Cara Bermain Petak Umpet dan Manfaatnya

Cara Bermain Petak Umpet dan Manfaatnya

Petak Umpet

Siapa yang tak mengenal permainan petak umpet? Permainan ini sangat populer dikalangan anak-anak terutama anak jaman dulu senang bermain petak umpet. Sebelum perkembangan zaman yang serba digital seperti sekarang ini, dahulu permainan tradisional seperti petak umpet sangat digemari anak-anak. Mereka asyik bermain petak umpet bersama teman atau keluarga di rumah. Namun karena sekarang anak-anak lebih mengenal permainan atau game yang menggunakan komputer, handphone dan online, perlahan permainan petak umpet ini tidak banyak yang mengenal dan memainkannya, walaupun masih ada namun tak seperti zaman dulu.

Petak umpet, sebenarnya permainan ini sangat sederhana namun banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari permainan ini, terutama bagi perkembangan anak-anak. Zaman dahulu apabila sepulang dari sekolah biasanya anak-anak mengajak teman-temannya untuk pergi ke suatu tempat dan bermain petak umpet bersama.

Cara Bermain Petak Umpet


Bermain petak umpet sangat mudah dilakukan, berikut adalah caranya:


  1. Ajak dan kumpulkan teman sebanyak mungkin.
  2. Kemudian semua pemain melakukan gambreng, sampai tinggal dua anak, lalu dua anak yang tersisa harus suit sampai 3x, yang kalah jaga gawang.
  3. Bagi pemain yang jaga, ditutup matanya, sambil menghitung sampai 10 atau berapapun angka yang ditentukan.
  4. Pemain yang tidak berjaga, mencari tempat untuk bersembunyi.
  5. Apabila sudah sampai hitungan ke-10 atau angka yang telah ditetapkan, yang jaga langsung mencari teman-temannya yang bersembunyi, apabila ketemu satu, langsung lari secepatnya balapan dengan temannya itu sampai ke gawang kemudian pegang gawang sambil teriak ‘INGLO’ tandanya satu orang sudah ketemu, tinggal mencari yang lainnya.
  6. Apabila ternyata yang duluan sampai ke gawang adalah temannya yang sembunyi, permainan ronde satu langsung selesai, tetapi yang jaga gawang dihukum harus jaga lagi pada permainan ronde berikutnya.


Manfaat Permainan Petak Umpet


Sebenarnya permainan petak umpet ini banyak sekali manfaat yang didapatkan, terutama bagi perkembangan kecerdasan dan emosi anak-anak. Selain menyenangkan, permainan ini sangat baik dan bermanfaat bagi perkembangan tumbuh kembang anak yaitu diantaranya:

Meningkatkan keaktifan anak

Petak umpet dapat merangsang perkembangan motorik, kecerdasan, emosional dan kesehatan anak. Anak akan banyak bergerak aktif, sebab dalam permainan ini anak akan berlari dan bersembunyi, dimana secara tidak langsung anak telah melakukan olahraga. Hal ini lebih bermanfaat bila dibandingkan dengan anak yang hanya bermain game atau menonton televisi.

Anak dapat belajar bersosialisasi 

Karena permainan ini melibatkan banyak pemain yang kemungkinan pemainnnya memiliki latar belakang keluarga yang berbeda-beda, dimana semua pemain tersebut terlibat aktif didalamnya. Dengan kondisi demikian, anak akan dapat belajar bersosialisasi, tenggang rasa, toleransi dan lain sebagainya. 

Mengajarkan anak untuk berhitung 

Disamping baik bagi perkembangan fisik, petak umpet juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Dengan petak umpet secara tidak langsung telah mengajarkan anak untuk berlatih berhitung. Bagi anak yang jaga gawang, dia akan menyebutkan hitungan untuk memberikan kesempatan kepada pemain lainnya mencari tempat persembunyian.

Membuat anak berfikir kreatif 

Dalam permainan ini anak dituntut untuk mencari tempat persembunyian dengan cepat dan berbeda dengan teman lainnya. Hal ini akan mengajarkan anak untuk dituntut berfikir kreatif untuk mencari tempat persembunyian agar sulit untuk dicari.

Melatih anak patuh pada aturan 

Dalam permainan ini ada aturan dan kesepakatan yang harus dipatuhi bersama. Setiap anak harus taat pada aturan dan kesepakatan yang telah ditentukan, agar permainan dapat berjalan tertib, lancar dan menyenangkan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari permainan petak umpet. Permainan ini dapat juga dimainkan bersama anggota keluarga seperti ayah, ibu, kakak, adik dan lainnya dengan model, ketentuan dan cara yang dapat disederhanakan dan lebih fleksibel. Bermain petak umpet bersama anggota keluarga pastinya akan menambah keakraban dan keharmonisan keluarga.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar