7 Manfaat Susu untuk Orang Tua yang Selama ini Anda belum Tahu

7 Manfaat Susu untuk Orang Tua yang Selama ini Anda belum Tahu



Susu umumnya identik dengan nutrisi tambahan untuk anak-anak karena mampu mendukung perkembangan tubuh dan otak mereka. Namun, ternyata orang tua juga sebenarnya memerlukan susu untuk menjaga kesehatan dan kebugaran di usia senja. Ada banyak manfaat susu untuk orang tua yang bisa didapat dengan mengonsumsinya.  Simak beberapa manfaat rutin minum susu bagi lansia berikut ini.


1. Memelihara Kesehatan Jantung


Kalium yang terkandung dalam susu mampu membantu memelihara jantung. Zat ini berperan penting dalam menjaga tekanan darah supaya tetap normal. Di samping itu, kalium dapat membantu menurunkan tekanan pada dinding pembuluh darah. Karena itulah, susu mampu menurunkan risiko penyakit jantung pada orang tua.


2. Mencegah Terkena Osteoporosis


Seiring bertambahnya usia, risiko terkena osteoporosis semakin tinggi. Dengan kata lain, risiko tulang rapuh pada orang tua lebih tinggi dibandingkan anak-anak muda. Oleh sebab itu, orang tua memerlukan asupan kalsium serta vitamin D untuk membantu menjadikan tulang lebih padat dan tidak mudah rapuh. Kedua zat tersebut terkandung dalam susu sehingga mengonsumsinya sangat disarankan bagi lansia.


3. Menghindarkan dari Radang Sendi


Radang sendi atau osteoarthritis rentan terjadi pada orang tua. Akan tetapi, konsumsi susu mampu mencegahnya karena di dalam susu terdapat kandungan vitamin D, protein, dan kalsium. Kalsium pada susu mampu menghambat terjadinya proses peradangan sendi karena mampu melindungi tulang di persendian.


4. Menjaga Massa Otot


Lansia sangat memerlukan nutrisi berupa protein, terutama setelah sakit keras dan mengalami penurunan berat badan. Ketika itu, tubuh memerlukan lebih banyak protein dari biasanya. Agar kekuatan dan massa otot serta kesehatan tulang tetap terjaga, tubuh harus mendapatkan asupan protein yang salah satunya bisa didapat dari susu. Dengan konsumsi susu rutin, kebutuhan protein tubuh akan tercukupi sehingga massa otot terpelihara dan berdampak pada kenaikan berat badan yang stabil.


5. Menghindarkan Tubuh dari Dehidrasi


Di samping air putih, susu juga dapat berperan memenuhi keperluan asupan cairan dalam tubuh. Dengan demikian, konsumsi susu juga dapat menghindarkan dehidrasi pada orang tua. Disarankan orang tua minum segelas susu di pagi atau malam hari sebelum tidur agar tubuh tetap terhidrasi.


6. Mengurangi Risiko Alzheimer


Berdasarkan sebuah studi ilmiah dari The American Journal of Clinical Nutrition susu mengandung antioksidan dengan kadar tinggi yang mampu mencegah kerusakan otak. Oleh karena itu, susu dapat mengurangi kemungkinan terkena Alzheimer pada orang tua jika diminum secara teratur.


7. Menekan Risiko Depresi


Susu mengandung vitamin D yang dapat membantu meningkatkan hormon yang berkaitan dengan suasana hati yaitu serotonin. Selain itu, vitamin D juga mampu mencegah badan lelah dan lemas. Jika vitamin D tercukupi, risiko depresi pun dapat lebih ditekan.


Itulah tujuh manfaat mengonsumsi susu untuk orang tua. Namun, susu yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Pilihlah Ensure sebagai tambahan nutrisi untuk orang tua. Ensure merupakan produk susu dari PT Abbott Products Indonesia yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang. Di dalamnya terkandung triple protein berpadu soya, kasein, dan whey mudah dicerna dan dapat bertahan di dalam tubuh lebih lama.


Ensure juga mengandung vitamin C dan D, kalsium, selenium, zinc, omega 3 dan 6, serta nutrisi lain yang mampu membantu menjaga daya tahan tubuh. Karena memiliki kandungan laktosa rendah, susu ini nyaman di perut. Dengan susu Ensure, orang tua dapat tetap aktif menjalani aktivitas setiap hari. Jangan lupa, imbangi konsumsi susu dengan aktivitas fisik ringan untuk menunjang kebugaran tubuh.


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar