Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari

Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari


Cara Agar Bayi Tidur Nyenyak pada Malam Hari

Ajarnulis.com-Cara agar bayi tidur nyenyak pada malam hari
Dampak tidur yang terganggu atau kurang tidur bagi anda dan bayi
Tidur dan istirahat yang cukup penting untuk perkembangan sosial kognitif dan fisik anak. Tidur belajar, suasana hati, penampilan, dan kesehatan sangat terkait satu sama lain.
Tidur malam yang tidak cukup pada bayi dapat menyebabkan:
  • Rasa mengantuk berlebihan di siang hari
  • Rewel
  • Masalah perkembangan dalam hal belajar dan ingatan
  • Perubahan perilaku seperti menjadi agresif dan hiperaktif
  • Cedera yang tidak disengaja
  • Gangguan fungsi pertahanan tubuh dan metabolisme
Tidur yang kurang pada bayi juga dapat menyebabkan dampak merugikan pada orang tua seperti:
  • Frustasi dan stress
  • Depresi pada ibu
  • Kegiatan keluarga terganggu
3 langkah rutin menjelang tidur

3 langkah rutin menjelang tidur terdiri dari mandi air hangat, pijatan lembut, dan kegiatan waktu tentang menjelang tidur.

3 langkah rutin menjelang tidur terbukti secara klinis untuk:
  • Membantu bayi tertidur lebih cepat
  • Mengurangi jumlah dan lamanya terbangun di malam hari
  • Meningkatkan lamanya tidur nyenyak

Baby oil dapat digunakan untuk melakukan pemijatan Sebelum mandi kemudian mandikan bayi setelah pemijatan dengan air hangat, bila bayi masih di rumah sakit atau bila pemijatan dilakukan di malam hari, maka bayi cukup diseka. sedangkan baby lotion dapat digunakan untuk melakukan pemijatan setelah mandi.

Memperbaiki tidur bayi


Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu bayi tidur.
  • Waktu tidur menjelang jam 09.00 malam
  • Mengajari bayi untuk tidur sendiri dengan Cara meletakkan bayi di tempat tidur dalam keadaan mengantuk tapi belum tertidur, agar ia dapat belajar untuk tertidur sendiri.
  • Rutinitas pengantar tidur yang teratur dan konsisten seperti pijat dan waktu tentang.
Langkah 1

Mandi air hangat

Mandi atau seka air hangat dan sentuhan Anda yang menyenangkan akan membantu bayi rileks dan pulih dari kelelahan bermain dalam sehari

Langkah 2

Pijatan lembut

Pitcher adalah cara yang baik untuk menenangkan bayi. Kegiatan ini juga merupakan cara yang menyenangkan dengan bayi Anda. Setelah mengeringkan tubuh dan sebelum memakaikan baju tidur, tuangkan minyak atau lotion bayi ke telapak tangan anda dan cobalah melakukan pijatan lembut.

Yang dapat Anda lakukan

Tidak ada peraturan khusus untuk memijat bayi selama anda mengetahui cara melakukannya dengan aman ingatlah untuk mengamati isyarat dari bayi untuk mengenali apa yang terbaik untuknya.

Langkah 3

Setelah mengeringkan tubuh dan sebelum memakaikan baju tidur, tuangkan minyak atau lotion bayi ke telapak tangan anda dan cobalah melakukan pijatan lembut. Yang dapat anda lakukan untuk memastikan tidur malam yang baik, waktu tentang sebaiknya tidak lebih dari 20 menit.

Baca Juga: Perawatan Ibu Pasca Melahirkan atau Nifas

Berbagai manfaat pijat bayi

Sentuhan bermanfaat bagi bayi juga orang tua. Bayi yang baru lahir menyukai sentuhan lembut karena menenangkan untuknya, membantu mereka untuk tidur dan meningkatkan kesejahteraan fisik dan mentalnya.

Manfaat fisik
  • Meningkatkan pencernaan dan penyerapan bayi.
  • Pijat memicu saraf vagus stimulasi pelepasan hormon saluran pencernaan atau GI.
  • Meningkatkan kualitas dan durasi tidur.
  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pijat selama 30 menit pada malam hari Selama 2 minggu membantu bayi menyesuaikan diri pada siklus aktivitas istirahatnya. Bayi di penelitian tersebut juga memiliki produksi melatonin noktural yang lebih tinggi.
Manfaat emosional
  • Lebih sosial.
  • Bayi yang dipijat lebih sering menyapa orang dengan kontak mata ke mata hanya menggapai, tersenyum, dan mengeluarkan suara.
  • Sentuhan dapat mengurangi keresahan bayi
  • Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pijat dengan menggunakan minyak memiliki efek menenangkan yang lebih besar dibandingkan tanpa menggunakan minyak.
Orang tua juga dapat mencoba memijat dengan menggunakan lotion.

Baca Juga: Cara Menjaga Bayi Tetap Hangat Metode Kanguru

Tips untuk meningkatkan hubungan yang lebih kuat antara ibu dan anak


Secara intuisi semua orang tahu bahwa hubungan kedekatan adalah hal yang paling baik dengan hasil yang dapat seketika dirasakan: koneksi kuat, penuh kasih sayang dengan bayi.

Tapi efek dari hubungan kedekatan ini terasa lebih luas, mendatangkan berbagai manfaat bagi bayi titip yang berdampak langsung maupun bagi masa depannya.

Tips 1

Keluarkan suara bayi lebih sering

Semakin sering bayi mengeluarkan suara cegukan, berceloteh, cekikikan dan tertawa, pertumbuhan emosional bayi semakin besar. Dan sentuhan ibu dapat membantu mengeluarkan suara-suara kecil tersebut lebih sering.

Tips 2

Lakukan kontak mata

Pada umumnya bagi orang dewasa, dalam budaya apapun, kontak mata adalah tanda kepastian dan interaksi. Saat hubungan antara Ibu dan bayi berkembang, ibu akan menyadari bahwa bayi memandangnya lebih sering, hal ini adalah tanda bahwa kepercayaan pada Ibu semakin bertumbuh.

Tips 3

Sering-sering mengadakan kontak fisik

Bayi mudah bertahan hidup dari kasih sayang, khususnya sentuhan. Bahkan, dalam mencintai bayi, tidak pernah ada kata cukup. Hal ini berarti:

Menggendong bayi lebih sering dan mengelus-elus punggung bayi untuk menenangkannya.

Menidurkan bayi di atas dada Ibu agar bayi dapat merasakan detak jantung Ibu.

Berada di dekat bayi dan menciptakan lingkungan yang aman dan hangat.

Tips 4

Rutinitas dan repetisi

Bayi mempelajari segala hal di dunia sekitarnya untuk pertama kali karenanya kebutuhan akan stimulasi tidak pernah ada habisnya. Pola dan rutinitas membantu bayi memproses informasi dan memberikan perasaan aman berada di dalam lingkungan baru, yang sangat penting bagi pertumbuhan bayi.

Baca Juga: Cara Menjaga Bayi Tetap Hangat Metode Kanguru

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar