Jenis-jenis Daging Lengkap dengan Rekomendasi Olahannya

Jenis-jenis Daging Lengkap dengan Rekomendasi Olahannya




Konsumsi berbagai jenis-jenis daging pada dasarnya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Diketahui, rutin mengkonsumsi daging dalam jumlah cukup akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi, terutama protein, yang diperlukan sebagai sumber energi. Lalu, jenis jenis daging apa sajakah yang paling umum dikonsumsi masyarakat Indonesia? Yuk, cari tahu informasi lengkapnya berikut ini!

Daftar Jenis Daging dan Olahannya

Inilah beberapa jenis daging yang umum dikonsumsi masyarakat:

1. Daging Ayam

Bisa dibilang, ayam menjadi jenis daging paling umum yang digemari masyarakat Indonesia untuk kemudian diolah menjadi berbagai menu masakan menarik. Terlebih, daging ayam terbilang lebih murah dibandingkan dengan jenis daging lain, namun mempunyai kandungan nutrisi yang kompleks. Sebut saja energi, air, protein, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, hingga natrium. Daging ayam juga bisa dikreasikan ke dalam berbagai menu masakan seperti ayam goreng, opor, ayam bakar, rica-rica, dan lainnya.

2. Daging Sapi

Hampir setiap bagian daging sapi bisa diubah dalam beragam olahan yang lezat nan nikmat. Sejumlah olahan daging sapi paling populer adalah rendang, tumis daging saus tiram, sate, sup iga, gulai babat pedas, hingga perkedel kentang daging. Diketahui, daging sapi mengandung mineral yang sangat penting bagi kesehatan, diantaranya adalah zat besi, zinc, selenium, dan fosfor.

3. Daging Kambing

Daging kambing cenderung mempunyai aroma yang sangat kuat dibanding daging lain. Walaupun jenis daging ini cocok disulap dalam berbagai menu, pengolahannya memerlukan perhatian khusus agar dagingnya tidak berbau menyengat, dan bisa matang tanpa alot ataupun keras. Beberapa menu olahan daging kambing yang digemari orang orang adalah sate, tongseng, gulai, sup kambing, dan lainnya. Adapun kandungan nutrisi dari daging kambing diantaranya adalah protein, lemak, energi, air, kalsium, abu, zat besi, juga fosfor.

4. Daging Domba

Secara umum, domba dinilai sebagai salah satu jenis daging berharga jual mahal. Sejumlah olahan seperti sate, tongseng, gulai, sop, sampai toping nasi goreng, memilih daging domba lantaran tekstur dagingnya yang empuk dan enak dikonsumsi.

5. Daging Bebek

Umum ditemui dalam menu rica rica, bebek ungkep, atau bebek betutu, daging bebek memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti lemak, protein, kalsium, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan natrium.

6. Daging Ikan

Baik ikan ikan laut ataupun ikan air tawar, hewan non darat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia yang notabene terletak di kawasan kepulauan. Menu olahan ikan pun tak kalah menarik dari jenis daging darat lainnya. Mulai dari masakan padang, ikan balado, bahkan konsumsi ikan mentah dalam bentuk sashimi atau sushi pun banyak disenangi orang.

7. Daging Kalkun

Jika dilihat sekilas, tampilan daging kalkun sangat mirip dengan daging ayam, hanya saja ukurannya lebih besar. Kalkun yang banyak mengandung lemak, karbohidrat, dan protein ini bisa diolah menjadi aneka menu menarik seperti opor dan kalkun guling.

8. Daging Babi

Olahan daging babi guling dengan karakteristik kulit krispi dan daging lembut, banyak digemari masyarakat. Apalagi setelah mengetahui nutrisi yang terkandung di dalamnya, yakni kalium, zinc, fosfor, thiamine, niacin, vitamin B6, riboflavin, sampai folat.

9. Daging Kelinci

Meskipun lebih banyak ditemui sebagai hewan peliharaan, rupanya kelinci ternak banyak diburu penggemar daging. Bukan tanpa alasan, daging kelinci banyak mengandung protein, kalori, hingga lemak. Daging kelinci juga dikenal ampuh mengurangi berat badan, mencegah penyakit jantung, sampai menurunkan darah tinggi.

Itulah berbagai jenis-jenis daging yang paling umum dikonsumsi masyarakat saat ini. Anda bisa mengolah berbagai jenis daging tersebut menjadi berbagai hidangan yang lezat dan juga bergizi tinggi. Jadi, manakah daging favorit Anda?


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar