Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada saat Hamil

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada saat Hamil

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada saat Hamil
Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada saat Hamil-Ajarnulis.com-Halo Bunda, banyak Bunda yang menanyakan dan mencari informasi tentang cara mengatasi sakit punggung saat hamil, sakit punggung saat hamil muda, sakit punggung saat hamil 5 bulan, sakit punggung sebelah kanan pada ibu hamil, sakit punggung sebelah kanan saat hamil muda, sakit punggung saat hamil 4 bulan, sakit punggung saat hamil 8 bulan, sakit punggung saat hamil 2 bulan dan sebagainya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan bagikan informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada saat Hamil , semoga bermanfaat.

Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada saat Hamil

Penyebab nyeri punggung pada saat kehamilan

Uterus yang terus berkembang mengakibatkan perubahan pusat gravitasi di tubuh anda dan juga merenggangkan dan melemahkan otot perut tanda, mempengaruhi postur dan membebani punggung. Hal ini juga dapat menyebabkan nyeri punggung jika menekan saraf tertentu ditambah lagi, beban tambahan itu meningkatkan tekanan pada otot.

Pada saat bersamaan perubahan hormonal pada kehamilan melonggarkan persendian dan mengendurkan ligamen yang melekatkan tulang panggul dan tulang belakang ada. Hal ini yang dapat menyebabkan anda tidak stabil dan menyebabkan nyeri pada saat Anda berjalan, berdiri, duduk, pada waktu yang lama, berguling di tempat tidur, bangun dari duduk, membungkuk ataupun saat mengangkat barang.

Apa yang dapat dilakukan untuk meredakan nyeri punggung?

Olahraga

Anda mungkin merasa ingin beristirahat di tempat tidur dibandingkan berolahraga saat punggung terasa nyeri. Istirahat di tempat tidur malah tidak membantu bahkan membuatnya semakin buruk di olahraga adalah yang sebetulnya anda butuhkan.
  • Angkat beban untuk meregangkan otot yang menopang punggung dan kaki Anda termasuk otot abdominal.
  • Latihan  peregangan untuk meningkatkan fleksibilitas pada otot yang menopang punggung dan kaki. Berhati-hatilah pada peregangan, jangan terlalu cepat dan terlalu banyak sehingga dapat menambah nyeri pada otot.
  • Berenang adalah olahraga yang baik untuk wanita hamil karena memperkuat otot perut dan punggung bawah, dan gaya apung air dapat meredakan ketegangan pada otot dan ligamen anda.
  • Berjalan kaki adalah salah satu cara mudah untuk berolahraga dan dapat dilakukan di sela-sela kegiatan harian Anda.
  • Olahraga panggul dapat meringankan nyeri pinggang dengan meregangkan dan menguatkan otot.
Perhatikan postur anda
  • Berdiri tegak. Hal ini semakin sulit dilakukan saat tubuh anda sedang berubah tetapi usahakan agar selalu tegak.
  • Jika Anda duduk hampir seharian, usahakan agar selalu duduk dengan tegak. Topang kaki anda dengan penyangga Dan juga anda dapat menggunakan bantal kecil di belakang punggung ada.
  • Hindari untuk berdiri terlalu lama.
  • Hindari gerakan yang memperparah nyeri.Jika anda mengalami nyeri punggung, batasi aktivitas berat seperti naik turun tangga.
  • Gunakan sepatu yang nyaman.
  • Jika anda akan mengangkat barang selalu mulai dari posisi berjongkok Mintalah bantuan orang lain untuk mengangkat barang yang berat ataupun mengambil barang yang tinggi.
  • Berhati-hati Saat bangun dari tempat tidur, tekuk kaki di lutut dan pinggul saat Anda berguling ke samping dan gunakan lengan anda untuk mendorong diri Anda dengan kaki bagian bawah di sisi tempat tidur.
  • Untuk mendapatkan tidur yang nyenyak cobalah tidur pada saat posisi dengan lutut menekuk dan bantal di antara kaki.
Nah itulah Bunda informasi tentang Penyebab dan Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada saat Hamil, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.