Mau Umroh ? Berikut Langkah Tahapan dan Persiapan Umroh

Mau Umroh ? Berikut Langkah Tahapan dan Persiapan Umroh


Assalamualaikum Sobat Ajarnulis.com, apa kabar? semoga kebaikan dan kesehatan selalu dilimpahkan kepada Sobat Aamiin.. Sobat, banyak orang yang menanyakan dan mencari informasi tentang persiapan umroh pertama kali, persiapan umroh apa saja yang harus dibawa, persiapan umroh 9 hari untuk wanita, proses persiapan umroh, baju yang cocok untuk umroh, berapa lama persiapan umroh, cara packing perlengkapan umroh, perlengkapan umroh yg harus dibawa dan sebagainya. Untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan bagikan informasi tentang  Langkah, Tahapan dan Persiapan Umroh, semoga bermanfaat.

Langkah Tahapan dan Persiapan Umroh

1. Niat


Hal yang pertama yang harus disiapkan adalah Niat. karena Segala sesuatu itu bergantung pada niatnya, sebagai seorang muslim yang baik tentu kita semua ingin menjalankan ibadah haji dan umroh sebagai wujud ketaatan kita kepada Allah Subhanahu wataƔla. Maka niatkanlah ibadah umroh kita semata-mata karena Allah Ta''ala.

2. Persiapkan Dana


Apabila kita sudah berniat untuk melaksanakan ibadah umroh, untuk mewujudkannya maka tentu saja kita membutuhkan dana untuk biaya perjalanan, logistik dan sebagainya. Untuk itu segeralah dipersiapkan dananya, jika tidak ada dana tunai / cash bisa mulai menabung sejak dini. Untuk umroh saat ini dana yang dibutuhkan berkisar antara 26-50 juta rupiah tergantung paket umroh yang ditawarkan di agen travelnya. Paket yang biasanya ditawarkan oleh pihak agen travel ada paket murah,  sedang dan yang mahal. Sebaiknya ambil paket umroh disesuaikan dengan kemampuan dana budget masing masing. Terkadang agen travel ada juga yang menawarkan paket promosi yang tentu saja harganya lebih murah.

3. Persiapan Kesehatan dan Fisik


Untuk selanjutnya sesudah persiapan dana selesai, siapkan juga fisik dan kesehatan. Ibadah umroh merupakan ibadah yang membutuhkan banyak tenaga, fisik dan  kesehatan yang prima. Contohnya dalam menjalankan rukun umroh semisal tawaf dan sai tentu butuh tenaga, fisik dan kesehatan yang prima untuk berjalan dan berlari. Untuk itu sejak dini harus dilatih dan dipersiapkan agar nantinya ibadah kita bisa lancar dan sempurna. Adapun caranya bisa Anda upayakan dengan menjaga makanan yang sehat dan bergizi, berolah raga, latihan manasik dan lain sebagainya.

4. Persiapan Ilmu


Selain persiapan dana dan fisik agar nanti ibadah umroh kita bisa lancar dan sempurna maka persiapkan juga ilmunya yang meliputi di bawah ini:

a. Ilmu tentang umroh

Anda mesti mengetahui dan menguasai ilmu tentang syarat, rukun serta tata cara ibadah umroh yang benar dan sah secara syariat. Meskipun nantinya di sana dipandu oleh pihak travel ketika menjalankan umroh namun tidak ada salahnya Anda juga harus menguasai ilmunya. Sebab amal tanpa ilmu ibadah kita berisiko bisa tertolak. Dengan memiliki / menguasai ilmu tentang syarat, rukun dan tata cara ibadah umroh diharapkan nantinya bisa menjadikan ibadah umroh kita lancar dan sempurna dan diterima oleh Allah Subhanahu wata'ala. Sobat bisa mendapatkan ilmunya dengan belajar / mengaji pada ulama atau kyai atau ikuti program manasik haji / umroh.

b. Ilmu tentang kondisi di Makkah / Tanah Suci

Disamping ilmu tentang syarat, rukun dan tata cara umroh, hal yang mesti diketahui adalah update informasi tentang situasi dan kondisi di Makkah. Misalnya tentang kondisi cuaca, denah hotel yang akan ditempati, denah makah, denah baitulloh, pintu-pintu keluar-masuk masjidil haram dan lain-lain. Hal ini untuk mengantisipasi nantinya apabila terpisah dari rombongan kita tidak terlalu panik dan bingung.

c. Ilmu pengalaman orang lain yang sudah umroh

Untuk selanjutnya dapatkan juga ilmu pengalaman tentang umroh, Sobat bisa mendapatkannya dengan cara bertanya kepada sanak saudara, tetangga dan teman yang sudah menjalankan ibadah umroh . Tanyakanlah pengalaman mereka mulai dari persiapannya, perjalanannya, logistiknya, tata caranya dan lain-lain. Pepatah mengatakan pengalaman adalah guru terbaik.

5. Pemilihan agen travel


Untuk persiapan yang selanjutnya adalah mencari agen travel yang terpercaya. Sobat cari dan pilih agen travel yang aman, amanah, berpengalaman dan terpercaya. Sobat bisa mencari referensi melalui keluarga atau teman yang sudah menjalankan ibadah umroh. Tanyakan dimana mereka daftar agen travelnya kemudian Sobat saring dan pilihlah agen travel tersebut manakah yang terbaik, agar nantinya ibadah umroh Sobat bisa berjalan lancar, aman dan sempurna.

6. Persiapan paspor dan suntik meningitis


Untuk bepergian ke luar negeri tentu saja kita membutuhkan yamg namanya paspor, karena ibadah umroh adalah ibadah yang tempat pelaksanaannya dilakukan di negara Saudi Arabia (luar negeri) maka kita mesti menyiapkan paspor sebagai syarat untuk pergi ke sana. Sobat carilah di kantor imigrasi wilayah domisili Sobat. Untuk caranya bisa di baca di sini : Cara Buat Paspor Online 2018 dan Biayanya

Selain paspor sebagai syarat untuk perjalanan umroh, Sobat juga mesti harus sudah melaksanakan suntik vaksin meningitis. Hal ini untuk mencegah kita agar terhindar dari penularan penyakit meningitis. Sebab di sana di makkah kita akan berbaur dengan banyak orang dari berbagai negara yang kita tidak tahu tentang riwayat kesehatan mereka. Maka untuk antisipasinya kita diharuskan untuk suntik vaksin meningitis untuk mencegah agar tidak tertular dan menulari. Untuk suntik vaksinnya bisa didapatkan di rumah sakit atau pelayanan suntik vaksin miningitis di wilayah Sobat, tanyakan saja pada pihak Imigrasi dimanakah tempat untuk suntik vaksin meningitis di wilayah Sobat. Untuk cara daftarnya silahkan baca di sini Cara Daftar Online Suntik Meningitis, Yellow Fever, dan Polio OPV di KKP

7. Persiapan Logistik


Persiapan selanjutnya yaitu persiapan logistik. Siapkan keperluan-keperluan yang sekiranya nanti dibutuhkan di tanah suci mulai dari koper, pakaian, makanan, uang dan lainnya. Untuk uang bisa ditukarkan dari rupiah ke mata uang real Saudi Arabia mulai di Indonesia atau bisa pas di sana. Untuk lebih praktisnya tukarkan di Indonesia saja sehingga nanti di Tanah Suci tidak perlu repot-repot lagi menukarkan uang. Untuk baju atau pakaian siapkan seperlunya jangan terlalu banyak ataupun kurang, secukupnya dan seperlunya. Siapkan juga makanan untuk camilan.

Jika terjadi musim dingin di tanah suci maka para jamaah dihimbau untuk menyiapkan perlengkapan berikut:
  • Membawa perlengkapan musim dingin seperti; jaket, kaos kaki, sarung tangan, masker, penutup telinga, lipgloss, cream kulit dan lain-lain sesuai kebutuhan. (dengan memperhatikan pakaian ketika berihram nanti).
  • Memperbanyak minum air putih (walaupun tidak merasa haus), sebab udara dingin sering menyebabkan kita merasa tidak haus, padahal tubuh butuh cairan. Terkhusus dengan meminum Air Zamzam.
  • Mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar gula berlebihan dan mengurangi konsumsi makanan dan minuman dingin (dari kulkas).
  • Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan suplemen alami serta perbanyaklah bergerak.
  • Jangan sekali kali menganggap remeh udara dan angin dingin yang ada, dan jangan juga menganggap enteng sakit ringan.
  • Pastikan suhu udara sebelum keluar kamar.(apabila suhu relatif rendah, persiapkan jaket yg agak tebal, apabila suhu relatif tinggi, sediakan jaket yang lebih tipis)
  • Membawa makanan ringan (seperti roti dll) di dalam tas pegangan ketika perjalanan terbang ke Arab Saudi, untuk kebutuhan jika proses di imigrasi Bandara terasa lama, maka sudah siap dengan makanan ringan tadi untuk sedikit membantu.
  • Selalu mematuhi Himbauan pemerintah Arab saudi yang berkaitan dengan cuaca ataupun himbauan lainnya.

8. Berdoa


Jika semua usaha dan ikhtiyar persiapan sudah kita lakukan dengan maksimal, langkah selanjutnya yaitu kita pasrahkan kepada Allah dan berdoa meminta kelancaran, keselamatan, petunjuk dan ridho-Nya. dan berdoa semoga ibadah kita nanti bisa selesai dengan baik dan sempurna dan diterima oleh-Nya.

Nah itulah Sobat informasi tentang  Langkah Tahapan dan Persiapan Umroh, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.