Tips Cerdas Cari Hotel Agar Liburan di Lembang Makin Menyenangkan

Tips Cerdas Cari Hotel Agar Liburan di Lembang Makin Menyenangkan


Lembang merupakan daerah dengan banyak sekali objek wisatanya. Setiap liburan tiba, banyak wisatawan yang berkunjung ke sini, sehingga menjadikan Lembang sebagai destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi. Dalam setiap perencanaan liburan, mau ke manapun tujuannya, hal pertama yang paling mendasar untuk dipersiapkan adalah perkara penginapan. Yap, ketika Anda berlibur ke daerah wisata seperti di Lembang, tentu membutuhkan penginapan sebagai tempat untuk melepas lelah. Berlibur tanpa adanya penginapan? Jelas merupakan hal yang tak mungkin!

Untuk itulah ketika rencana liburan sudah dimulai, Anda akan mulai mencari jenis penginapan yang dibutuhkan. Bagi kelompok besar seperti rombongan sahabat, rombongan teman-teman kantor atau rombongan keluarga, villa atau homestay tentu menjadi pilihan tepat. Untuk pengantin muda atau pasangan kekasih, besar kemungkinan akan memilih hotel atau mungkin resort-resort romantis.

Sementara mereka yang adalah solo traveller, opsi losmen, hostel, apartemen, kos-kosan harian hingga dormitory lebih jadi pertimbangan utama demi menekan budget penginapan. Karena harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial. Dalam hal inilah, penentuan penginapan tidak bisa dilakukan secara sembrono. Ada beberapa pertimbangan lain seperti fasilitas, metode pembayaran hingga lokasi.

Beruntung, perkembangan teknologi saat ini mempermudah siapapun melakukan pemesanan hotel hanya melalui aplikasi di smartphone. Hal itulah yang diusung oleh Traveloka, layanan penyedia seluruh kebutuhan liburan termasuk hotel. Melalui aplikasi Traveloka, Anda bisa memesan hotel atau sewa villa di Lembang tanpa perlu ribet lagi. Supaya bisa memperoleh hotel atau villa yang sesuai, berikut ini beberapa tips yang bisa dicoba.

Cari Hotel atau Villa Dengan Banyak Opsi Pembayaran

Tips pertama yang bisa dilakukan oleh para traveller saat hendak memesan hotel atau villa adalah disediakannya banyak opsi pembayaran. Hal ini sesuai dengan perkembangan zaman, di mana untuk membayar hotel tidak harus transfer terlebih dulu dengan harga penuh. Yap, saat ini Anda bisa membayar hotel yang dipesan hanya dengan mentransfer DP atau tidak bayar sama sekali.

Loh, memang bisa? Tentu saja bisa jika Anda menggunakan Traveloka. Sebagai penyedia layanan liburan terlengkap di Indonesia, Traveloka kini mengusung fitur PAY AT HOTEL alias bayar di hotel. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan wisatawan memperoleh kepastian pemesanan di hotel tanpa perlu melakukan pembayaran sedikitpun di awal.

Anda baru akan membayar akomodasi saat sudah sampai di hotel dan hendak melakukan check-in, yang artinya memberikan kesempatan kepada traveller untuk menabung biaya hotel. Meskipun begitu, tidak semua hotel menyediakan fitur PAY AT HOTEL, sehingga Anda harus memilih pada menu FILTER untuk mengetahui hotel mana saja yang memberikan opsi pembayaran di akhir.

Patut diperhatikan juga, beberapa hotel yang menawarkan fitur PAY AT HOTEL juga ada yang memiliki kebijakan khusus seperti meminta informasi kartu kredit hingga mewajibkan calon penginap membayar sejumlah DP sebelum hari H. Supaya tidak kecewa dan salah kaprah, Anda harus memperhatikan betul ketentuan pada hotel-hotel yang menawarkan fitur PAY AT HOTEL ini.

Disamping fitur pembayaran PAY AT HOTEL, Traveloka juga menghadirkan fitur pembayaran PayLater. Dengan fitur PayLater memungkinkan wisatawan  dapat membayar  hotel dengan metode pinjaman. Untuk pembayaran pinjamannnya dapat dicicil tanpa kartu kredit. Jadi bagi wisatawan yang belum memiliki biaya untuk membayar hotel nantinya akan “dibayari” dahulu dengan fitur ini.

Traveloka PayLater didukung oleh  Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki izin beroperasi dari OJK. Jadi sangat aman dan terpercaya. Untuk dapat menggunakan fitur Traveloka PayLater,  Anda harus mendaftar terlebih dahulu dengan syarat sebagai berikut:

  • Memiliki KTP yang sah 
  • Berumur antara 21 – 70 tahun 

Setelah pendaftaran disetujui, nantinya akan mendapat limit yang jumlahnya dapat mencapai Rp50 juta. Limit dapat digunakan untuk membeli semua produk Traveloka termasuk bayar hotel. Bagaimana, enak bukan? Setelah Anda membayar tagihan Anda, jumlah yang Anda bayar akan dikembalikan ke limit PayLater Anda sehingga Anda bisa menggunakannya kembali. Pembayaran pinjaman ini dapat Anda lakukan 30 hari setelah transaksi, atau menggunakan cicilan dengan skema 1 bulan hingga 12 bulan.


Pastikan Jadwal Hotel Bisa Diubah

Yang namanya liburan itu memang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari. Namun ada kalanya liburan mendadak gagal karena sesuatu hal. Seperti bos mendadak tidak menyetujui cuti yang diberikan, ada acara keluarga penting, harus menghadiri kegiatan bersama sahabat hingga peristiwa tak terduga lainnya. Jika sudah begini, jadwal liburan tentu akan berubah dan membuat Anda harus mengatur ulang.

Bagi Anda pengguna Traveloka, masalah seperti ini jelas bukan merupakan problem besar. Kenapa begitu? Karena Traveloka menyediakan fitur EASY RESCHEDULE. Dengan fitur ini, wisatawan bisa mengubah sewaktu-waktu jadwal liburan mereka sekalipun sudah melakukan pemesanan hotel. Nanti ketika sudah mengubah jadwal, hari pemesanan hotel pun akan ikut berganti.

Hanya saja sama seperti fitur PAY AT HOTEl, ada beberapa ketentuan yang harus dipahami dalam EASY RESCHEDULE. Anda memang bisa bebas mengubah jadwal menginap, tapi biasanya cuma berlaku jika belum melakukan check-in atau terhitung masih dalam batas aman sebelum hari H. Karena kalau sudah saat hari liburan dan melakukan perubahan jadwal hotel, besar kemungkinan sulit terjadi.

Pilih Hotel Terdekat

Pertimbangan utama seseorang saat menentukan hotel tempat menginap adalah apakah hotel tersebut dekat di tengah kota atau lokasi wisata. Tak ada yang mempermasalahkan jika Anda mencari hotel dengan jarak beberapa kilometer dari lokasi wisata atau pusat kota, dengan pertimbangan harga murah. Hanya saja biasanya itu akan membuat biaya transportasi membengkak.

Karena itu jika Anda memesan hotel menggunakan Traveloka, bisa memanfaatkan fitur HOTEL NEAR ME. Melalui fitur ini, Traveloka akan memperlihatkan daftar hotel-hotel yang berlokasi di sekitar Anda. Anda hanya tinggal memasukkan atau mengaktifkan fitur lokasi (GPS) pada smartphone, dan dalam sekejap Traveloka langsung menampilkan daftar hotel yang dikehendaki.

Dengan fitur HOTEL NEAR ME, Anda tak perlu lagi jauh-jauh mencari hotel atau diribetkan dengan alat transportasi. Contohnya saat ini Anda sedang liburan ke Lembang tapi belum menemukan hotel, langsung saja nyalakan lokasi dan gunakan fitur HOTEL NEAR ME. Anda akan menemukan hotel-hotel yang berada di daerah Lembang yang terdekat dengan posisi Anda.

Fitur HOTEL NEAR ME ini juga bisa dilakukan jika Anda sedang mencari penginapan di daerah lainnya. Tinggal tuliskan saja lokasi Anda, tanggal dan durasi menginap hingga jumlah tamu dan kamar, Traveloka akan langsung memperlihatkan daftar hotel-hotel di daerah tersebut. Jauh lebih mudah dan tidak bingung, bukan?

Hotel Bisa Dipesan Mendadak

Nah, tips terakhir yang harus dipertimbangkan saat hendak memesan hotel adalah mencari akomodasi yang bisa dipesan mendadak. Hal ini biasanya terjadi saat Anda tiba-tiba harus melakukan transit di sebuah kota atau negara, lantaran jadwal keberangkatan ditunda. Biasanya beberapa hotel tak akan memberikan pelayanan pemesanan mendadak ini, tapi tidak dengan Traveloka.

Melalui aplikasi Traveloka, Anda bisa memanfaatkan fitur LAST MINUTE HOTEL yang memungkinkan melakukan pemesanan hotel secara mendadak. Hal ini sesuai dengan data dari Google, di mana rata-rata 24% pemesanan hotel online di Indonesia dilakukan secara dadakan alias last minute. Meskipun mendadak, Anda tak perlu khawatir karena semua terkonfirmasi dengan profesional.

Ketika seseorang memanfaatkan fitur LAST MINUTE HOTEl, Traveloka bahkan masih menyediakan pilihan pembayaran di hotel alias Pay at Hotel. Dengan begitu, Anda tinggal melakukan perjalanan ke hotel tujuan dan kemudian membayarnya saat check-in. Tentunya keberadaan LAST MINUTE HOTEL ini sangat menguntungkan bagi mereka yang harus terpaksa menginap di waktu mendadak.

Sama seperti pemesanan hotel pada umumnya, Traveloka juga akan langsung memberikan konfirmasi pemesanan secara instan dan paperless. Di mana Anda tinggal memberitahukan kode booking yang dikirimkan melalui email, kepada pihak hotel. Jika semua sudah sesuai, maka Anda bisa langsung masuk ke dalam kamar hotel dan beristirahat.

Dengan menerapkan tips-tips mencari hotel di atas, tentu Anda akan memperoleh pengalaman liburan yang tak terlupakan. Karena sedikit banyak kepuasaan berlibur memang dipengaruhi betul dengan kondisi penginapan. Hotel yang sesuai kebutuhan akan membuat Anda tenang dan bahagia. Jadi tunggu apalagi? Solusi mencari penginapan yang tepat? Cuma Traveloka jawabannya!

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar