Tips Pintar Memilih Ban Mobil di Musim Hujan

Tips Pintar Memilih Ban Mobil di Musim Hujan


Curah hujan tinggi diperkirakan masih terjadi di beberapa daerah hingga akhir Februari atau awal Maret 2020 ini. Bagi Anda yang setiap hari mengendarai kendaraan bermotor untuk beraktivitas, harus ekstra hati-hati. Tak hanya sepeda motor, pemilik mobil juga harus bersiap-siap mengondisikan kendaraan agar tetap memberikan performa terbaik dan aman melaju di jalan raya yang basah.

Jalan yang basah dan licin akan membuat laju kendaraan lebih sulit dikendalikan. Selain faktor kewaspadaan Anda, kondisi ban juga mempengaruhi tingkat keamanan di jalan raya. Pasalnya, ban merupakan komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan pemilihan ban dengan tips berikut.

1. Gunakan Ban Standar

Ban terbaik untuk mobil Anda di musim hujan adalah ban standar yang ditentukan oleh produsen mobil. Pilih jenis ban yang direkomendasikan oleh pabrikan dengan cara mengecek buku manual. Umumnya, ban yang direkomendasikan yaitu memiliki ketebalan antara 55 hingga 70. Ban juga harus dalam kondisi terawat dan tidak aus. Pastikan juga tekanan angin sesuai standar agar dapat seimbang ketika dikendalikan. 

2. Pilih Ban Mobil dengan Compound Khusus

Compound adalah material yang digunakan oleh produsen untuk membuat ban. Sejumlah merek terkenal seperti Dunlop, Bridgestone, dan GT Radial biasanya memberikan keterangan tentang spesifikasi ban termasuk compound-nya pada katalog. Compound yang tepat bagi ban mobil untuk musim hujan adalah Aqua Compound. Biasanya pada katalog atau deskripsi produk terdapat keterangan Wet Performance untuk bahan jenis ini. 

3. Perhatikan Kembangan Ban Mobil

Kembangan atau pattern sangat mempengaruhi performa ban ketika melaju di atas jalan yang basah atau tergenang air. Perhatikan ketebalan kembangan ban, jangan sampai menggunakan ban yang permukaannya sudah botak atau kembangannya hilang, karena akan membahayakan Anda dan penumpang.

Hindari menggunakan ban yang memiliki terlalu banyak motif. Ban jenis ini memang bagus dari segi penampilan, tetapi tidak terlalu membantu ketika digunakan di atas jalanan basah. Jika Anda telanjur memasang ban mobil bermotif meriah, sebaiknya segera mengganti dengan ban anti slip saat hujan.

4. Jangan Menggunakan Ban Slick

Ban slick atau ban tanpa pola sangat berbahaya digunakan di musim hujan. Meski terlihat lunak dan melekat di permukaan jalan, tetapi di kondisi basah justru berbahaya karena akan membuat jalan lebih licin. Sebaiknya, gunakan ban jenis alur satu arah yang tak dapat dipindah dari satu sisi ke sisi yang lain. Jenis ban ini memiliki pola yang baik untuk memecah air yang menggenang sehingga tidak licin saat dilalui.

5. Hindari Mengganti Ban Baru

Ketika ingin bepergian di musim hujan, sebaiknya jangan dulu menggunakan ban yang masih baru. Sebab, ban baru memiliki lapisan silikon yang dapat menyebabkan ban licin saat melintasi jalanan basah. Daya cengkeram ban baru juga tidak terlalu bagus, khususnya pada kondisi hujan atau setelah hujan. Apabila kondisi ban lama masih layak pakai, sebaiknya jangan dulu menggantinya dengan ban baru. Akan tetapi, untuk mobil-mobil model baru seperti New Jazz RS Black Top Limited Edition dan Brio Sports E Manual, ban sudah disesuaikan standar dan aman.

Nah, setelah mengetahui tips memilih ban mobil untuk musim hujan di atas, saatnya mengecek kondisi ban kendaraan Anda. Periksa apakah masih aman untuk diajak beraktivitas dan bepergian di musim hujan atau perlu diganti.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar