Cegah Penyakit, Jagalah Kebersihan Diri dengan 7 Cara Ini

Cegah Penyakit, Jagalah Kebersihan Diri dengan 7 Cara Ini

Kebersihan Diri

Mudah terserang penyakit dan bau badan, itulah akibat kurangnya menjaga kebersihan diri. Tak hanya itu, kondisi tubuh yang tak terawat juga menyebabkan orang lain tidak nyaman berada di sekeliling. Tidak ingin hal itu terjadi, maka lakukanlah beberapa tips penting ini untuk menjaga kebersihan dan kesehatan diri.

Tips Menjaga Kebersihan Diri


Kebersihan diri dapat dilihat dari penampilan wajah, rambut, kulit, dan pakaian. Jika semuanya terjaga, tentu kesehatan pun terjaga, begitu pula pergaulan dengan orang-orang di sekitar Anda.

1. Mandi Teratur

Berapa kali mandi dalam satu hari ditentukan oleh aktivitas fisik dan kondisi tubuh. Namun, secara umum disarankan mandi dua kali sehari. Mandi teratur dengan sabun mampu menghilangkan kuman pada tubuh, membuat badan lebih segar dan wangi. Selain mandi, cucilah rambut dua atau tiga kali sehari agar tidak lepek dan berbau.

2. Gunakan Deodoran

Deodoran mampu bekerja efektif pada saat cuaca panas atau aktivitas fisik yang banyak. Penggunaan deodoran dapat mengurangi keringat berlebih dan mencegah bau badan karena aktivitas seharian.

3. Bersihkan Mulut dan Gigi

Kurang memperhatikan kebersihan gigi dapat mengakibatkan bau mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi. Membersihkan gigi dan mulut tidak cukup hanya dengan menyikat gigi saja. Untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi, idealnya Anda juga harus melakukan flossing pada pagi dan malam hari. Selain itu, gantilah sikat gigi maksimal tiga bulan sekali atau jika sikat gigi mulai usang. Pilihlah pasta gigi yang mengandung fluoride dan periksa ke dokter gigi secara rutin.

4. Rajin Mencuci Tangan

Tangan dapat menjadi sarang kuman dan bakteri setelah Anda melakukan aktivitas. Jika masuk ke dalam tubuh, kuman dapat menimbulkan berbagai penyakit. Mencegah penyakit yang diakibatkan oleh kuman, segera cuci tangan setelah beraktivitas di luar menggunakan air mengalir dan sabun cuci tangan yang mengandung antibakteri.

Cuci tangan tidak hanya dilakukan sebelum dan sesudah makan saja, melainkan juga setelah bepergian, usai menggunakan toilet, sebelum memasak dan menyiapkan makanan, sesudah memegang binatang, dan setelah mengunjungi orang sakit atau berada di sekitar mereka. Jika tidak tersedia air, gunakan hand sanitizer atau semprotan alkohol untuk menjadikan tangan higienis.

5. Cuci Pakaian dan Seprai

Jaga kebersihan pakaian dan seprai dengan mencucinya. Jangan gantungkan pakaian setelah digunakan, tetapi langsung dicuci. Sementara seprai sebaiknya diganti dan dicuci seminggu sekali. Cuci pakaian hingga bersih dan keringkan sebelum dipakai kembali. Selain detergen, sinar matahari juga dapat membunuh kuman yang bisa menyebabkan infeksi.

6. Perhatikan Kebersihan kuku

Kurang memperhatikan kebersihan kuku dapat menimbulkan infeksi. Oleh sebab itu, jaga kebersihan kuku dengan cara memotongnya setidaknya seminggu sekali. Jika suka memanjangkan kuku, jangan biarkan sampai kotor, melainkan cuci dengan air dan sabun menggunakan sikat hingga bersih secara teratur.

7. Jaga Kebersihan Kaki

Bagi Anda yang harus memakai kaus kaki dan sepatu sepanjang hari, risiko kaki menjadi tempat kuman berkumpul lebih besar. Kuman bisa mengakibatkan bau dan gatal-gatal karena jamur. Untuk mencegahnya, cuci kaki setelah beraktivitas dan keringkan dengan handuk bersih.

Ganti kaus kaki setiap hari. Sementara untuk sepatu, ganti beberapa hari sekali dan cuci atau jemur di bawah sinar matahari. Hindari memakai kaus kaki dan sepatu ketika kaki masih basah, karena akan menyebabkan bakteri berkembang.
Kebersihan diri tidak hanya berpengaruh bagi kesehatan diri Anda saja, melainkan juga orang-orang di sekitar. Maka, jagalah kebersihan selalu di mana pun Anda berada.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar