6 Strategi untuk Jantung yang Sehat

6 Strategi untuk Jantung yang Sehat


6 Strategi untuk Jantung yang Sehat

Infografik tentang kiat-kiat untuk menjaga jantung Anda tetap sehat. Penyakit jantung selalu dilihat sebagai masalah pria. Namun menurut Women’s College Hospital, wanita 10 kali lebih mungkin meninggal karena penyakit kardiovaskular daripada penyakit lainnya. Tetapi kabar baiknya adalah bahwa gaya hidup sehat dan pengetahuan yang kuat tentang faktor-faktor dan gejala-gejala risiko dapat berjalan jauh untuk mencegahnya; Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menjaga agar jantung Anda tetap dalam kondisi yang baik:

Dapatkan bergerak. Berat badan yang sehat mengurangi risiko Anda. Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas Anda - cobalah setidaknya 30 menit settiap hari lima kali seminggu. Lakukan dengan senang hati bisa diiringi dengan menari, seni bela diri, atau latihan beban, Anda lebih mungkin melakukannya jika itu menyenangkan.

Kiat: Berolahraga dengan seorang teman. Penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga dengan seorang teman membuat Anda lebih mungkin untuk menjalaninya karena ada temennya.

Makan dengan benar. Tetap sehat dengan pola makan bergizi yang kaya buah, sayuran, biji-bijian, kacang, dan protein tanpa lemak. Lakukan yang terbaik untuk menghindari gula, lemak jenuh dan makanan olahan.

Kiat: Lapar? Ambil segenggam kenari - kenari penuh dengan lemak omega-3, yang membantu mengurangi peradangan di arteri.

Kelola stres Anda. Kortisol, hormon yang dihasilkan oleh stres, membuat arteri Anda lebih rentan terhadap penumpukan plak. Lakukan apa saja untuk bersantai. Habiskan waktu bersama teman-teman, berlatih yoga, jalan-jalan, menonton film yang membuat Anda tertawa, atau hanya dengan  cara menutup mata selama beberapa menit dan bernapas.

Tip: Latihan adalah pembasmi stres yang terbukti. Lain kali Anda merasa lelah, pergi ke gym atau berjalan-jalan.

Dapatkan cukup tidur/istirahat. Orang yang tidur kurang dari tujuh jam semalam memiliki kadar kortisol yang lebih tinggi —dan berisiko lebih tinggi terhadap penyakit jantung. Tujuh hingga delapan jam sangat ideal.

Kiat: Kurangi kafein (hindari makan siang setelah makan siang jika Anda sulit tidur) 

Berhenti merokok. Merokok adalah salah satu faktor risiko terbesar untuk penyakit jantung - berhenti menurunkan risiko Anda secara dramatis. Dan memotong ekspos terhadap perokok pasif sama pentingnya; jika keluarga dan teman-teman Anda merokok, risiko Anda akan naik.

Tip: Berhenti makan daging yang dingin. 

Kenali tubuhmu. Anda tidak dapat mengontrol faktor risiko seperti usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, dan etnis Anda. Tetapi menyadari risiko tersebut dapat membantu Anda memperhatikan gejala awal - dan mendapatkan perawatan saat Anda membutuhkannya.

Kiat: Bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah Anda berisiko terkena penyakit jantung.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.