Apa itu Diabetes?

Apa itu Diabetes?



Apa itu Diabetes?

Diabetes adalah penyakit yang terjadi ketika glukosa darah Anda, juga disebut gula darah, terlalu tinggi. Glukosa darah adalah sumber energi utama Anda dan berasal dari makanan yang Anda makan. Insulin, hormon yang dibuat oleh pankreas, membantu glukosa dari makanan masuk ke sel Anda untuk digunakan untuk energi. Kadang-kadang tubuh Anda tidak cukup — atau ada — insulin atau tidak menggunakan insulin dengan baik. Glukosa akan tetap berada di darah Anda dan tidak mencapai sel Anda.

Seiring waktu, terlalu banyak glukosa dalam darah Anda dapat menyebabkan masalah kesehatan. Meskipun diabetes tidak dapat disembuhkan, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengelola diabetes dan tetap sehat.

Kadang-kadang orang menyebut diabetes sebagai “penyakit gula” atau “diabetes batas”. Istilah-istilah ini menunjukkan bahwa seseorang tidak benar-benar menderita diabetes atau memiliki kasus yang kurang serius, tetapi setiap kasus diabetes serius.

Apa saja jenis diabetes?
Jenis diabetes yang paling umum adalah tipe 1, tipe 2, dan diabetes gestasional.

Diabetes tipe 1

Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak membuat insulin. Sistem kekebalan tubuh Anda menyerang dan menghancurkan sel-sel di pankreas Anda yang membuat insulin. Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis pada anak-anak dan dewasa muda, meskipun dapat muncul pada usia berapa pun. Penderita diabetes tipe 1 perlu mengambil insulin setiap hari untuk tetap hidup.

Diabetes tipe 2

Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak membuat atau menggunakan insulin dengan baik. Anda dapat mengembangkan diabetes tipe 2 pada usia berapa pun, bahkan selama masa kanak-kanak. Namun, jenis diabetes ini paling sering terjadi pada orang setengah baya dan yang lebih tua. Tipe 2 adalah tipe diabetes yang paling umum.

Gestational diabetes

Gestational diabetes berkembang di beberapa wanita ketika mereka hamil. Sebagian besar waktu, diabetes jenis ini hilang setelah bayi lahir. Namun, jika Anda memiliki diabetes gestasional, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan diabetes tipe 2 di kemudian hari. Kadang-kadang diabetes didiagnosis selama kehamilan sebenarnya adalah diabetes tipe 2.

Jenis diabetes lainnya

Jenis yang kurang umum termasuk diabetes monogenik, yang merupakan bentuk diabetes yang diwariskan, dan diabetes yang berhubungan dengan cystic fibrosis.

Seberapa umum diabetes?

Pada 2015, 30,3 juta orang di Amerika Serikat, atau 9,4 persen dari populasi, menderita diabetes. Lebih dari 1 dari 4 orang tidak tahu bahwa mereka mengidap penyakit itu. Diabetes mempengaruhi 1 dari 4 orang di atas usia 65 tahun. Sekitar 90-95 persen kasus pada orang dewasa adalah diabetes tipe 2. 1

Siapa yang lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2?
Anda lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 jika Anda berusia 45 atau lebih tua, memiliki riwayat keluarga diabetes, atau kelebihan berat badan. Ketidakaktifan fisik, ras, dan masalah-masalah kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi juga mempengaruhi kesempatan Anda mengembangkan diabetes tipe 2. Anda juga lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 2 jika Anda memiliki pradiabetes atau memiliki diabetes gestasional ketika Anda hamil. Pelajari lebih lanjut tentang faktor risiko diabetes tipe 2.

Masalah kesehatan apa yang bisa diderita oleh penderita diabetes?
Seiring waktu, glukosa darah tinggi menyebabkan masalah seperti


  1. penyakit jantung
  2. pukulan
  3. penyakit ginjal
  4. masalah mata
  5. penyakit gigi
  6. kerusakan saraf
  7. masalah kaki


Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk menurunkan peluang Anda mengembangkan masalah-masalah kesehatan terkait diabetes ini.

Referensi
[1] Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. Laporan statistik diabetes nasional, 2017. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit website. www.cdc.gov/diabetes/pdfs/data/statistics/national-diabetes-statistics-report.pdf (PDF, 1.3 MB). Diperbarui Juli, 18 2017. Diakses 1 Agustus 2017.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.