Cara Kumur Air Garam Sakit Gigi dan Membuat Larutan Air Garam yang Benar

Cara Kumur Air Garam Sakit Gigi dan Membuat Larutan Air Garam yang Benar



Sakit gigi memang rasanya sangat tidak mengenakkan dan dapat menimbulkan berbagai akibat seperti sakit kepala, susah tidur, dan gangguan emosi. Apalagi jika terjadi pada anak-anak, tentu mereka akan rewel dan terus menangis. Oleh karena itu, jika sakit gigi timbul, segera atasi dengan pertolongan pertama untuk meredakan nyeri dan ngilu pada gigi. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahu bagaimana cara kumur air garam sakit gigi. Ayo, simak informasi selengkapnya.


Khasiat Air Garam untuk Meredakan Sakit Gigi


Air garam sudah lama digunakan untuk mengatasi sakit gigi. Sebab, garam mengandung natrium klorida yang mampu mengubah kondisi di dalam mulut menjadi lebih kering. Garam juga dapat menyerap molekul air yang diperlukan bakteri untuk tumbuh sehingga menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan sakit gigi. Pada garam juga terdapat sifat basa yang dapat menghilangkan bakteri di dalam mulut.


Selain mengatasi sakit gigi, kumur-kumur dengan air garam juga efektif meredakan sakit dan radang setelah cabut gigi atau luka pada mulut. Di samping itu, larutan air garam juga dapat mengurangi bau mulut. Alasan lain mengapa menggunakan garam untuk mengobati sakit gigi cukup dianjurkan ialah karena bahan ini mudah didapat, bahkan hampir semua rumah memilikinya. Jadi, larutan garam dapat dimanfaatkan sebagai obat sakit gigi darurat sebelum ke dokter untuk penanganan lanjut.


Cara Berkumur Menggunakan Air Garam untuk Atasi Sakit Gigi


Air garam memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi masalah gigi dan mulut, seperti sakit gigi, radang, bau mulut, hingga sakit tenggorokan. Cara membuat larutan air garam sangat mudah yaitu siapkan segelas air hangat dan 1 sdt garam. Setelah itu, campurkan dan gunakan untuk berkumur selama 30 detik. Berkumurlah beberapa kali sehari jika gejala sakit gigi masih dirasakan.


Cara kumur air garam sakit gigi ini tak hanya untuk orang dewasa, melainkan juga untuk anak-anak yang mengalami masalah nyeri karena gigi tumbuh. Nah, selain membilas mulut menggunakan air garam, masih ada beberapa cara yang bisa dicoba di rumah untuk mengatasi sakit gigi, di antaranya menggunakan bawang putih, cengkeh, dan kompres dengan air dingin.


Bawang putih mengandung allicin, senyawa yang berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat menyembuhkan sakit gigi. Cara menggunakannya yaitu hancurkan satu siung bawang putih dan campurkan pada air garam. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur.


Anda juga dapat menggunakan sesiung bawang putih dan potongan jahe seukuran ibu jari. Kedua bahan tersebut ditumbuk kasar bersama-sama kemudian direbus dengan tiga gelas air hingga menyusut jadi dua gelas. Setelah itu, tambahkan garam sedikit. Bagi larutan menjadi dua bagian, sebagian untuk berkumur selama satu sampai dua menit dan sisanya untuk kompres bagian yang bengkak.


Alternatif lainnya yaitu menggunakan cengkeh. Di dalam bahan rempah ini terkandung senyawa eugenol yang dapat menjadi obat bius alami serta bahan antiinflamasi dan antibakteri untuk mengatasi infeksi. Cengkih kering bisa langsung dikunyah untuk mengeluarkan minyaknya, kemudian letakkan pada bagian gigi yang sakit selama setengah jam. Jika menggunakan minyak ekstrak cengkih, cukup teteskan pada kapas kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.


Terakhir, Anda juga bisa mengompreskan air dingin pada pipi untuk membantu mengurangi rasa sakit. Bahan-bahan alami seperti air garam, bawang putih, dan cengkih aman digunakan untuk mengatasi sakit gigi karena tidak menimbulkan efek samping.


Namun, penanganan darurat seperti cara kumur air garam sakit gigi yang disebutkan di atas harus ditindaklanjuti dengan tindakan dokter jika belum mereda dalam 24-36 jam. Pasalnya, penyebab sakit gigi bisa beragam dan memerlukan penanganan berbeda. 


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar