Tips Cara Pesan Grab Lewat Ponsel, Sangat Mudah!

Tips Cara Pesan Grab Lewat Ponsel, Sangat Mudah!

Tips Cara Pesan Grab di Smartphone Android dan iPhone-Ajarnulis.com-Saat ini adalah zamannya online, sampai-sampai transportasipun sekarang sudah banyak yang memakai online. Sebut saja perusahaan aplikator layanan transportasi online Grab dan Gojek.Mereka berdua adalah pemain jasa aplikator layanan trannsportasi online di Indonesia yang merajai.

Tak mau ketinggalan dengan pencapaian sukses Gojek yang menjadi salah satu startup dan unicorn sekaligus tradmark moda transportasi online di Indonesia, Grab perusahaan aplikator layanan transportasi online yang berasal dari Singapura terus berinovasi agar bisa diterima dan diminati oleh masyarakat Indonesia.

Untuk Sobat yang ingin mengetahui lebih jelas tentang aplikasi Grab ini, Berikut adalah penjelasan tentang aplikasi Grab :


Hal yang Wajib Diketahui

1.Bagi yang baru pertama kali mau memakai aplikasi grab, unduh dahulu aplikasi grab diponsel atau smartphone sobat. Sobat bisa mengunduh dan menginstalnya di Play store untuk pengguna ponsel android atau App Store bagi pengguna iPhone.

2.Setelah aplikasi di unduh dan di instal di ponsel, lalu daftarkan diri Sobat sebagai pengguna Grab dengan memasukkan nomer ponsel sobat yang aktif untuk proses verifikasi. Nantinya nomer telepon yang Sobat masukkan tadi akan dikirimi kode verifikasi akun Grab untuk mengaktifkan akun Grab Sobat agar dapat digunakan.

3. Bila akun sudah jadi, Sobat bisa segera menggunakannya untuk memesan layanan Grab yang berupa ojek motor (GrabBike), ojek mobil (GrabCar dan GrabTaxi), delivery makanan (GrabFood) dan lainnya.

4. Pada beberapa ponsel, biasanya memgharuskan penggunanya untuk mengaktifkan fitur GPS untuk mendukung penggunaaan aplikasi grab

5.Ada istilah peak hour yaitu pemesanan Grab yang dilakukan pada jam sibuk, maka tarif yang diberlakukan pada saat peak hour akan naik, sebab Grab memberlakukan sistem tarif flat pada jam-jam sibuk.

6. Aktifkan selalu nomer telepon sobat agar nantinya mudah dihubungi ketika driver akan menghubungi Sobat

7. Ada sistem pembayaran non tunai di Grab yaitu dengan OVO, namun sebelumnya Sobat  harus mengisi dulu saldo Ovo agar bisa digunakan untuk bertransaksi.

GrabCar


GabCar merupakan salah satu produk layanan taksi online dari Grab yang menggunakan moda transportasi roda empat. Terdapat ratusan bahkan ribuan driver GrabCar yag tersebar di setiap wilayah yang telah dijangkau oleh layanan Grab. Kendaraan yang dipakai sebagai layanan GrabCar berasal dari para mitra diver Grab, sehingga hampir semua kendaraannnya ber plat hitam.

Perusahaan Grab tidak sembarangan dalam menerima mitra drivernya untuk bergabung menjadi pengemudi online. Grab memberlakukan aturan untuk menjadi mitra drivernya harus memiliki kendaraan sekelas Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Toyota Kijang Innova, Nissan Grand  Livina, dan lainnya dengan spesifikasi menegah ke atas. Hal ini dilakukan demi kenyamanan pelayanan para  penumpang.

Layanan Grabcar awal mulanya beroperasi pada pertengahan tahun 2016. Untuk jam layanan operasionalnya selama 24 jam. Layanan Grab Car sudah tersedia di beberapa wilayah di Indonesia salah satunya di Jakarta, Yogyakarta,  Surabaya, Denpasar dan kota-kota lainnya di Indonesia.

Cara Pesan GrabCar


Sangat mudah sekali untuk memesan layanan GrabCar ini. berikut adalah panduannya:

1. Download dan instal aplikasi Grab di smartphone di Play Store bagi pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone. Lalu buka aplikasi tersebut.

2. Lalu pilih layanan GrabCar dengan ikon gambar mobil.

3. Tentukan lokasi penjemputan Sobat di kolom pick up dengan cara klik kolom tersebut, ketik detail alamat Sobat. Pastikan alamat yang Sobat masukkan tepat.

4. Pada kolom ‘I’m going to…” klik kolom tersebut untuk memasukkan alamat tujuan Sobat. Kolom tersebut adalah alamat tujuan perjalanan Sobat.

5. Kemudian aplikasi akan menunjukkan detail kendaraan yang akan Sobat pesan, di mana untuk layanan GrabCar terdapat dua jenis, yakni GrabCar standar dengan kapasitas 4 orang, dan satunya lagi GrabCar dengan kapasitas 6 orang, ada lagi layanan GrabCar Plus untuk driver dengan rating bintang 5, dan GrabGerak yang artinya kendaraan tersebut ramah dengan kaum disabilitas.

6. Jika Sobat pilih  GrabCar standar dengan kapasitas 4 orang, maka pada bagian bawah jenis mobil terdapat informasi biaya yang harus Sobat bayar. Bagi pengguna Ovo, Sobat akan mendapatkan promo istimewa berupa potongan harga.

7. Sobat dapat memilih jenis pembayaran dengan klik bagian bawah, jenis kendaraan yang akan Sobat pesan. Grab menyediakan 3 pilihan metode pembayaran yakni cash, kartu kredit, dan Ovo.

8. Apabila Sobat memiliki kode promo, masukkan pada kolom di samping jenis metode pembayaran.

9. Apabila Sobat ingin memberikan komentar atau masukkan untuk driver seperti nomor rumah, dan lain sebagainya, Sobat bisa memasukkan pada kolom Notes to Driver.

10. Apabila telah sesuai, pilih tombol Book/Pesan, maka aplikasi akan segera mencari driver terdekat dari Sobat.

11. Apabila aplikasi Grab telah mendapatkan driver, aplikasi akan menampilakan informasi profil driver tersebut secara detail mulai dari nomor kendaraan, foto driver, hingga nomor telepon driver.

12. Lalu hubungi pengemudi untuk memastikan bahwa pesanan yang Sobat buat sudah dipahami oleh driver.

Sobat bisa memantau posisi dan jumlah driver Grbcar melalui aplikasi, sehingga Sobat dapat memperkirakan waktu dan jarak tempuh driver yang akan menjemput Sobat. Apabia jumlah driver di wilayah soobat sedikit, biasanya cukup sulit untuk memesan dan memerlukan waktu yang relatif lama untuk sampai di titik lokasi penjemputan

Perbedaan GrabCar dan GrabTaxi


Untuk layanan moda transportasi kendaraan roda empat di grab terdapat dua jenis layanan, yaitu GrabCar dan GrabTaxi. Lalu apa perbedaan dari kedua layanan tersebut? Untuk GrabCar dalam layanannya menggunakan kendaraan pribadi ber plat hitam. Sedangkan GrabTaxi merupakan layanan booking taksi yang dioperasikan melalui platform online yang memakai sistem afiliasi dengan jaringan taksi konvensional. Oleh sebab itu, apabila jenis layanan yang Sobat order adalah GrabTaxi, maka sistem Grab akan meneruskan kepada driver taksi konvensional terdekat dengan plat kuning.

Perbedaan berikutnya berada pada tarif. Untuk tarif GrabCar relatif lebih murah karena layanan ini tidak dikenakan pajak dan argonya yang flat. Hal ini berarti apabila kondisi jalanan macet, maka tarif pun akan sama saja. Jauh beda dengan GrabTaxi yang masih memakai sistem perhitungan argo. Sobat tak perlu repot tawar-menawar tarif taksi sebab di dalam aplikasi Grab sudah tercantum estimasi perhitungan argo lengkap dengan perhitungan jarak dan waktu tempuh.


Tarif GrabCar


Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, tentang tarif antara GrabCar , taksi konvensional dan Uber, tentu memiliki perbedaan. Untuk tarif taksi konvensional adalah dengan memakai argo konvensional, di mana apabila perjalanan yang Sobat tempuh mengalami kemacetan serta jauh, maka tarif akan semakin mahal. Jauh beda halnya dengan Uber yang tarif argonya telah ditentukan berdasarkan jarak tempuhnya sehingga walaupun terjadi kemacetan tarif tetap tidakberubah.

Khusus untuk Uber harga tarif yang tertera d aplikasi adalah harga estimasi, berbeda dengan tarif untuk GrabCar yang telah dtentukan oleh aplikator secara flat. Oleh sebab itu apabila Sobat memakai layanan GrabCar, Sobat tidak diperkenankan meminta driver untuk mengantar Sobat ke selain tempat tujuan yang telah dipesan pada aplikasi., sedangkan Uber masih memungkinkan Sobat untuk meminta  drop-off di manapun karena argo masih tetap berjalan.

Uber terkadang juga menerapkan baya pembatalan jika sudah melewati jarak tertentu, sedangkan GrabCar tidak menerapkannya, GrabCar menerapkan sistem pinalti jika pesanan dibatalkan oleh customer. Namun, untuk etikanya sebaiknya apabila sobat membatalkan pesanan segera hubungi driver.

Selain produk layanan Grabcar, perusahaan Grab juga memiliki produk layanan GrabBike. Layanan GrabBike sangat cocok bagi Sobat yang memiliki mobilitas tinggi untuk menghindari kemacetan di jalanan. Cara pesan layanan GrabBke sangat mudah, berikut adalah langkah-langkahya:

1. Sama seperti GrabCar, layanan GrabBike juga hanya bisa digunakan melalui aplikasi Grab. Jadi sebelum Sobat booking, pastikan Sobat telah memiliki aplikasi Grab dan daftarkan diri Sobat sebagai user

2. Setelah proses pendaftaran user selesai, Sobat akan dibawa ke menu layanan utama Grab. Untuk menggunakan layanan GrabBike pilih menu dengan gambar motor dan bertuliskan “Bike”.

3. Langkah selanjutnya Sobat harus menentukan titik penjemputan dengan klik di kolom alamat pick up. Pilih alamat sesuai yang ingin Sobat tentukan.

4. Selanjutnya pilih lokasi drop-off . Pastikan pula lokasi drop-off tersebut tidak terlalu jauh dari titik tujuan Sobat.

5. Setelah Sobat memasukkan lokasi tujuan, Sobat dapat memilih metode pembayaran. Sobat dapat memilih tiga metode pembayaran, yakni ovo, cash, dan kartu kredit. Selanjutnya jika Sobat memiliki kode promo, masukkan di kolom promo room. Jika Sobat memiliki note untuk driver, masukan pada kolom option dan input note tersebut pada kolom “Note to Driver”, kemudian tekan tombol confirm untuk menyetujui notes

6. Apabila  Sobat sudah mengecek alamat yang dimasukkan dan sesuai dengan titik tujuan perjalanan, Sobat dapat menekan tombol Book atau Pesan. Selain tombol Pesan juga terdapat tombol Grab Now yang bisa dipakai untuk booking driver yang berada di dekat Sobat, sehingga Sobat tak usah menunggu terlalu lama untuk mendapatkan driver.

7. Diharapkan untuk selalu di perhatikan jika Sobat berniat membatalkan pesanan /booking supaya segera menelpon driver. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi driver yang telah terlanjur menuju ke titik penjemputan.

Grab Delivery


Kalau Gojek punya layanan Go-send, maka Grab juga mempunyai layanan yang sejenis yang bernama GrabDelivery atau Grab Express. Apa itu layanan GrabDelivery atau Grab Express? Layanan GrabDelivery atau GrabExpress yaitu layanan pengantaran atau pengiriman barang dengan motor. Jadi jika Sobat mau mengirimkan barang ke suatu alamat, Sobat bisa menggunakan jasa layanan yang satu ini. 

Lalu bagaimana cara pesan layanan GrabDelivery? Berikut adalah langkah-langkah cara pesan GrabDelivery silakan disimak:

1. Apabila Sobat telah memiliki aplikasi Grab, Sobat cukup masuk ke aplikasi Grab lalu pilih menu Delivery.

2. Prinsipnya sama seperti ketika pesan ojek online, Sobat cukup memasukkan alamat pengambilan / pick up barang dan input alamat yang dituju.

3. Apabila Sobat ingin menambahkan catatan khusus tentang barang yang akan dikirim Sobat dapat menginputnya pada bagian note.

4. Apabila alamat tujuan dan alamat pick-up barang telah sesuai dengan pengiriman barang Sobat, pilih tombol Book/Pesan.

5. Apabila pemesanan telah mendapatkan driver yang akan mengirimkan barang Anda, aplikasi akan memunculkan informasi tentang driver.

6. Untuk sistem pembayaran Grab Delivery, Sobat bisa menggunakan dengan cara cash maupun kartu kredit atau Ovo.

Grab Groceries


Baru-baru ini Grab telah bekerjasama dengan HappyFresh menyediakan layanan yang bernama Grab Groceries. Apa itu layanan Grab Groceries? Layanan Grab Goceries adalah layanan bantuan untuk membelikan barang-barang kebutuhan di supermarket yang telah bermitra dengan HappyFresh.

Banyak sekali merchant atau supermarket yang telah bekerjasama dengan HappyFresh, beberapa di antaranya adalah Grand Lucky, Farmers Market, The Food Hall, Lotte Mart, Carrefour, Ranch Market,  Dapur Cokelat, Indoguna Meat Shop, Bonjour Bakery, Groovy Pet, Red & White Wine, SuperIndo, Tuku Tuku Natural, Colette Lola, hingga Papaya Fresh Gallery.

Lalu bagaimanakah cara untuk menggunakan layanan Grab Goceries? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke dalam aplikasi Grab, lalu pilih menu Groceries.

2. Setelah masuk ke menu Groceries, kemudian masukkan alamat yang akan dituju.

3. Setelah alamat telah Sobat masukkan, pilih outlet atau mercant yang telah bekerja sama dengan HappyFresh dan Sobat bisa juga menentukan sesuai kebutuhan. Contoh, umpama Sobat memilih SuperIndo, maka secara otomatis aplikasi akan menunjuk SuperIndo yang terdekat dengan titik drop-off

4. Setelah memilih outlet, mercant atau supermarket, selanjutnya Sobat akan masuk ke dalam halaman belanja, di halaman belanja ini tersedia beberapa kategori sesuai kebutuhan Sobat. Beberapa kategori tersebut di antaranya adalah Dairy & Eggs, Pantry, Dry & Canned Goods, Fresh Product, Meat & Seafood, Beverages, dan masih banyak lagi.

5. Setelah Sobat pilih kategori barang, Sobat dapat membeli jenis produk yang akan Sobat pesan. Input jumlah barang yang akan Sobat pesan sesuai kebutuhan Sobat. Apabila jumlahnya telah sesuai yang diinginkan, Sobat dapat segera memproses pembelian dengan klik tombol Checkout.

6. Tunggu prosesnya beberapa lama, maka barang yang Sobat order pun akan dikirim dengan menggunakan jasa kurir Grab. Apabila barang belanjaan Sobat banyak, maka orderan Sobat akan dipacking dengan menggunakan kardus yang tentunya lebih aman dan rapi.

Grab Pulsa


Grab sekarang ini juga tah meluncurkan produk fitur terbarunya yaitu layanan Grab Pulsa. Apa itu layanan Grab Pulsa? Layanan Grab Pulsa adalah layanan untuk mengisi saldo pulsa dan paket data di manapun dan kapanpun. Dengan menggunakan fitur Grab Pulsa Sobat tidak perlu khawatir lagi kehabisan pulsa dan paket data, meskipun jauh dari tempat counter penjualan pulsa atau paket data.

Untuk jumah pilihan pengisian pulsa pada apikasi Grab terdri dari nominal Rp 25.000, Rp 30.000, Rp 50.000, Rp 100.000 sampai Rp. 200.000. Untuk paket datanya juga tersedia cukup lengkap sebagaimana paket data yang dijual di counter-counter penjualan  pulsa dan paket data.

Lalu bagaimanakah cara membeli atau mengisi pulsa dan paket data melalui fitur Grab Pulsa? Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Grab, lalu pilih menu Pulsa.

2. Pada fitur layanan Grab Pulsa tersedia kolom untuk input nomor tujuan yang akan diisi pulsa maupun yang akan diisi paket data. Apabila nomor yang Sobat gunakan dalam aplikasi akan Sobat isi pulsa, maka Sobat tak perlu menginput kembali. Namun, apabila yang akan Sobat isi pulsa adalah nomor lain, maka Sobat harus input manual.

3. Fitur layanan  Grab Pulsa pada apikasi Grab secara otomatis akan mengidentifikasi operator yang digunakan oleh nomor yang diinput. Hal ini sangat bermanfaat untuk Sobat yang ingin mengisi paket data karena setiap operator memiliki paket data yang berbeda-beda.

4. Lalu pilih nominal pulsa yang akan Sobat isi. Apabila Sobat ingin membeli paket data, pilih paket data sesuai kebutuhan Sobat. Kemudian klik “Proceed to Pay”

5. Khusus untuk pembelian pulsa ataupun paket data pada aplikasi Grab hanya dapat menggunakan metode pembayaran dengan Ovo. Jadi isi selalu saldo Ovo Sobat agar mencukupi.

6. Apabila saldo Ovo Sobat telah mencukupi, selanjutnya tekan tombol “Pay” untuk melanjutkan pembelian pulsa ataupun paket data Sobat.

7. Tunggulah prosesnya beberapa lama, maka pulsa atau paket data yang Sobat beli pun akan segera masuk.

Nah, itulah Sobat langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi Grab beserta fitur-fiturnya, semoga bermanfaat.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar