Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama Kehamilan

Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama Kehamilan

Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama Kehamilan
Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama KehamilanAjarnulis.com--Halo Bunda, banyak Bunda yang menanyakan dan mencari informasi tentang Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama Kehamilan, makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil, makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan, makanan ibu hamil muda agar anak cerdas, makanan yang dilarang untuk ibu hamil, makanan untuk ibu hamil 3 bulan, makanan sehat ibu hamil trimester pertama, makanan sehat ibu hamil 4 bulan, makanan sehat untuk ibu hamil 2 bulan dan sebagainya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan bagikan informasi tentang Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama Kehamilan, semoga bermanfaat.

Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama Kehamilan

Memilih tempat melahirkan

Melahirkan adalah satu momen berharga bagi anda dan keluarga
Untuk melancarkan proses persalinan pemilihan rumah sakit juga berpengaruh. lebih baik jika anda dan suami sudah memutuskan akan melahirkan di mana. Konsultasikan dengan bidan atau dokter Anda. Berikut beberapa tips dalam memilih tempat melahirkan:

  1. Seberapa jauh rumah sakit dari rumah anda
  2. Budget untuk melahirkan, ada banyak komponen yang bisa anda pertimbangkan dalam memilih rumah sakit, seperti biaya persalinan dan biaya kamar (dengan fasilitasnya).
  3. Ketersediaan dokter spesialis kandungan atau bidan yang profesional.
  4. Kecocokan antara dokter dan ibu.
  5. Ketersediaan NICU (  neonatal intensive care unit)
  6. Fasilitas Rumah Sakit
  7. Cek ketersediaan provider asuransi Anda pada rumah sakit yang Anda pilih.

Makanan dan minuman yang aman selama kehamilan

Berapa banyak yang harus dimakan dan  minum setiap hari?

Anda bisa makan lebih banyak dari biasanya tetapi tetap dibatasi. Hindari konsumsi junk food dan perbanyak makanan sehat.

Apa sajakah nutrisi yang penting saat kehamilan?

Protein, zat besi, dan kalsium adalah 3 nutrisi penting untuk menjaga perkembangan bayi anda tetap sehat.

Tips

1. Banyak makan pisang sebagai sumber vitamin B yang penting untuk perkembangan sistem saraf bayi.

2. Pastikan anda sudah memberitahukan tempat kerja atau rekan kerja Anda kapan akan cuti melahirkan.

3. Jangan lupa Anda membutuhkan surat dari dokter jika melakukan penerbangan setelah usia kandungan 27 minggu.

Kehamilan yang sehat, ibu yang sehat

Berikut beberapa langkah untuk kehamilan yang lebih sehat:
  1. Pilihlah dokter ahli kandungan untuk memulai konsultasi antenatal.
  2. Makan makanan sehat seimbang dengan banyak buah dan sayuran.
  3. Berhati-hati dalam kebersihan makanan cuci buah dan sayuran secara menyeluruh.
  4. Konsumsi suplemen asam folat 400 mcg perhari.
  5. Olahraga secara teratur. Berenang, berjalan kaki ringan dan yoga adalah olahraga yang baik saat masa kehamilan.
  6. Memulai pelvic floor exercise.
  7. Mengurangi konsumsi kafein, tidak lebih dari 2 gelas perhari
  8. Memperbanyak istirahat.
  9. Konsumsi makanan yang mengandung:
Protein

Konsumsi protein 71 gram per hari.Daging tanpa lemak sama telur produk susu, serta kacang-kacangan, dan produk kacang kedelai seperti tahu adalah sumber protein yang baik. Ikan adalah sumber protein yang baik juga tetapi karena dikhawatirkan kontaminasi sebaiknya batasi konsumsinya.

Zat besi

Konsumsi zat besi sebesar 27 mg dapat membantu untuk pencegahan anemia akibat kekurangan zat besi hal yang umum terjadi pada wanita hamil sumber terbaik? Cobalah daging-dagingan, jika anda tidak bisa mengkonsumsi daging maka bayam merupakan pilihan terbaik.

Kalsium

Empat porsi Produk susu dapat membantu mencukupi kebutuhan 1000 mg kalsium per hari. Bayi anda akan membutuhkan kalsium untuk pembentukan gigi dan tulang nya. Jika anda tidak mendapatkan kalsium yang cukup maka bayi anda akan  mengambil kalsium dari tubuh anda dan anda akan kehilangan kalsium yang tersimpan di tulang.

Pentingnya asam folat untuk kehamilan

Jika anda hamil atau sedang dalam merencanakan kehamilan merupakan hal yang penting untuk mendapatkan asam folat yang cukup.

Asam folat dapat membantu mencegah neural tube defects (NTDs)  yaitu kecacatan kelahiran yang serius pada spinal cord (seperti spina bifida) dan pada otak (seperti ancephaly).

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa asam folat membantu menurunkan risiko kecacatan pada bayi seperti bibir sumbing dan kelainan jantung. Asam folat juga membantu menurunkan risiko preeklampsia, yang merupakan penyakit darah tinggi yang dapat menyerang 5% dari wanita hamil. Untuk mencegah kelainan-kelainan tersebut, disarankan untuk mengkonsumsi 400 mikrogram (mcg) asam folat per hari, dimulai dari Anda mulai merencanakan kehamilan.

Berikut beberapa sumber asam folat lainnya yang dapat menambah asupan folat harian ada:

  1. Kacang-kacangan
  2. Alpukat
  3. Sayuran hijau tua seperti brokoli bayam lobak hijau, dan Asparagus.
  4. Buah jeruk dan jus
Bagaimana cara mengontrol berat badan selama kehamilan

Jika badan naik secara cepat ke berapa wanita mengalami kenaikan berat badan dengan cepat. Pada wanita hamil tidak dianjurkan untuk diet rendah kalori sebaiknya ikuti tips berikut untuk membantu Anda memperlambat kenaikan berat badan:

1. Awali hari Anda dengan sarapan bernutrisi dengan protein yang cukup, karbohidrat kompleks, serat dan lemak yang sehat dalam jumlah sedikit.

2. Konsumsi sayur-sayuran gandum, daging, dan produk susu rendah lemak, dan Hindari makanan olahan makanan ringan, dan makanan manis.

3. Tetap sehat dengan menyediakan makanan ringan yang sehat seperti keju, plain yoghurt dan buah-buahan.

4. Alternatif makanan lain misalnya mengganti es krim dengan plain yogurt, bagel daripada donat atau popcorn dibandingkan potato chips.

5. Minum air putih, hindari minuman manis atau bersoda.

6. Konsultasikan dengan dokter Anda Apakah Anda boleh berolahraga. 20 menit berjalan kaki ringan setiap harinya dapat memberikan perubahan.

Nah itulah Bunda informasi tentang Tips memilih Tempat Kelahiran dan Makanan selama Kehamilan, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.