Car Ownership Program: Bagaimana Cara Mengajukan COP?

Car Ownership Program: Bagaimana Cara Mengajukan COP?



Ingin punya kendaraan beroda empat? Munculnya Car Ownership Program menjadi salah satu alternatif mewujudkan impian Anda. Terdapat beberapa tahapan yang bisa diterapkan guna mengikuti program COP ini, tentunya dengan memperhatikan kriteria yang ditetapkan. Lebih lengkapnya, simak rangkuman berikut!


Apa Itu Car Ownership Program?


Pertama-tama, mari kenali terlebih dahulu COP, sejenis program yang menyajikan kepemilikan terhadap kendaraan mobil yang disuguhkan untuk para karyawan dengan kriteria tertentu.


Hadirnya program ini tentu sangat disambut hangat para pekerja kantoran. Namun, tidak semua jenis karyawan bisa mengikuti program menggiurkan ini. Adapun terkait besaran subsidi bergantung pada masing-masing perusahaan terkait.


Program COP menjadi salah satu pengikat perusahaan yang akan membuat karyawannya bertahan lebih lama. Layanan yang satu ini bisa dikatakan sebagai suatu hal yang sangat istimewa untuk para karyawan berkinerja bagus.


Untuk bisa menikmati setiap fasilitasnya, maka baik perusahaan maupun karyawan harus menepatinya bersama. Setiap persyaratan dan aturan yang diberlakukan harus berdasar pada asas mufakat. Berikutnya, baik perusahaan atau karyawan tidak akan merasa dirugikan.


Syarat Mengikuti Car Ownership Program


Seperti yang disinggung sebelumnya, tidak semua jenis karyawan bisa mendapatkan car ownership program. Namun, karyawan yang memenuhi persyaratanlah yang bisa mengikutinya.


Setiap perusahaan akan menentukan syarat tertentu, begitu pun dengan fasilitas dari program. Adapun persyaratannya mencakup:


●   Karyawan yang minimal sudah 3 tahun bekerja.


●   Nilai performa kerja yang memuaskan, misalnya level manajer, supervisor dan yang lainnya.


●   Karyawan tetap suatu perusahaan.


●   Minimal mendapatkan nilai B SMK selama dua tahun terakhir.


●   COP berjangka 5 tahun setara dengan 60 bulan lamanya.


●   Minimal tersedia sisa masa jabatan hingga 5 tahun.


●   Budget untuk kendaraan terbagi dalam tiga kelompok yakni, direktur (450 juta-an), Manajer Umum (350 juta), dan Manajer (250 juta).


Jika kendaraan yang dibeli melebihi budget tersebut, maka ditanggung oleh pihak terkait. Namun, perlu ditegaskan kembali bahwa syarat ataupun ketentuannya bergantung pada kebijakan perusahaan tertentu.


Cara Mengajukan COP


Berikutnya, jika Anda merasa memenuhi kriteria bisa mengajukan Car Ownership Program. Dengan mengajukan diri, maka Anda bisa mengikuti program dan menikmati fasilitas yang disuguhkan.


Bagi Anda yang ingin mengajukan program car ownership harus menerapkan beberapa langkah di bawah ini. Berikut ini tahapan-tahapannya:


1.    Mencari Informasi Terpercaya


Langkah pertama, Anda perlu mencari tahu informasi terkait COP. Pastikan hal ini Anda dapatkan dari sumber dengan kredibilitas yang bagus. Selanjutnya, pahami setiap informasi yang didapatkan.


Untuk melakukan pencarian informasi, Anda bisa menguliknya di perusahaan terkait. Hal ini bisa dimulai dengan ketersediaan program hingga klasifikasi karyawan yang bisa mengikuti program.


2.    Memenuhi Syarat yang Diperlukan


Dari informasi yang didapatkan, Anda tentu tahu syarat yang harus dipenuhi. Anda pun bisa mempersiapkan setiap syarat yang diperlukan. Misalnya, mulai pembuatan surat perjanjian dengan pihak perusahaan.


Dalam surat perjanjian harus merinci setiap hal berupa hak dan juga kewajiban dua pihak. Baik pihak perusahaan dan karyawan harus sepakat dengan perjanjian yang dibuat. Terkait kepemilikan berdasar pada pembelian awal. Untuk pembelian atas nama karyawan, maka sampai program COP berakhir, setiap surat kendaraan akan ditahan perusahaan.


3.    Menentukan Besar Subsidi


Berikutnya, Anda bisa menentukan besar subsidi sesuai dengan kriteria jabatan yang dimiliki. Pada dasarnya, penentuan kuantitas subsidi bergantuk kebijakan suatu perusahaan. Besarannya bisa saja berkisar antara 25 hingga 75 persen.


Penetapan persentase bisa disesuaikan dengan perusahaan masing-masing. Pasalnya, hal ini mengacu pada fasilitas yang disuguhkan COP perusahaan terkait. Anda bisa mencari tahu lebih mendalam di perusahaan yang Anda jajaki.


4.    Memiliki Jangka Waktu


Program COP ini tentu memiliki tenggat waktu. Anda perlu tahu masa COP akan berlangsung berapa lama. Tidak hanya itu, terdapat beberapa kemungkinan lain yang bisa terjadi, misalnya karyawan mengundurkan atau pun meninggal dunia di tengah COP.


Jika kondisi demikian terjadi, maka untuk kepemilikan karyawan, maka biaya subsidi harus diberikan kepada perusahaan. Hal ini berlaku sebaliknya, jika kendaraan akan dimiliki perusahaan, maka biaya harus diberikan pada karyawan terkait.


5.    Memahami Mekanisme Pembelian


Setelah berbagai proses Cop dilewati, Anda bisa mulai memasuki mekanisme pembelian. Pada tahapan ini terdapat dua cara untuk bisa melakukan pembelian kendaraan. Caranya yaitu:


●   Pembelian secara tunai yakni kendaraan dibeli langsung oleh pihak perusahaan dengan mempertimbangkan penawaran dari dealer terkait.


●   Sistem leasing, cara lainnya yang bisa Anda pilih dalam pembelian mobil.


Pastikan untuk mempertimbangkan sematang mungkin setiap penawaran yang diberikan pihak dealer. Dalam hal ini, Anda akan lebih beruntung dan bisa membeli kendaraan dengan langkah yang lebih mudah. Kerja sama antara dealer dan perusahaan akan membuat mekanisme pembelian lebih mudah.


Tidak sampai di situ, Anda juga akan merasakan manfaatnya dalam menikmati layanan purna jual. Anda akan mendapatkan jaminan dalam pemeliharaan kendaraan beroda empat yang didapatkan dari COP.


Alternatif mudahnya, Anda bisa melakukan pembelian kendaraan dengan cara kredit yang disuguhkan Maybank Finance. Alaternati mudah yang bisa memudahkan Anda wujudkan impian mendapatkan kendaraan beroda empat.


Perlu diketahui, Anda bisa melakukan simulasi kredit terlebih dahulu. Selanjutnya, Anda bisa mengkonsultasikannya dengan pihak perusahaan. Selain itu, persyaratannya pun cukup mudah, mulai dari identitas diri hingga dokumen lainnya seperti NPWP dan semacamnya.


Demikianlah ulasan terkait car ownership program. Suguhan program yang akan membantu mewujudkan kendaraan impian Anda. Namun, pastikan Anda memenuhi syarat dan aturan yang diberlakukan suatu perusahaan.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar