KOMISIONING INSTALASI LISTRIK

KOMISIONING INSTALASI LISTRIK



Pekerjaan Instalasi Listrik yang telah selesai dikerjakan dan akan dioperasikan, tidak serta merta langsung boleh dioperasikan. Sebelum dan pada saat akan dioperasikan harus diyakini terlebih dahulu bahwa instalasi tersebut benar-benar aman untuk dioperasikan. Untuk meyakini bahwa instalasi listrik tersebut benar-benar aman dioperasikan, keberadaannya harus telah memenuhi ketentuan dan persyaratan teknis yang ditentukan. Apakah instalasi listrik telah memenuhi ketentuan dan persyaratan teknis yang ditentukan, perlu dilakukan pemeriksaan dan pengujian atau disebut Testing dan Komisioning.

Testing dan Komisioning (Commissioning test) adalah serangkaian kegiatan pemeriksaan dan pengujian instalasi listrik yang telah selesai dikerjakandan hendak dioperasikan. Dengan hasil pemeriksaan dan pengujian yang baik, maka diyakini bahwa instalasi listrik aman pada saat dioperasikan, yaitu aman bagi manusia, ternak, harta benda dan aman bagi instalasi itu sendiri.

Pemeriksaan merupakan bagian dari testing dan komisioning, dengan cara melihat langsung terhadap material/peralatan/barang maupun konstruksi instalasi listrik yang telah terpasang, secara kasat mata dan tanpa melalui alat/peralatan bantu. Ada dua jenis pemeriksaan yaitu: pemeriksaan sifat tampak (Visual check) dan pemeriksaan pemasangan (konstruksi).

Pemeriksaan Sifat Tampak :

Pemeriksaan item per item material /barang/alat yang telah terpasang.
Untuk mengetahui apakah perlengkapan yang dipasang telah sesuai dengan spesifikasi didalam kontrak.
Melihat, apakah semua perlengkapan dalam kondisi baik,secara phisik tidak ada kelalaian, tidak cacat fisik, dan lain-lain.

Pemeriksaan pemasangan :

Pemeriksaan rangkaian (Konstruksi) material/barang/alat yang telah terpasang.
Untuk mengetahui apakah rangkaian material/barang/alat yang dipasang telah sesuai /tidak sesuai dengan gambar rencana maupun peraturan yang berlaku (PUIL, SPLN dan lain-lain).

Genset atau generator set merupakan salah satu alat yang memberikan sumber listrik, untuk itu penting pula adanya dilakukan  pemeriksaan dan pengujian atau disebut Testing dan Komisioning agar mengetahui apakah telah memenuhi ketentuan dan persyaratan teknis yang telah ditentukan. Bila memerlukan jasa untuk melakukan commisioning genset dapat dilakukan oleh tim sewatama yang akan melakukan inisiasi pembangkit listrik yang baru terpasang untuk memastikan seluruh system bekerja dengan baik dan pasokan yang dihantarkan ke sistim distribusi berjalan dengan aman dan baik (sesuai dengan design yang sudah disiapkan).


Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar