Cara Memasang Domain dari Blogspot ke TLD di Niagahoster

Cara Memasang Domain dari Blogspot ke TLD di Niagahoster

Ajarnulis.com-Cara Memasang Domain dari Blogspot ke TLD di Niagahoster-Halo Sobat selamat pagi ,siang , sore dan malam. Semoga sukses selalu menyertai Sobat semua.Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang  Cara Memasang Domain dari Blogspot ke TLD di Niagahoster.


Dengan memasang domain TLD, blog Sobat akan terlihat lebih profesional serta bisa sebagai modal  untuk mendaftarkan ke akun Google Adsense Non Hosted.

Baiklah Sobat berikut adalah langkah-langkahnya :


Beli Nama Domain di Niagahoster

1. Cek nama domain
Masuk ke Niagahoster dan pilih menu Domain. Kemudian isi kotak isian yang ada dengan nama domain yang kamu inginkan.
Secara default TLD yang akan kamu gunakan adalah .com (yang merupakan syarat penting dalam memilih nama domain yang baik). Namun sobat dapat mengubahnya dan memilih TLD pilihan Sobat sendiri.
Khusus untuk domain TLD yang berakhiran seperti .web.id, .id, .biz.id atau .my.id, membutuhkan persyaratan khusus domain Indonesia seperti scan KTP dan dokumen pendukung lain sesuai syarat TLD tersebut.

2. Masukan pembelian nama domain ke keranjang belanja

Akan ada pemberitahuan bila nama domain tersedia. Selanjutnya kamu bisa memilih jangka waktu registrasi nama domain (1-3 tahun) dan klik Tambah Ke Cart.


Selanjutnya akan ada penawaran hosting untuk nama domain yang Sobat daftarkan. Karena kita ingin membeli nama domain saja, Sobat bisa menekan tombol Order Tanpa Hosting.
Selain itu ada juga penawaran website builder Weebly dan WHOIS Protection yang bisa melindungi data pribadi bila ada yang ingin melihat informasi pada nama domain yang kamu miliki.
3. Buat akun baru di Niagahoster
Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat akun baru di Niagahoster. Bila kamu sudah pernah mendaftar sebelumnya, login dengan akun kamu.
Untuk membuat akun baru, pilih tombol Selanjutnya dan isi form dengan data-data seperti Email, Password, Nama Lengkap, Alamat, No. Telepon, hingga Pilihan Pembayaran yang kamu inginkan.
Setelah selesai, kamu akan mendapatkan link yang mengarah ke tata cara dan konfirmasi pembayaran.
4. Bayar dan konfirmasi pembayaran
Setelah proses chekout selesai, kamu akan mendapatkan email invoice dan panduan cara pembayaran. Untuk konfirmasi, kamu dapat mengklik link yang ada pada email tagihan atau masuk ke dashboard Niagahoster dan klik menu Tagihan.



Setelah melakukan konfirmasi pembayaran, kamu harus menunggu dulu beberapa saat sebelum nama domain kamu bisa digunakan. Pengalaman saya biasanya tidak sampai 15 menit akan muncul notifikasi melalui email bahwa pembelian nama domain sudah berhasil dilakukan.






Sekarang kita sudah memiliki nama domain kita sendiri, saatnya untuk memasangnya pada Blogger

Menggunakan custom domain pada Blogger (Blogspot)

Masuk terlebih dahulu ke situs blogger.com dan pilih blog yang ingin kamu ubah.
Setelah itu, masuk ke menu Setelan » Dasar dan lihat pada bagian publikasi. Klik tautan Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda.



Setelah itu, masukan nama domain yang tadi sudah kita daftarkan. Jangan lupa untuk menuliskan juga ‘www’ di depan nama domain tersebut.



Sampai tahap ini, penggunaan custom domain akan gagal dan akan muncul pesan error. Namun jangan khawatir, langkah ini penting karena kita akan membutuhkan data CNAME yang ada pada pesan error tersebut.



CNAME terdiri dari dua token yang berisi Bidang Nama, Label, atau Host serta Bidang Tujuan, Target, atau Mengarah.
CNAME pertama sama untuk semua orang yang biasanya berisi Nama ‘www’ dan Tujuan ‘ghs.google.com’. Sedangkan CNAME kedua merupakan kode unik khusus untuk blog dan akun Google kamu.
Catat kedua CNAME tersebut karena kita akan membutuhkannya nanti.
Setelah mendapatkan data CNAME, masuk ke panel Niagahoster dan login dengan akun kamu.
Kemudian pilih menu Hosting & Domain » DNS Management. Perhatikan bagian bawah, salin DNS terlebih dahulu ke Name Server.



Bila sudah maka hasilnya akan seperti ini



Kemudian kembali lagi ke menu DNS Management, kali ini kita akan memasukan dua CNAME yang kita dapatkan dari Blogger dan empat IP Google (A-Records).
Untuk memasukan CNAME, klik tombol Add New Record dan isi data sebagai berikut:


  • Record Type – CName
  • Domain – Token yang ada pada Bagian Nama, Label, atau Host
  • Hostname – Token yang ada pada bagian Tujuan, Target, atau Mengarah
  • TTL – Gunakan isian default 14400
Sedangkan untuk memasukan A-Record, klik tombol Add New Record dan masukan data berikut:


  • Record Type – A Record
  • Domain – isi dengan simbol ‘@’ (tanpa tanda kutip!)
  • Hostname – Arahkan ke empat IP Google berikut:
    • 216.239.32.21
    • 216.239.34.21
    • 216.239.36.21
    • 216.239.38.21
  • TTL – Gunakan isian default 14400
Setelah semua selesai diinput, maka tampilan menu DNS Management akan menjadi seperti berikut:


Setelah semua proses pengaturan DNS selesai, saatnya kita kembali ke dashboard Blogger.



Masuk kembali ke menu Setelan » Dasar dan tambahkan custom domain seperti cara sebelumnya.
Bila kamu berhasil, maka pesan error yang sebelumnya muncul akan hilang. Centang opsi Alihkan ‘namadomain.com’ ke www.namadomain,com, lalu Simpan.

CATATAN: Bila kamu masih mendapatkan pesan error meskipun sudah melakukan pengaturan DNS dengan benar, jangan khawatir! Proses ini kadang membutuhkan waktu hingga 1×24 jam meskipun biasanya tidak sampai 15 menit.


Nah demikianlah Cara Memasang Domain dari Blogspot ke TLD di Niagahoster,semoga bermanfaat.

Terimakasih sudah membaca artikel tentang Cara Memasang Domain dari Blogspot ke TLD di Niagahoster. sampai jumpa kembali pada postingan berikutnya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.