-->
5 Cara Mengajarkan Anak Mengaji Sejak Dini

5 Cara Mengajarkan Anak Mengaji Sejak Dini


Mengajarkan si kecil tentang pentingnya Alquran bagi kehidupan mereka sebagai umat Islam
Orang tua harus mengajarkan anak pentingnya Al-quran sebagai pedoman hidup semua umat islam. Images credit: barnimages.com

Mengapa anak harus diajarkan mengaji sejak kecil? Lalu bagaimana cara mengajarkan anak mengaji sejak usia dini?


Anak harus diajarkan mengaji sejak kecil karena segala bentuk pembinaan anak usia dini akan sangat berdampak pada ingatan si kecil. Jadi, Mama Papa harus bisa memanfaatkan kesempatan ini agar si kecil mau dan menyukai kegiatan belajar mengaji anak.


Pada artikel ini, saya akan berusaha sebisa mungkin untuk menguraikan cara mengajar anak mengaji Alquran. Semoga bermanfaat


Sebagai kitab suci untuk agama Islam, Alquran sudah sepantasnya dipelajari dan dipahami maknanya serta dijadikan sebagai pedoman hidup semua umat muslim di dunia. Belajar mengaji anak sudah seharusnya dimulai sejak usia dini. Karena pada saat itu, si kecil memiliki daya tangkap yang bagus.


Oleh karena itu, si kecil perlu diperkenalkan pada Al-Qur’an sejak kecil. Di mana Mama Papa dapat melakukan dengan cara mulai membiasakan si kecil membaca buku iqro sebagai pengenalan dengan huruf hijaiyah.


Di usia si kecil yang masih terbilang muda ini, biasanya mereka mampu memahami serta menirukan  secara cepat, sehingga sedikit muda untuk Mama Papa membimbingnya.


Akan tetapi, sangat disayangkan karena pada kenyataannya lambat laun semakin sedikit anak-anak yang mau membaca Alquran. Kebanyakan jauh lebih menyukai bermain gadget, games, dan menonton tv.


Dalam hal ini, peran orang tua sangat dibutuhkan. Kesadaran Mama Papa tentang pentingnya anak-anak diajarkan mengaji sejak kecil adalah hal yang paling utama. Karena bisa dikatakan jika orang tua lah yang berperan penting dan menjadi kunci keberhasilan anak.


Cara Mengajarkan Anak Mengaji


Mama Papa harus bisa memperkenalkan al quran kepada si kecil sejak usia dini.
Memperkenalkan Al-Qur’an kepada si kecil sejak usia dini ada banyak manfaatnya.
Dunia semakin hari semakin mengalami perubahan

Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan agar si kecil memiliki mental dan iman yang kuat dalam beragama. Agar mereka memiliki bekal untuk kehidupan. Salah satunya dapat dilakukan dengan mengajarkan mereka untuk mengaji.


Berikut ini cara yang tepat untuk belajar mengaji anak. Silahkan disimak.


1. Biasakan anak mendengar ayat Alquran


Semua orang tua yang beragama Islam pasti berharap anaknya bisa membaca Alquran dengan benar.


Oleh karena itu, sebagai langkah awal Mama Papa bisa mengajarkan mereka sejak usia dini. Karena pada usia dini si kecil mempunyai kecenderungan untuk meniru dan mengulangi hal-hal yang mereka dengar.


Sehingga, Mama Papa sebisa mungkin untuk mendampingi si kecil untuk belajar mencintai Al-Qur’an sejak dini. Dengan memperdengarkan ayat-ayat Alquran setiap hari lewat pengajian murottal di setiap kondisi, lambat laun tanpa disadari si kecil akan merekam ayat tersebut.


Sebagai awalan mungkin si kecil hanya akan mendengarnya seperti biasa. Akan tetapi, tanpa disadari secara perlahan mereka akan mulai menghafalkannya.


Apabila Mama Papa membiasakan si kecil mendengarkan bacaan Alquran, maka bisa membuat mereka menjadi familiar dengan alquran. Sementara apabila rekaman tersebut diulang secara konsisten memori si kecil pun akan merekamnya dengan baik.


2. Memberikan pemahaman tentang kewajiban mempelajari Alquran


Kenapa orang tua perlu mengajarkan Al-Qur’an serta mendorong anak-anak untuk menghafal?


Mungkin pertanyaan di atas bukan lagi hal yang asing. Jadi, orang tua perlu mengajarkan Al-Qur’an karena hal tersebut merupakan bentuk syiar agama Islam yang harus dipenuhi oleh setiap orang tua.


Sehingga Mama Papa harus bisa memberikan pemahaman perihal arti pentingnya al quran untuk kehidupan setiap muslim.


Sebagai umat Islam, orang tua tentu saja bisa mengajarkan berbagai macam aturan hidup ataupun ibadah yang harus ditaati oleh si kecil, salah satunya belajar mengaji. Mama Papa bisa memberikan pemahaman kepada si kecil bahwa dengan mengaji, maka akan dimuliakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


Serta menambah ilmu agama juga mengetahui apa saja perintah dan larangan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.


Dengan begitu, si kecil akan mudah memahami Al Qur’an serta tergerak untuk menjalankan setiap isinya.


3. Memperkenalkan huruf hijaiyah


Cara ketiga yang bisa dilakukan oleh Mama Papa agar untuk mengajarkan anak mengaji yaitu dengan memperkenalkan huruf-huruf hijaiyah. Hal ini bisa dilakukan dengan menempelkan huruf hijaiyah di dinding kamar si kecil.


Mama Papa juga bisa menyiasati dengan menggunakan metode pembelajaran mengaji anak yang tidak monoton, sehingga si kecil tidak akan merasa bosan.


Memainkan huruf hijaiyah dengan cara membuat kuis secara acak kemudian meminta si kecil untuk menjawabnya. Jangan lupa, untuk memberikan pujian jika mereka berhasil menjawabnya dengan benar.


4. Memperkenalkan dengan buku iqro


Cara selanjutnya yaitu memperkenalkan si kecil dengan buku iqro. Hal ini bisa dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada mereka bahwa sebelum membaca Al Quran pertama harus belajar iqro terlebih dahulu.


Ajarkan si kecil bentuk pengenalan yang mudah, agar dapat mengetahui bacaan yang benar dan salah. Akan tetapi, Mama Papa harus mengingat jika kunci utama mengajarkan si kecil adalah kesabaran.


5. Mengajak belajar mengaji anak di TPA


Mengajak si kecil belajar mengaji di TPA atau TPQ bisa menjadi salah satu solusi yang tepat. Karena di sana anak-anak diajarkan untuk mengaji, menghafal doa-doa, baca tulis huruf hijaiyah.


Mungkin pada awalnya mereka tidak nyaman, tapi jika mereka terus-menerus menghadapi pengalaman baru maka mereka akan lebih mudah beradaptasi  di berbagai situasi. Sehingga, pada akhirnya si kecil akan mengaji tanpa harus diperintah oleh orang tua.


Selain kelima cara mengajarkan anak mengaji  di atas, Mama Papa bisa mengikutsertakan si kecil ke les private atau kursus mengaji agar mendapatkan bimbingan mengaji dari pihak yang berkompeten dan mempunyai cara belajar yang terkonsep. Mama papa bisa mencari les private mengaji yang terpercaya di platform Kiddo.id. Di Kiddo.id ada banyak merchant pilihan untuk kursus atau les private mengaji yang bisa diikuti secara offline atau online.


Kiddo.id adalah platform yang telah dipercaya dapat membantu para orang tua untuk memaksimalkan potensi anak lewat aktivitas serta kursus pilihan. Di platform ini telah launching fitur terbaru yaitu Milestone Tracker. Di mana Mama Papa bisa memantau tumbuh kembang anak serta tes potensi si kecil.


Jadi, selain belajar mengaji anak kiddo.id juga bisa membantu memantau potensi si kecil. Menarik, bukan?

Baca juga:

This Is The Newest Post
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar