Penyebab Flu dan Cara Pencegahannya

Penyebab Flu dan Cara Pencegahannya


Flu yaitu jenis virus yang dibagi ke dalam beberapa cara penularannya. Pertama, Anda bisa tertular virus ini melalui udara yang dihirup. Hal ini bisa terjadi karena ada orang di dekat Anda menderita flu, batuk,  bersin-bersin dan ketika berbicara Anda menghirupnya.Flu bisa menyerang semua kalangan mulai bayi, anak-anak hingga orang dewasa, maka dibutuhkan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak.

Kedua, virus ini dapat hidup pada benda mati selama 2 hingga 8 jam. Jika orang menderita flu dan menyentuh benda-benda yang kemudian Anda sentuh, maka dari situ proses penularan virus flu pindah ke tubuh Anda.

Cara Pencegahan Virus Flu

Untuk menghindari virus flu, maka Anda dapat melakukan beberapa pencegahan baik secara alami maupun tindakan medis. Berikut ini beberapa pencegahan yang dapat diterapkan.

1. Membiasakan mencuci tangan dengan sabun
Tangan menjadi salah satu sumber perpindahan virus masuk ke dalam tubuh, melalui aktivitas seperti bersentuhan dengan benda-benda yang disentuh orang yang menderita flu. 
Untuk pencegahannya, maka Anda harus rutin mencuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas di luar rumah.

2. Hindari paparan cuaca dingin
Semakin sering tubuh Anda terpapar dengan cuaca dingin, apalagi sampai terguyur hujan maka akan semakin mudah terserang virus ini. Virus flu akan mudah masuk ke tubuh Anda, jika ketahanan tubuh sedang menurun.
Sebaliknya juga, jika ketahanan tubuh Anda kuat maka virus tersebut akan di lawan sehingga Anda tidak mudah terserang virus flu.

3. Menjaga daya tahan tubuh
Menjaga daya tahan tubuh merupakan cara pencegahan yang paling efektif agar tidak mudah terserang virus flu. Dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan melakukan istirahat secara rutin.
Selain itu, Anda juga harus banyak minum air putih. Langkah tersebut, merupakan cara pencegahan untuk memperkuat kekebalan tubuh.

4. Vaksinasi
Menurut Info kesehatan, bahwa melakukan vaksinasi merupakan tindakan yang tepat untuk mencegah virus flu. Namun sayangnya, tidak semua virus flu bisa di tangkal dengan vaksin flu. Karena banyaknya jenis virus flu yang ada.
Selain berbeda jenis virusnya, seringkali muncul jenis virus baru yang lolos dari pencegahan vaksinasi tersebut. 

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar