Waktu Tata Cara Niat Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Tahajud beserta Manfaatnya

Waktu Tata Cara Niat Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Tahajud beserta Manfaatnya


Assalamualaikum Sobat ajarnulis , Sobat banyak Sobat muslim yang menanyakan dan mencari informasi tentang dzikir dan doa sesudah sholat tahajud, manfaat sholat tahajud, waktu sholat tahajud, tata cara sholat tahajud dan bacaannya, niat sholat tahajud dan witir, niat sholat tahajud latin, sholat tahajud berapa rakaat, niat sholat tahajud dan sebagainya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan bagikan artikel tentang Waktu Tata Cara Niat Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Tahajud beserta Manfaatnya, semoga bermanfaat.

Doa Shalat Tahajud



ALLAAHOMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYUUMUS SAMAAWAATI WAL ARDLI WAMAN FII HINNA WALAKAL HAMDU ANTA MALIKUSSAMAAWAATI AL ARDLI WAMAN FIIHINNA, WALAKAL HAMDU ANTA NUURUSSAMAAWAATI WAL ARDLI WAMAN FII HINNA WALAKAL HAMDU ANTAL HAQQU, WA WADUKAL HAQQU WALIQOO UKA HAQQU WAQAULUKA HAQ, WAL JANNATU HAQQU WANNAARU HAQ, WAN NABITYYUUNA HAQQUNAMUHAMMADUN SALLALLAAHU'ALAIH WA SALLAMA HAQQU WAS SAA'ATU HAQ ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU WABIKA AAMANTU WA'ALAIKA TAWAKKALTU WAILAIKA ANABTU WABIKA KHAASHOMTU WAILAIKA HAAKAMTU, FAGH FIRLII MAA QADDAM.TU WAMAA AKHKHARTU WAMAA ASRARTU WAMAA A'LANTU WA MAA ANTA A'LAMU BI HII MINNⅡ ANTAL MU QADDIMU WA ANTAL MU AKHKHIRU LAA ILAA HA ILLAA ANTA WALAA HAUL A WALAA OUWWATA ILLAA BIL LAAHIL 'ALIYYIL 'ADHIIM.

Artinya

Ya Allah bagiMu segala puji, Engkau pendiri langit dan bumi dan semua yang ada didalamnya bagiMu segala puji Engkau maha Raja dilangit dan dibumi dan semua yang berada didalamnya bagiMu segala puji, Engkau Nur dilangit dan di bumi dan semua yang ada didalamnya.
Bagimu segala puji,Engkau maha benar, janjiMu benar, pertemuan denganMu benar, perkatanmu benar, syorga dan neraka benar, para nabi-nabi benar, nabi Muhammad s.a.w. benar dan hari kiamat benar.
Ya Allah, kepadaMu aku menyerahkan diri, kepadaMu aku beriman, atasMu aku bertawakal, kepadaMu aku kembali, bersamaMu aku menghadapi musuh dan dihadapanMu aku akan diadili, ampunilah dosaku yang telah lalu dan dosaku yang akan datang, dosa yang aku sembunyikan dan dosa yang aku nampakkan, dan dosa yang hanya Engkau yang mengetahuinya. Engkau yang tidak berawal dan tidak berakhir, tiada yang patut disembah selain Engkau, tiada padaku daya dan kekuatan hanya daya dan kekuatanMu. Ya Allah Tuhan kami yang maha Tinggi dan maha
Besar.

Penjelasan tentang sembah yang tahadjud.

1, Sayyidina 'Ali r.a. meriwayatkan bahwa rasulullah s.a.w. bersabda "Pada sepertiga malam yang akhir Tuhan berfirman "Siapa diantara penghuni bumi yang ada permintaan, akan Aku beri, siapa yang ingin bertobat, Aku ampuni, dan siapa yang mempunyai hajad akan Aku perkenankan
2. Rasulullah s.a.w. bersabda: "Barangsiapa bersembahyang didalam mesjidku (mesjid Nabawi di Madinah) akan diberi pahala kepadanya sepuluh ribu kali. Dan siapa sembahyang d idalam mesjidi Haram, akan diberi pahala seratus ribu kali. Salah seorang sahabat bertanya: "Ya Rasulullah adakah sembahyang yang lebih besar lagi pahalanya daripada itu?". Rasulullah menjawab : "Ada.yaitu seseorang yang bangun ditengah malam, lalu berwudlu dengan baik kemudian sembahyang dua rakaat dengan hati yang ikhlas"
3. Ibnu 'Abbas meriwayatkan, Rasulullah s.a.w bersabda "Barangsiapa bersembahyang sunnat duga rakaat diwaktu tengah malam, dibacanya pada rahaat pertama surah al-Futihah dan sepuluh kali ayat Kursi, begitu juga pada rakaat hedua maka Tuhan menurunkan beberapa orang malaikat untuk menjaga orang itu dari kejahatan."
4. Tuhan menerangkan didalam al-Qur'an : "sembahyang tahajudlah, sebagai ibadah sunnah bagimu, semoga Tuhan akan memberi heduduhan yang terpuji bagimu.”
5. Sembahyang tahajud dikerjakan diwahtu tengah malam, yang terbaik adalah pada sepertiga
malam terakhir (kurang lebih mulai jam 02.00)

Shalat tahajud dilakukan minimal 2 rakaat

Lafadh niatnya adalah sebagai berikut

USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK'ATANI LILLAAHI TA'AALAA ALLAAHU AKBAR

Aku sembahyang sunnat tahajjud dua rakaat karena Allah Ta' alaa.

Ayat yang dibaca pada rakaat pertama ialah surah al-Fatihah dan surah al-Kafirun, Rakaat kedua surah al-Fatihah dan surah al-Ikhlas.

Demikianlah Sobat penjelasan tentang Waktu Tata Cara Niat Bacaan Dzikir dan Doa Sholat Tahajud beserta Manfaatnya,semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya:

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar