dalam darah bisa tinggi ternyata disebabkan oleh kandungan gula darah yang juga tinggi dan juga tekanan darah yang tinggi. Kolesterol tinggi, diabetes, dan juga tekanan darah tinggi merupakan 3 penyebab terjadinya komplikasi serangan jantung yang harus diwaspadai. 

Untuk itulah semua penderita diabetes wajib untuk mengecek kadar lemak darahnya minimal setahun sekali. Selain itu, penderita diabetes juga wajib menjaga asupan makanan agar gula dan lemak darah tetap terkontrol. Jika tidak, maka resiko kematian akibat serangan jantung akan terus mengintai Anda. 

Makanan untuk Diabetes dan Kolesterol Tinggi

Penderita diabetes biasanya dibatasi asupan makanan yang mengandung gulanya, namun harus menambah asupan lemak. Padahal, untuk menjaga kadar kolesterol jahat dalam darah, Anda tidak boleh mengkonsumsi banyak lemak. Lalu bagaimana solusinya? Apakah Anda harus terus menerus minum obat kolesterol yang banyak tersedia di apotik?

Ternyata, Anda bisa menjaga kadar gula sekaligus lemak dalam darah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan untuk diabetes yang juga aman untuk kolesterol diantaranya adalah:

Makanan yang kaya akan serat seperti sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
Pilihlah menu dari lemak sehat seperti alpukat, minyak zaitun, dan kacang-kacangan yang tidak digoreng. 
Konsumsi susu skim jika Anda benar-benar membutuhkan nutrisi dari susu. 
Hindari makanan fastfood apalagi junkfood.

Bagaimana, ternyata mudah bukan untuk menjaga gula dan lemak darah tetap stabil? Anda tak perlu lagi terus meminum obat kolesterol maupun diabetes di apotik demi menjaga kesehatan. Resiko penyakit jantung pun semakin rendah dengan pola makan sehat ini. 

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar