Inilah Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Bahan Pertimbangan Anda

Inilah Kriteria Asuransi Kesehatan Terbaik untuk Bahan Pertimbangan Anda



Saat ini dunia, khususnya Indonesia tengah bersiap hidup berdampingan dengan Corona atau virus Covid-19. Mau tidak mau, Anda pun harus melakukan berbagai langkah untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi ke depannya. Setidaknya, harus ada persiapan secara finansial untuk menghadapi penyakit dan menjalani perawatan medis. Persiapan tersebut dapat dimulai dengan memilih asuransi kesehatan terbaik dan yang paling tepat untuk Anda.


Karena saat ini sangat banyak pilihan produk asuransi kesehatan di pasaran, Anda harus cermat dalam memilih. Untuk membantu Anda menentukan, berikut kriteria asuransi kesehatan yang terbaik.


1. Memiliki Plafon dan Premi yang Seimbang


Ambillah asuransi kesehatan dengan premi yang sesuai kemampuan Anda. Pastikan premi dan plafonnya seimbang. Idealnya, semakin mahal premi, plafon dan manfaat asuransi juga akan semakin banyak. Besarnya premi juga akan berpengaruh terhadap biaya rumah sakit yang harus Anda tanggung ketika menjalani pengobatan. Jika memilih premi dengan harga murah, tentu Anda harus bersiap membayar kekurangan yang tidak di-cover oleh asuransi.


2. Mengutamakan Rawat Inap


Pahami ketentuan dalam produk asuransi kesehatan Anda termasuk ketentuan rawat jalan dan rawat inap. Pilih asuransi yang menanggung biaya rawat inap karena biayanya di rumah sakit cukup mahal. Utamakan asuransi kesehatan yang menawarkan rawat jalan dan rawat inap.


3. Dapat Menggunakan Sistem Pembayaran Non Tunai


Dalam pembayaran klaim asuransi kesehatan terdapat tiga jenis sistem yaitu cashless atau non tunai, reimbursement, dan santunan. Untuk cashless, sistem akan membayar biaya perawatan menggunakan kartu asuransi kesehatan sedangkan reimbursement peserta asuransi harus membayar dulu kemudian ditagih ke perusahaan asuransi dengan menunjukkan kuitansi. Sementara itu, untuk santunan diberikan dalam bentuk santunan harian selama peserta asuransi dirawat di rumah sakit.


Sistem non tunai akan sangat membantu ketika Anda tidak memiliki uang tetapi harus segera dirawat di rumah sakit. Jadi, Anda tidak perlu membayar dulu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Akan tetapi, sistem ini hanya berlaku di rumah sakit tertentu yang memiliki kerja sama dengan perusahaan asuransi.


4. Memiliki Jaringan Rumah Sakit yang Luas


Banyaknya jaringan rumah sakit yang dimiliki oleh perusahaan asuransi akan memudahkan dalam mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan yang Anda miliki. Sebab, pada rumah sakit yang bekerja sama dengan perusahaan asuransi yang dipilih, Anda dapat menggunakan sistem pembayaran non tunai atau cashless.


5. Memiliki Masa Tunggu Penyakit yang Singkat


Perusahaan asuransi umumnya memiliki masa tunggu sebelum peserta asuransi dapat mengajukan klaim. Pastikan asuransi kesehatan yang Anda pilih mempunyai masa tunggu penyakit yang pendek agar segera dapat memperoleh manfaat perlindungan yang Anda miliki. Sebab, semakin singkat masa tunggunya, Anda akan semakin cepat dapat mengajukan klaim.


6. Tidak Mempunyai Limit bagi Setiap Perawatan


Umumnya asuransi kesehatan mempunyai dua jenis limit yaitu limit setiap perawatan dan limit gabungan semua perawatan. Misalnya, limit gabungan sebesar Rp200 juta setahun atau limit per perawatan berupa perawatan gigi Rp6 juta setahun atau konsultasi Rp10 juta setahun. Asuransi dapat memberlakukan limit pertama, kedua, atau gabungan. Namun, lebih baik Anda memilih asuransi kesehatan yang tidak memiliki limit biaya bagi setiap perawatan.


Nah, setelah mengetahui enam kriteria asuransi kesehatan terbaik di atas, Anda dapat mulai mencari dan membandingkan produk asuransi mana yang paling tepat. Yang Anda harus lakukan selanjutnya adalah membaca setiap ketentuan dengan cermat. Bila masih ragu atau belum paham, konsultasikan dengan agen asuransi Anda.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar