Ini Loh, Manfaat Akar Manis Bagi Kesehatan, Simak yuk!

Ini Loh, Manfaat Akar Manis Bagi Kesehatan, Simak yuk!

Akar manis

Akar manis (Glycyrrhiza glabra) atau yang dikenal juga dengan nama licorice merupakan bahan herbal yang banyak digunakan dalam produk-produk kesehatan dan kecantikan seperti obat kumur, permen, teh herbal, dan obat-obatan cair.

Senyawa di dalam licorice telah terbukti mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan di samping digunakan sebagai perasa minuman dan makanan. Di dalam akar manis terdapat lebih dari 300 senyawa yang sebagian memiliki sifat antimikroba dan antiviral. Berdasarkan studi klinis, berikut ini beberapa manfaat yang ada di dalam akar manis.

1. Mengatasi Sakit Perut

Tanaman akar manis dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut meliputi maag, nyeri ulu hati, dan keracunan makanan. Ekstrak akar manis mengandung asam glycyrrhizic yang mempunyai sifat anti-inflamasi. Zat tersebut dapat mempercepat penyembuhan luka pada lapisan lambung dan menyeimbangkan kadar asam lambung. Akar manis juga dapat menyembuhkan tukak lambung karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori dengan cara membunuh bakteri tersebut.

2. Meredakan Batuk dan Gangguan Tenggorokan

Rebusan akar manis dapat membantu meredakan batuk, mengeluarkan dahak, serta melegakan tenggorokan secara alami. Zat anti inflamasi di dalamnya juga bisa meredakan nyeri dan batuk akibat radang tenggorokan. Bagi pasien yang akan menjalani operasi tenggorokan juga disarankan berkumur dengan larutan ekstrak licorice 1-15 menit sebelumnya untuk mencegah sakit tenggorokan setelah tindakan operasi. Sejumlah penelitian juga menyebutkan, akar manis dapat memperlambat pertumbuhan bakteri mulut yang menjadi penyebab kerusakan pada gigi.

3. Meredakan Nyeri Haid

Menjelang haid, biasanya wanita mengalami nyeri atau kram di perut. Untuk meredakannya, air seduhan akar manis bisa diminum. Selain menghilangkan nyeri, senyawa di dalam akar manis yang menghambat produksi adrenalin juga mampu membantu mengatasi perubahan mood.

4. Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Daya tahan tubuh yang rendah menyebabkan orang mudah terserang penyakit. Mengonsumsi akar manis ternyata mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena di dalamnya terdapat zat antiviral yaitu triterpenoid. Akar manis juga memiliki antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah sakit.

5. Menyembuhkan Radang dan Infeksi pada Kulit

Akar manis mampu mengobati gatal-gatal, kemerahan, kulit bersisik, dan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh eksim. Bakteri penyebab gangguan kulit ini dapat dibasmi dengan ekstrak akar manis.

Aturan Penggunaan Akar Manis

Meskipun memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan dan kecantikan, penggunaan akar manis harus sesuai dengan dosis aman yang ditetapkan. Pada suplemen atau makanan, kandungan akar manis harus dikendalikan.

Bagi penderita tekanan darah tinggi atau rendah kadar kalium, suplemen atau makanan yang mengandung akar manis harus dihindari. Berdasarkan pernyataan Bahan Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA), akar manis yang dikonsumsi berlebihan dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, irama jantung tidak normal, kelesuan, pembengkakan dan gagal jantung kongestif.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan konsumsi maksimal asam glycyrrhizic pada akar manis ialah 100 miligram per hari. Sayangnya, banyak produk makanan dan suplemen tidak memberikan informasi kadar asam glycyrrhizic pada kemasan.

Tak hanya itu, permen mengandung akar manis tidak disarankan dikonsumsi terus menerus oleh anak-anak karena dapat menyebabkan obesitas. Bagi ibu hamil, akar manis juga tidak disarankan. Pasalnya bahan ini dapat menghambat perkembangan otak janin dan memicu kelahiran prematur.

Bagaimana pun, konsumsi suplemen atau obat-obatan yang mengandung akar manis harus dikonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar