Macam-macam Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Anda dan Keluarga

Macam-macam Manfaat Asuransi Jiwa Bagi Anda dan Keluarga


Asuransi jiwa merupakan skema perlindungan yang bertujuan menjamin pemegang asuransi serta keluarga atau ahli warisnya. Ketika meninggal dunia atau mengalami kejadian lain sesuai kesepakatan di dalam polis, tertanggung akan memberikan manfaat dari asuransi jiwa. 

Untuk merasakan macam-macam manfaat asuransi jiwa, tertanggung atau pemegang polis harus membayar premi dengan skema bulanan atau tahunan yang besarnya disepakati kedua pihak dan dituangkan dalam polis. Dalam hal ini, yang menerima manfaat yaitu ahli waris yang ditunjuk oleh pemegang polis.  

Jenis-jenis Asuransi Jiwa 


Sebelum memutuskan untuk membeli asuransi jiwa, Anda harus tahu jenis-jenis asuransi jiwa yang ada yaitu:

1. Asuransi Berjangka

Asuransi ini memberikan pertanggungan pada jangka waktu tertentu misalnya 5, 10, atau 20 tahun, sesuai kesepakatan antara pemegang polis dan perusahaan asuransi. Umumnya premi dibayarkan di muka setiap tahun selama jangka waktu tersebut. 

Akan tetapi, jika polis tidak aktif, manfaat akan berhenti dan nilai preminya akan hangus. Contoh asuransi ini yaitu asuransi jiwa kredit, yang memberikan perlindungan jiwa selama jangka waktu kredit. Apabila pemegang polis meninggal dunia, pihak asuransi akan melunasi pinjamannya sehingga tidak membebani keluarga atau ahli waris. 

2. Asuransi Seumur Hidup

Jenis kedua yaitu asuransi seumur hidup. Asuransi ini memberikan manfaat kepada pemegang polis seumur hidup. Umumnya manfaat perlindungan diberikan setelah tertanggung mencapai usia 99 - 100 tahun. Berbeda dengan asuransi berjangka, selain memberikan perlindungan juga memberikan nilai tunai yang bisa difungsikan sebagai tabungan. Tarif preminya pun tidak mengalami perubahan seiring bertambahnya usia tertanggung. 

Jika polis tidak aktif lagi sampai tertanggung meninggal dunia, pemegang polis masih memperoleh nilai yang dijanjikan. Akan tetapi, dikurangi biaya penutupan polis dan tunggakan premi yang belum dibayar. 

3. Asuransi Dwiguna

Asuransi dwiguna merupakan asuransi yang memberikan manfaat ganda yaitu perlindungan dan tabungan. Asuransi akan menanggung pemegang polis baik masih hidup sampai tanggal jatuh tempo maupun telah meninggal sebelum tanggal jatuh tempo. 

Perbedaan asuransi dwiguna dengan asuransi seumur hidup yaitu dapat membentuk nilai tunai lebih cepat. Sebabnya, nilai tunai asuransi dwiguna sama dengan uang pertanggungan pada jatuh tempo polis, sehingga tidak perlu menunggu sampai usia 99 hingga 100 tahun.

Manfaat Asuransi Jiwa


Dari pengertian dan jenis-jenis asuransi di atas, Anda dapat memperkirakan manfaatnya. Macam-macam manfaat asuransi jiwa yaitu:

1. Memberikan Rasa Aman 

Manfaat asuransi tidak hanya dirasakan ketika tertanggung meninggal dunia saja, melainkan juga jika pemegang polis mengalami kelumpuhan atau cacat permanen. Pemegang polis pun tidak perlu mengkhawatirkan nasib keluarga yang ditinggalkan apabila mengalami hal tidak terduga tersebut. Apabila nantinya tidak dapat produktif lagi seperti sebelumnya, tertanggung juga tidak perlu tertekan karena masalah finansial. 

2. Melindungi Ahli Waris

Bagi yang telah berkeluarga pasti khawatir dengan nasib mereka sekiranya tertimpa hal buruk. Apalagi jika mereka adalah pencari nafkah utama, keadaan finansial keluarga akan terdampak. Oleh sebab itu, agar masa depan ahli waris dan keluarga terlindungi, penting untuk memiliki asuransi jiwa. Tak hanya mendaftar, pembayaran juga harus dilakukan secara rutin dan melengkapi data ahli waris agar mereka dapat menerima manfaatnya kemudian hari. 

3. Dapat Digunakan untuk Investasi

Beberapa jenis asuransi jiwa merangkap investasi, sehingga dapat digunakan untuk memutar uang. Berinvestasi dalam bentuk asuransi memang memerlukan pertimbangan tersendiri. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan Anda berhasil melakukannya jika memilih perusahaan asuransi yang tepat. Semakin besar dana yang diinvestasikan, semakin besar pula peluang memperoleh keuntungan. 

Kesimpulannya, asuransi jiwa tidak hanya menanggung keluarga pemegang polis saja, tetapi juga mempunyai fungsi lain sebagai pengaman keluarga dan sarana investasi. Agar dapat merasakan macam-macam manfaat asuransi jiwa, Anda perlu mendaftarkan diri pada perusahaan asuransi yang tepercaya serta disiplin dalam membayar preminya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar