Cara Agar Percaya Diri di Tempat Kerja Sebagai Karyawan Baru

Cara Agar Percaya Diri di Tempat Kerja Sebagai Karyawan Baru


Sebagai karyawan yang baru bekerja di sebuah perusahaan, tentunya ada banyak hal baru yang akan dirasakan. Mulai dari beradaptasi dengan lingkungan baru, belajar budaya kerja di perusahaan yang baru, serta bertemu orang-orang baru. Hal ini menjadi sebuah masalah bagi orang yang kurang percaya diri sehingga proses adaptasi terhambat dan kinerja di perusahaan tersebut kurang maksimal. Nah, buat Anda yang baru saja mulai bekerja atau pindah kerja ke perusahaan baru, inilah cara agar percaya diri di tempat kerja sebagai karyawan baru.


1. Menonjolkan Kelebihan yang Dimiliki


Siapa pun pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Ketika Anda memahami kelebihan yang dimiliki, tentu akan dapat mengasah dan mengembangkan demi kemajuan perusahaan dan karier Anda sendiri. Dengan menonjolkan kelebihan unik yang dimiliki, orang-orang di sekitar akan lebih menghargai dan percaya kepada Anda sehingga kepercayaan diri pun akan meningkat.


2. Tidak Menolak Kekurangan yang Ada


Selain kelebihan, Anda pasti mempunyai kekurangan. Namun, jangan jadikan kekurangan yang ada pada diri Anda menghambat untuk maju. Jangan membenci kekurangan Anda melainkan berusaha memahaminya sebagai bagian dari diri. Jika Anda mampu menerima kekurangan yang dimiliki, tentu tidak ada perasaan rendah diri dan takut direndahkan orang lain karena kekurangan tersebut. Meski begitu, Anda harus berusaha menutupi kekurangan tersebut dengan kelebihan ataupun berusaha mengatasi kekurangan itu secara bertahap tanpa merasa terpuruk.


3. Aktif Mengikuti Kegiatan di Perusahaan


Mengatasi rasa kurang percaya diri kadang harus dipaksakan. Bila Anda termasuk orang yang malu atau tidak percaya diri berada di tengah-tengah rekan kerja, cobalah untuk aktif di kegiatan perusahaan. Misalnya mendaftar menjadi panitia penyelenggaraan hari keluarga, mengikuti turnamen olahraga yang diadakan perusahaan, ataupun berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang dinisiasi oleh perusahaan. Dalam kegiatan-kegiatan tersebut, Anda dapat bersosialisasi karyawan-karyawan lain dari divisi yang berbeda. Jika aktif mengikuti kegiatan, rasa percaya diri perlahan-lahan akan meningkat.


4. Rajin Melakukan Evaluasi Diri


Setiap hal yang dilakukan harus diikuti dengan evaluasi agar dapat melihat sejauh mana perkembangannya dan apa saja yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, cobalah membuat evaluasi sendiri tentang kinerja selama bulan pertama. Catat pencapaian-pencapaian penting dan masalah dalam pekerjaan yang berhasil diselesaikan dalam tempo tersebut. Cara dapat mengingatkan Anda bahwa Anda memiliki kemampuan sehingga tidak ada alasan untuk tidak percaya diri.


5. Menjaga Penampilan


Meskipun dalam beberapa bidang kerja penampilan bukanlah segalanya, ternyata penampilan dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri. Oleh sebab itu, pastikan penampilan Anda terjaga mulai dari kebersihan dan kerapian diri hingga cara berpakaian selama waktu bekerja. Tidak harus memakai pakaian dan aksesori mahal, tetapi asalkan nyaman dan terlihat pantas sehingga tidak menjadi bahan cibiran orang yang akhirnya menurunkan kepercayaan diri Anda.


6. Memberikan Tantangan untuk Diri Sendiri


Untuk mengasah dan meningkatkan kepercayaan diri, cobalah memberikan diri Anda sendiri sebuah tantangan secara bertahap. Lakukan segala upaya untuk dapat menaklukkan tantangan tersebut. Meski awalnya sulit, hasilnya akan membuat Anda semakin bersemangat dan percaya diri. Mulailah dengan tantangan-tantangan ringan seperti sampai di kantor sepuluh menit sebelum jam masuk, menyelesaikan tugas sesuai deadline, dan mempelajari keterampilan baru di tempat kerja.


7. Dapatkan Dukungan dari Orang Lain


Meskipun rasa kurang percaya diri adalah masalah internal, tidak ada salahnya melibatkan orang lain untuk membantu mengatasinya. Carilah dukungan dari orang-orang yang Anda hormati di perusahaan seperti mentor atau atasan. Dengan adanya arahan dan masukan mereka, Anda dapat semakin termotivasi untuk bekerja dan menepis rasa tidak percaya diri yang ada.


Nah, sebagai orang baru, percaya diri saja tidak cukup untuk membangun karier ke depan. Imbangi juga dengan prestasi dan kepatuhan terhadap aturan perusahaan agar kepercayaan diri Anda tidak diartikan sombong oleh rekan-rekan kerja.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar