-->
Penggunaan Besi UNP dalam Konstruksi Besar

Penggunaan Besi UNP dalam Konstruksi Besar


Proyek pembuatan fasilitas umum membutuhkan bahan atau material yang terbaik di kelasnya agar hasilnya awet dan bisa dimanfaatkan maksimal sesuai dengan tujuan. Sebagai contoh adalah pada pembangunan rumah sakit, jembatan, terminal dan fasilitas umum lainnya. Menggunakan material terbaik dengan kualitas yang sudah teruji menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah penggunaan besi UNP sebagai penopang atap maupun penopang dinding pada proyek konstruksi.

 


Besi yang memiliki bentuk mirip dengan huruf U ini juga sering disebut sebagai besi Ukanal U atau channel U. Bentuknya yang memiliki lekukan memungkinkan untuk dijadikan material pada pembuatan saluran air. Selain itu kanal U juga kerap dipakai untuk penopang atap dan dinding. Luasnya penggunaan kanal U di dalam proyek konstruksi bukan hanya karena bentuknya namun juga karena dibuat dari baja kuat yang sudah dikenal keawetannya melawan cuaca. Kanal U dari baja juga tahan terhadap rayap sehingga lebih baik dipakai dibandingkan kayu untuk kebutuhan atap.

 


Berikut ini adalah pemanfaatan kanal U untuk konstruksi:


 

  • Sebagai penopang jembatan kecil seperti jembatan di atas selokan besar atau sungai.
  • Sebagai penutup dinding agar lebih kuat.
  • Sebagai penutup atap.
  • Bagian dari rangka batang.
  • Bisa digunakan untuk saluran air pada irigasi pertanian.

 


Sama seperti material lainnya, pemanfaatan kanal U juga bisa disesuaikan dengan ukurannya. Kanal U memiliki banyak pilihan ketebalan, panjang baja, ukuran kaki, lebar punggung hingga bobot 1 batang. Semakin banyak atau berat material yang ditopang, sebaiknya menggunakan kanal U yang semakin tebal. Sedangkan untuk ukuran punggung dan kaki, bisa disesuaikan dengan penggunaan material lainnya sehingga pas dalam pengaplikasiannya.

 


Untuk mencari kanal U yang sesuai ukuran dan ketebalannya, Anda bisa mencarinya di PBS Prima Bajaindo Sukses. PBS merupakan distributor besi baja lengkap untuk kebutuhan kecil hingga besar. Di PBS Anda bisa memesan bahan bangunan dalam skala besar sekalipun dengan cara menghubungi nomor WhatsApp atau memesan melalui telepon yang tercantum dalam website resminya. Selain kanal U, Anda juga bisa memesan kanal C, besi wiremess, atap spandek, hingga kawat bronjong dengan berbagai ukuran dan spesifikasi.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar