Ketahui Kriteria Mobil Keluarga yang Nyaman dan Aman Agar Tidak Salah Pilih

Ketahui Kriteria Mobil Keluarga yang Nyaman dan Aman Agar Tidak Salah Pilih






Berbicara tentang mobil keluarga, kebanyakan orang otomatis menyebut tipe MPV. Kendaraan bertipe MPV (Multi Purpose Vehicle) dianggap paling tepat untuk keluarga karena memiliki kapasitas penumpang cukup banyak yaitu mencapai tujuh orang. Ertiga menjadi mobil keluarga terbaik Suzuki saat ini, bersaing dengan merek lain yang cukup populer karena memenuhi kriteria kendaraan keluarga yang nyaman dan aman bagi pengendara serta penumpang.


Nah, berikut ini kriteria yang harus ada dalam sebuah mobil yang ditujukan untuk berkendara bersama keluarga tercinta.


1. Mesin Bertenaga Prima


Mesin merupakan komponen penting dari mobil. Semakin besar kapasitasnya, semakin besar pula tenaga yang dihasilkan. Untuk Suzuki Ertiga, di dalamnya disematkan mesin berkapasitas 1.400 cc, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga hingga 93,7 Hp pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 130 Nm pada 4.000 Rpm. Selain itu, di dalamnya juga terdapat suspensi-suspensi handal yaitu Torsion Beam with Coil Spring di pada belakang dan suspensi MacPherson Strut with Coil Sping pada bagian depan. Mobil ini juga hadir dalam dua transmisi yaitu manual dengan 5 percepatan dan matik 4 percepatan.


2. Hemat Bahan Bakar


Kerap bepergian bersama keluarga tentu penggunaan bahan bakar harus diperhatikan. Pasalnya, konsumsi bahan bakar pada akhirnya akan mempengaruhi finansial Anda. Pilihlah mobil yang hemat bahan bakar dengan cara mengecek jarak kilometer untuk satu liter bensin. Nah, sebagai mobil keluarga yang ideal, Suzuki Ertiga dilengkapi dengan Multi Point Injection yang membuat penggunaan bahan bakar lebih hemat dan efisien.


3. Fitur Keselamatan yang Mumpuni


Setiap mobil mempunyai sistem keselamatan yang berbeda-beda. Pilihlah mobil dengan fitur keselamatan yang lengkap dan bagus. Fitur paling dasar yang harus ada tentunya ialah sabuk pengaman dan airbag. Untuk melindungi penumpang, Ertiga dari Suzuki dilengkapi dengan SRS Airbag dan side impact beam pada bagian samping yang berguna menghindari cedera ketika mengalami benturan keras atau tabrakan. Di samping itu, Ertiga 2014 juga dilengkapi keyless entry with Immobilizer sebagai pelengkap sistem keselamatannya.


4. Kapasitas Penumpang Mencukupi


Memilih mobil keluarga perlu disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga agar nyaman ketika bepergian. Umumnya, keluarga Indonesia memilih mobil dengan kapasitas mencapai 7-8 orang seperti Ertiga. Kursi terbagi ke dalam tiga baris yang setiap bagiannya nyaman diduduki. Interior mobil yang lapang membuat nyaman penumpang yang ada di dalamnya. Apalagi jika membawa anak kecil yang masih aktif bergerak. Jika tidak digunakan, baris kursi paling belakang dapat dilipat dan dijadikan tempat meletakkan barang atau bagasi.


5. Bagasi yang Mencukupi


Dalam bepergian pasti banyak barang yang dibawa. Bagasi yang luas sangat penting untuk membawa barang semua penumpang tanpa mengurangi kenyamanan di dalam kabin. Bagasi mobil MPV dapat diperluas dengan melipat kursi baris belakang. Jadi, Anda dapat membawa lebih banyak muatan barang ketika kursi belakang tidak diduduki.  


Di samping kelima kriteria di atas, Anda pun perlu memperhatikan sistem hiburan yang dimiliki oleh mobil untuk menjamin penumpang tidak bosan selama dalam perjalanan. Juga pertimbangkan kebutuhan, harga, serta ketersediaan suku cadangnya di pasaran.


Sebagai informasi untuk Anda, Ertiga merupakan varian mobil dari Suzuki yang diluncurkan pertama kali pada tahun 2012. Karena karakteristik dan fitur yang dimilikinya, mobil ini sangat sesuai dijadikan kendaraan keluarga. Bagaimana? Tertarik membawanya ke dalam garasi Anda?


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar