Pengalaman Naik Bis EKA Surabaya-Magelang

Dulu saya pernah bercerita tentang pengalaman tidak nyaman saya naik bus EKA ketika pergi ke Surabaya dan pulang ke Jogja. Bila Sobat ingin membacanya silahkan baca tulisan saya tentang  Pengalaman Mudik Naik Bus EKA Surabaya-Jogja dan Pengalaman Naik Bus Eka Jurusan Surabaya - Cilacap yang Mogok. Di situ saya menceritakan tentang pengalaman saya waktu perjalanan naik bis EKA dari Jogja pergi ke Surabaya serta pengalaman perjalanan ketika pulang dari Surabaya ke Jogja yang tidak menyenangkan. Banyak kejadian yang tidak mnyenangkan terjadi ketika itu, mulai dari mesin bis yang mogok di Jombang sehingga penumpang harus turun dan harus ganti bis, lalu bis mengalami pecah ban ketika di jalan tol serta accu bis yang ngedrop sehingga menyebabkan AC tidak jalan serta lampu bis kedip-kedip / bleret. Haduuuuh capek deh itu adalah pengalaman naik bis yang bikin ilfill, semoga tidak terjadi lagi.

Nah, sekarang saya akan menceritakan kembali pengalaman saya naik bis EKA jurusan Surabaya-Magelang pada momen lebaran tahun 2019 ini. Bagaimana kisahnya? Siapkan kopi dan kacang untuk camilan lalu simak ulasan berikut ini.

Pada momen lebaran tahun 2019 ini, yang jatuh pada tanggal 05 juni 2019, istri saya berencana mau pergi mudik ke Sidoarjo minta diantar sama saya. Istri saya asli Sidoarjo, jadi dia mau mudik ke Sidoarjo. Sedangkan saya asli Jogja dan akan berencana lebaran di Jogja, jadi saya hanya akan mengantarkan (ngedrop) istri ke Sidoarjo saja. Setelah itu saya pulang balik lagi ke Jogja.

Kami berangkat ke Sidoarjo pada H-7 lebaran, tepatnya tanggal 29 Mei 2019. Karena istri kerjanya sudah libur duluan sehingga dia minta diantarkan ke Sidoarjo biar bisa liburan lebaran lama di sana.

Kami berangkat ke Sidoarjo naik kereta api Logawa yang telah kami pesan tiketnya 1 bulan sebelumnya, maklumlah pesan tiket mendekati momen lebaran memang harus cepat dan segera agar tidak kehabisan tiket dan alhamdulillah kita bisa dapat tiketnya.

Kenapa kita naik kereta api bukan bis saja? Jujur saja kita senang naik kereta api karena tepat jadwal serta fasilitas seperti toilet selalu tersedia. Selain itu kita bisa langsung turun di stasiun Sidoarjo yang kalau dibandingkan dengan naik bis yang turun di terminal bungurasih, jarak antara rumah dengan terminal terlalu jauh dibandingkan dengan jarak rumah di sidoarjo dari stasiun, jadi lebih dekat jarak stasiun menuju ke rumah di Sidoarjo.

Selain itu, memang sekarang fasilitas bis sudah nyaman, sudah ada ac nya, namun walaupun begitu untuk toilet masih belum tersedia, sehingga apabila kita mau BAB atau BAK harus nahan dulu yang membuat kita tidak nyaman, kalaupun ada itupun tertentu. Disamping itu kita juga bawa anak balita, jadi kami pikir lebih nyaman bila menggunakan kereta.

Kereta api Logawa berangkat dari Stasiun Lempuyangan Yogyakarta pukul 09.00 wib dan tiba di Stasiun Sidoarjo pukul 16.00 wib. Tepat seperti yang dijadwalkan. Setelah turun dari kereta, kami pulang ke rumah Sidoarjo dijemput saudara.

Saya di rumah Sidoarjo menginap semalam, kemudian keesokan harinya saya langsung pulang balik ke Jogja. Jadi, di Sidoarjo saya hanya mengantarkan istri saja, istilahnya ngedrop karena saya harus segera balik pulang Jogja, sebab harus mempersiapkan acara trah yang nantinya akan diselenggarakan di Jogja pada H+2 lebaran. Kebetulan pas hari raya lebaran ke 2 di keluarga kami di Jogja ketempatan acara trah keluarga besar simbah kami simbah Maksum.

Untuk pulangnya ke Jogja, saya naik bis, seperti biasanya saya pilih bis favorit saya bis EKA CEPAT jurusan Surabaya-Magelang. Saya pilih bis EKA jurusan Surabaya-Magelang karena bis ini nantinya sebelum sampai di Magelang akan melewati pasar Sleman dan saya bisa turun di pasar Sleman, karena rumah saya dekat dengan pasar Sleman. Jadi saya bisa langsung turun di sana.

Dari rumah Sidoarjo ke terminal Bungurasih Surabaya, saya pesan Gojek untuk mengantarkan saya sampai ke terminal. Setelah sampai terminal Bungurasih langsung saja saya menuju ke tempat ngetem bis EKA. Di sana sudah menunggu bis EKA jurusan Surabaya-Magelang yang sedang menaikkan penumpang. Saya pun naik ke bis EKA tersebut. Maunya sih bisa dapat kursi depan, namun sudah terisi, ya sudahlah kursi tengahpun jadi.

Setelah kursi penumpang penuh, bis EKA jurusan Surabaya-Magelang pun berangkat. Bis berangkat pukul 09.00 wib. Bis keluar terminal Bungurasih menuju bundaran waru kemudian langsung menuju pintu tol SUMO. Bis EKA masuk tol. Seneng kalau bis lewat tol karena dengan lewat tol perjalanan jadi lancar, tidak macet dan mempersingkat waktu.

Bis EKA lewat jalan tol melewati Mojokerto, Kertosono, Jombang, kemudian keluar tol di pintu keluar Nganjuk untuk menurunkan penumpang. Setelah menurunkan penumpang di Nganjuk, bis EKA lewat tol lagi untuk melanjutkan perjalanan menuju Ngawi. Sampai di Ngawi bis keluar tol dan menuju jalan biasa untuk singgah menuju ke rumah makan Duta.

Sampai di rumah makan Duta pukul 11.30 wib, karena saya puasa maka saya tidak mengambil jatah makanannya, namun saya ganti dengan menukarkan voucher makanannya dengan paket snack dan minuman. Di Rumah makan Duta saya tunaikan kewajiban sholat dhuhur dan ashar dengan cara jamak-qosor.

20 menit kemudian bis EKA pun berangkat melanjutkan perjalanan menuju Sragen. Lagi-lagi bis EKA lewat jalan tol, asyiik bisa cepat sampai rumah nih heeheeee. Tak terasa bis EKA sudah sampai Solo, kemudian bis EKA keluar tol untuk menuju terminal Tertonadi untuk menurunkan dan menaikkan penumpang. Sampai di terminal Tertonadi Solo pukul 14.00 wib. Setelah menurunkan dan menaikkan penumpang bis EKA langsung melanjutkan perjalanan ke Klaten kemudian ke Jogja.

Sampai di Klaten, bis EKA singgah sebentar di terminal Klaten untuk menurunkan penumpang. Setelah penumpang turun bis pun langsung melaju cepat menuju Jogja. Suasana jalan tampak lengang, mungkin hari ini belum masuk arus mudik, sehingga jalanan masih lengang.

Perjalanan alhamdulillah lancar tanpa kendala yang berarti. Berbeda dengan perjalanan naik bis EKA tahun kemarin yang banyak mengalami kendala dan hambatan selama perjalanan, kali ini lancar, nyaman dan cepat seperti namanya Bus EKA CEPAT.

Tak terasa perjalananpun sampai di Jogja, bis EKA langsung menuju Terminal Giwangan Yogyakarta untuk menurunkan penumpang. Sampai di Terminal Giwangan pukul 16.00 wib. Saya tidak turun di terminal Giwangan, karena  nanti saya turun di pasar Sleman.

Setelah selesai menurunkan penumpang di Terminal Giwangan, bus EKA pun melanjutkan perjalanan menuju tujuan terakhir yaitu Magelang. Keluar dari Terminal Giwangan bis EKA menyusuri jalan Ringroad Selatan Jogja, kemudian Ringroad Barat dan Ringroad Utara sampai ke Jombor lurus ke arah Magelang melewati Jalan Magelang. Pukul 16.30 wib sampailah bis EKA di pasar Sleman dan kini saatnya saya harus turun.

Saya turun di tempat pemberhentian bis di Tugu Sleman Sembada. Setelah turun dari bis, saya istrirahat duduk sebentar, kemudian buka aplikasi Grab untuk pesan ojek. Setelah pesan GrabBike melalui Handphone, tak seberapa lama kemudian akhirnya saya dapat driver grab untuk mengantarkan saya pulang ke rumah. Hanya butuh waktu 5 menit tibalah saya di rumah dengan aman nyaman, lancar, sehat dan selamat. Terimaksih untuk seluruh kru bis EKA CEPAT yang telah mengantar saya sampai rumah dengan selamat.

Perjalanan kali ini alhamdulllah menyenangkan tanpa kendala apapun, berbeda seperti tahun kemarin yang banyak mengalami kendala. Saya melihat PO bis EKA ini banyak mengalami perubahan peningkatan layanannnya. Semoga kedepan pelayanannya selalu prima demi keselamatan dan kenyamanan semua kru dan penumpang. Salam Bis Mania ....