6 Peluang Usaha Bagi Guru Saat Pandemi Corona yang Cocok untuk Menambah Penghasilan

6 Peluang Usaha Bagi Guru Saat Pandemi Corona yang Cocok untuk Menambah Penghasilan

Peluang usaha guru saat pandemi corona covid 19

Selama pandemi corona, sekolah dan institusi pendidikan lainnya diliburkan. Otomatis, guru pun harus bekerja dari rumah. Tak sedikit yang penghasilannya berkurang, padahal kebutuhan meningkat di tengah pandemi ini. Namun, masih ada peluang usaha bagi guru saat pandemi corona yang dapat dilakukan untuk membantu memperoleh penghasilan tambahan. Di bawah ini beberapa usaha sampingan yang dapat dikerjakan sambil bekerja dari rumah.

1. Jadi Pekerja Lepas 

Menjadi pekerja lepas sangat cocok ketika Anda harus bekerja dari rumah. Tugas sebagai pekerja lepas atau freelance dapat dilakukan di sela-sela tugas yang masih ada. Pekerjaan yang dapat dilakukan seperti menulis artikel, copywriting, dan jurnal, penerjemahan, input data, hingga desain grafis. 

Cara mencari pekerjaan bisa dilakukan dengan mengakses mesin pencari seperti Google dengan kata kunci 'lowongan kerja freelance', melalui marketplace freelancer, atau group-group pekerja lepas di media sosial. Sebelum menjadi pekerja lepas, ketahui dulu jasa apa yang ingin Anda tawarkan, kemudian buatlah beberapa contoh hasil kerja. Misalnya jika ingin menjadi pekerja lepas di bidang penulisan artikel, setidaknya buat portofolio tiga jenis tulisan berbeda sebgai contoh.

2. Bisnis Online

Di tengah kewajiban memeriksa tugas siswa, guru dapat mulai mencoba bisnis online. Barang yang dijual bisa berupa produk buatan sendiri, menjadi reseller produk yang sudah ada, atau berjualan produk digital dengan sistem affiliate

Menjadi reseller dengan skema dropship, Anda tidak perlu repot mengurus stok dan mengirim ke konsumen. Cukup merekap pesanan mereka lalu mengirimkan pesanan ke distributor atau produsen. Merekalah yang akan mengurus pengiriman barang. Anda tinggal menerima komisi saja. Sedangkan berbisnis affiliate, Anda perlu menyebar tautan pembelian produk ke media yang dimiliki. Jika ada produk yang terjual, Anda akan mendapatkan komisi. Biasanya besarnya mulai 15%-50% per produk, tergantung aturan yang dibuat oleh vendor-nya.

Saat ini sudah banyak produsen yang membuka kesempatan menjadi reseller sekaligus membimbing cara menjalankannya berikut perlengkapan untuk promosi. Mulai dengan modal ratusan ribu saja Anda sudah dapat menjalankan bisnis sendiri.

3. Memproduksi Masker Kain

Jika Anda memiliki mesin jahit, manfaatkan untuk memproduksi masker kain sendiri. Cara ini dapat meningkatkan penghasilan Anda. Masker kain dapat dibuat berbagai warna dan model yang bervariasi. Untuk menjualnya, Anda dapat berjualan melalui kontak yang ada di ponsel dan media sosial.

4. Berjualan Makanan

Ketika pandemi ini, orang-orang lebih memilih berada di rumah dan berbelanja secara online dalam jumlah banyak demi menghemat ongkos pengiriman, termasuk makanan. 

Maka tak heran, banyak restoran dan rumah makan yang beralih menjajakan makanan secara online pula. Jika memiliki keterampilan memasak, tidak ada salahnya Anda mencoba. Makanan yang dapat dijual antara lain makanan beku seperti kentang, ayam siap goreng, nugget, dan sayuran, sambal, serta makanan ringan. 

Makanan beku dan sambal dalam kemasan toples kecil atau botol tersebut banyak diminati karena tahan lama. Yang harus diperhatikan ialah pengemasan dan logo agar terlihat menarik dan siap bersaing di pasaran produk sejenis.

5. Berjualan Produk Herbal

Bahan-bahan rempah dan herbal terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil permintaan terhadap rempah-rempah seperti kunyit, jahe, temulawak, serai, lengkuas, dan lain-lain meningkat tajam. Tak hanya bahan mentahnya, olahan berupa serbuk dan minyak esensial yang dibuat dari bahan-bahan tersebut juga semakin diburu. Berjualan produk ini, Anda tidak harus membuatnya sendiri. Bisa menjadi distributor, agen, atau reseller dari produk yang telah ada.

6. Guru Les Daring

Belajar secara online menjadi pilihan sebagai alternatif bimbingan belajar secara tatap muka. Sebagai guru, Anda dapat menawarkan mata pelajaran sesuai bidang yang dikuasai untuk diajarkan kepada siswa secara daring. Les yang biasanya dicari umumnya bahasa asing, matematika, dan keterampilan seperti musik dan menulis. Jasa ini dapat Anda tawarkan kepada kerabat, orang tua murid, dan teman-teman sebagai lahan mengamalkan ilmu sekaligus memperoleh tambahan penghasilan.

Itulah peluang usaha bagi guru saat pandemi corona yang bisa dilakukan oleh seorang guru. Di samping menjalankan peluang usaha tersebut, Anda dapat mengasah keterampilan yang dimiliki agar semakin pakar di bidang yang digeluti.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar