Bisakah Ganti Nama pada Tiket Kereta Api yang Sudah Dipesan?

Bisakah Ganti Nama pada Tiket Kereta Api yang Sudah Dipesan?


Pernahkah Sobat mengalami ketika ada orang, teman atau saudara sudah pesan tiket kereta api, kemudian pada saat menjelang beberapa hari keberangkatan, tiba-tiba ada kendala atau halangan sehingga si pemesan tiket tidak bisa berangkat pada hari tersebut sesuai  jadwal yang tertera di tiket kereta, lalu sobat diminta untuk menggantikan posisinya?

Saya pernah mengalaminya, ceritanya kemarin bapak saya mau pergi ke Sidoarjo bersama cucu berdua. Si cucu ikut karena mau liburan ke tempat kakeknya. Pesan 2 tiket kereta melalui online dan dapatlah 2 tiket untuk keberangkatan kereta api Sri Tanjung tanggal 03 Juli, berangkat dari stasiun Lempuyangan Yogyakarta.

Baca Cara Pesan Tiket Kereta Api melalui Indomaret

Kita pesan tiket keretanya 1 minggu sebelum hari keberangkatan, namun tiba-tiba bapak ada keperluan mendadak ke luar kota sehingga kemungkinan tidak bisa berangkat ke Sidoarjo bersama cucu pada tanggal 03 Juli. Padahal 2 tiket sudah terlanjur dipesan atas nama bapak saya dan cucu (anak saya).

Akhirnya bapak pergi ke luar kota dan saya diminta untuk menggantkan posisinya yaitu menemani anak saya ke Sidoarjo.

Permasalahannya nama yang tertera pada tiket adalah nama bapak saya, bisakah saya menggantikan posisi bapak dengan mengganti nama pada tiket yang telah dipesan? Untuk tiket anak saya sih gak ada masalah ya karena sesuai identitas.

Untuk mendapatkan jawaban yang akurat tentang ganti ganti nama pada tiket kereta, saya pun pergi ke Stasiun Lempuyangan untuk menanyakan perihal tersebut. Di stasiun lempuyangan saya ketemu dengan customer service nya dan menanyakan permasalahan di atas.

Ternyata jawaban dari customer service nya untuk penggantian nama pada tiket kereta yang telah dipesan tidak bisa. Solusinya yaitu pembatalan tiket, kemudian pesan baru lagi.

Baca Tarif, Jadwal dan Rute Kereta Api Joglosemarkerto

Bagaimana Cara Pembatalan Tiket Kereta Api?

Namun untuk pembatalan tiket kereta akan terkena biaya potongan sebesar 25% dan yang membatalkan harus orangnya sendiri (sesuai nama yang tertera di tiket kereta).

Apabila orang lain yang membatalkan maka harus memakai surat kuasa bermaterai 6000. Berikut adalah syaratnya :

1. Surat kuasa bermaterai 6000
2. Kartu identitas asli pemesan
3. Fotokopi kartu identitas pemesan
4. Fotokopi kartu identitas orang yang mewakili

Selain itu pembatalan tiket harus dilakukan paling lambat 1 jam sebelum keberangkatan kereta api, jika lebih dari itu tiket hangus dalam arti tiket tidak bisa direfund ( tiket tdak bisa diuangkan kembali/dikembalikan).

Baca Jadwal Kereta Api Pangrango Relasi Bogor-Sukabumi PP

Nah permasalahannya adalah bapak berada di luar kota jika mau pembatalan tiket maka bapak mesti membuat surat kuasa bermaterai 6000 untuk saya, kemudian tentu surat kuasa tersebut harus dikirim ke tempat saya, sedangkan proses pengiriman tentu membutuhkan waktu dan biaya, jadinya ribet.

Kemudian saya pun menghubungi bapak untuk memberikan keterangan sebagaimana di atas dan bapak bilang "kok ribet ya". Karena gak mau ribet akhirnya bapak mempercepat urusannya di luar kota, agar bisa balik ke Jogja sebelum tanggal 03 Juli agar bisa berangkat ke Sidoarjo. Dan alhamdulillah bisa sehingga akhirnya yang jadi berangkat adalah bapak sama cucu ( anak saya).

Begitulah pengalaman saya tentang ganti nama tiket kereta api yang telah dipesan ternyata tidak bisa digantikan.  

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar