Manfaat Menguasai Bahasa Asing untuk Kemajuan Karier

Manfaat Menguasai Bahasa Asing untuk Kemajuan Karier



Dalam dunia kerja saat ini, keterampilan berbahasa asing menjadi nilai tambah dalam mengembangkan karier. Apalagi dengan dukungan teknologi informasi yang semakin maju, sekarang perusahaan lebih mudah menjalin kerja sama dengan perusahaan asing.


Karenanya perusahaan memerlukan orang-orang yang tak hanya ahli di bidangnya melainkan juga mampu berkomunikasi dengan baik dengan mitra dari luar negeri. Bagi Anda yang sedang atau akan belajar bahasa asing, berikut penjelasan tentang apa manfaat belajar bahasa asing untuk pengembangan karier.


1. Menarik Bagi Perekrut


Menguasai beberapa bahasa asing dapat menarik perhatian perekrut saat Anda melamar kerja. Sebab, hal ini menunjukkan Anda dapat bekerja di lingkungan internasional. Peluang Anda diterima bekerja pun akan lebih tinggi, apalagi jika perusahaan tersebut banyak memiliki klien dari luar negeri. Bahkan, keahlian bahasa asing yang ditulis dalam CV Anda bisa menjadi faktor yang membuat perekrut memilih Anda untuk bekerja di perusahaan mereka.


2. Meningkatkan Kesempatan Berkembang dalam Karier


Pada perusahaan besar, mereka memerlukan manajer yang dapat mewakili perusahaan melakukan kegiatan bisnis di luar negeri. Tentunya mereka memerlukan karyawan yang menguasai bahasa negara tersebut untuk membantu membangun operasi dan membuka peluang bisnis baru di sana. Perusahaan memang mempunyai pilihan untuk menyewa penerjemah, tetapi jika Anda sebagai karyawan perusahaan itu sendiri memiliki kemampuan bahasa tersebut tentu akan meningkatkan kesempatan naik jabatan dan mendapatkan bonus.


3. Mampu Mengambil Keputusan dengan Cepat


Berdasarkan penelitian, mempelajari bahasa asing baru dapat membantu mempercepat dalam mengambil keputusan. Hal ini karena penggunaan bahasa asing dapat memberikan jarak emosional. Mahir menggunakan bahasa asing juga mencerminkan Anda mampu membertimbangkan risiko sebelum mengambil keputusan. Tentu softskill semacam ini sangat diperlukan ketika bekerja di bagian yang berkaitan dengan pengambilan keputusan seperti manajer dan personalia.


4. Dapat Melakukan Beberapa Pekerjaan Sekaligus


Mampu menangani banyak pekerjaan di satu waktu secara profesional atau multitasking merupakan keterampilan yang sangat diperlukan perusahaan. Keterampilan ini dapat dikembangkan dengan cara mempelajari bahasa asing. Ketika Anda dapat menguasai beberapa bahasa dan mampu beralih dari satu bahasa ke bahasa lain dengan mudah, kemampuan mulititasking pun bisa lebih efisien. Hal ini sangat bermanfaat saat Anda mengerjakan langkah kerja yang banyak secara bersamaan.


5. Lebih Memahami Budaya Lain


Ketika belajar bahasa asing, Anda tidak hanya belajar kosakata dan tata bahasa saja melainkan juga budaya dari negara bahasa tersebut berasal. Dengan begitu, Anda dapat melihat sudut pandang berbeda dari suatu hal karena dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari berbagai negara di dunia. Saat melihat sejarah, musik, dan isu-isu global dari perspektif berbeda, Anda akan menjadi orang yang berpikiran terbuka dan mudah memahami budaya bangsa lain.


6. Memperluas Jaringan


Kemampuan berbahasa asing akan membuka peluang bagi Anda untuk berkenalan dengan orang dari berbagai negara. Kaitannya dengan pekerjaan, Anda bisa bekerja sama dengan klien dari negara-negara yang bahasanya Anda kuasai. Di samping itu, Anda pun dapat mengikuti berbagai acara yang diselenggarakan dalam bahasa tersebut untuk peningkatan karier seperti seminar, pelatihan, dan simposium.


Dalam mengembangkan karier, tidak hanya keterampilan di bidang yang Anda kuasai saja yang harus diasah melainkan juga kemampuan bahasa. Jadi, tak perlu menunda lagi untuk belajar ketika kesempatan mempelajari bahasa asing ada di depan mata.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar