Tips Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil

Tips Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil

Tips Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil
Ajarnulis.com-Tips Posisi Tidur Bagi Ibu Hamil
Tips posisi tidur bagi ibu hamil
Jika Anda biasa tidur telentang, pada trimester pertama masih aman untuk melakukan hal tersebut. Tapi saat uterus Anda mulai Bertambah berat di usia pertengahan kehamilan, sebaiknya Anda mulai mencari posisi tidur lain yang nyaman.

Saat Anda pada posisi tidur telentang berat dari uterus anda akan menekan Vena utama yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung. Berbaring dengan posisi terlentang dalam waktu yang lama dapat menyebabkan Anda pusing. Hal ini juga dapat mempengaruhi aliran darah dan nutrisi ke plasenta dan berpengaruh pada perkembangan bayi.

Hal ini dapat menjadi masalah jika anda memiliki kondisi seperti tekanan darah tinggi atau diabetes yang mempengaruhi Berapa banyak oksigen dan nutrisi yang akan didapatkan bayi anda. Mulailah untuk tidur dalam posisi miring atau duduk dengan penyangga. Jika anda tidur dengan posisi menyamping, Letakkan bantal di antara kaki Anda juga dapat membantu tidur anda menjadi lebih nyaman. Jika anda tidur dalam posisi menyamping dan terbangun dalam posisi telentang, jangan panik karena hal ini sering terjadi, Ubahlah posisi anda dan kembalilah tidur.

Penyangga punggung dan perut

Gunakan bantal untuk menyangga dapat menjadikan tidur anda lebih nyenyak. Menyelipkan bantal di antara lutut

Untuk heartburn

Jika anda sering mengalami heartburn bereksperimen dengan bantal tambahan untuk menyangga kepala anda selama tidur.

Susu hangat

Minumlah segelas susu hangat sebelum tidur agar cepat mengantuk. Banyak ahli yang percaya jika amino acid L-tryptophan (salah satunya ditemukan di susu) dapat menjadikan cepat mengantuk dengan meningkatkan serotonin.

Snack berprotein

Jika mengalami mimpi buruk sakit kepala atau berkeringat saat tidur, anda mungkin mengalami darah rendah. Cobalah snack berprotein tinggi sebelum Anda tidur untuk menjaga kadar gula anda tetap tinggi pada saat puasa. Pilihlah snack berprotein yang baik Misalnya telur atau selai kacang.

Anda mungkin dapat terkejut dengan perubahan yang terjadi:

Anda dapat mulai mendengkur

Untuk pertama kalinya dalam hidup anda, Hal ini karena estrogen. Hormon berkontribusi dalam pembongkaran selaput lendir pada hidung yang dapat menyebabkan hidung anda lebih berlendir. Yang dapat anda lakukan tidur miring dan tinggikan posisi anda sedikit.

Kram kaki seringkali membuat anda terbangun dari tidur. Yang dapat anda lakukan hilangkan kram dengan meluruskan kaki Anda, pada tumit dahulu dan perlahan-lahan sedangkan jari-jari kaki Anda atau berjalan-jalan selama beberapa menit.

Anda menjadi kepanasan dan berkeringat pada malam hari. Ini hal yang sering terjadi pada wanita hamil merasa lebih panas dibandingkan biasanya. Hal ini karena perubahan metabolisme hormon, dan berat badan.

Tips agar tidur nyaman

Gunakan pakaian tidur yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun. Hindari kain sintetis, yang menahan keringat sehingga menjadikan Anda basah dan kedinginan.



Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.