Informasi Sistem Grab Motor dan Besar Penghasilan, Diulas Tuntas!

Informasi Sistem Grab Motor dan Besar Penghasilan, Diulas Tuntas!

Sistem Grab Motor

Dampak dari adanya perkembangan transportasi online di Indonesia, membawa dampak yang positf, terutama bagi driver atau pemilik sepeda motor yang tergabung menjadi mitra ojek online, baik itu di perusahaan aplikator GRAB maupun GO-JEK. Salah satu dampak positif nya mereka bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari hasil aktivitas ngojek motor. Sehingga wajar saja jika banyak orang yang ingin bergabung menjadi pengemudi motor ojek online (ojol). Banyak dari mereka yang mencari informasi mengenai sistem Grab motor serta perekrutan driver ojek online GRAB Motor dan perekrutan driver GO-RIDE yaitu layanan ojek motor milik GO-JEK.

GRAB dan GO-JEK merupakan perusahaan aplikator transportasi online terbesar di Indonesia. GO-JEK termasuk perusahaan startup Unicorn dari Indonesia, sedangkan GRAB termasuk salah satu perusahaan startup Decacorn dari Singapura. Keduanya bergerak dalam bidang pelayanan transportasi kendaraan dengan sistem online.

Pada masing-masing perusahaan transportasi online ini, mereka memiiki kelebihan masing-masing dalam pelayanannya. Untuk itu bagi Sobat yang mau bergabung menjadi mitra GO-JEK maupun GRAB harus mengetahui tentang cara kerja pada kedua perusahaan tersebut.

Produk Layanan Yang Disediakan Oleh Grab Indonesia


Dalam rangka melayani kebutuhan pelanggannya , Grab mempunyai banyak sekali produk layanan yang ditawarkan. Untuk wilayah Indonesia, produk layanan yang ditawarkan oleh Grab bagi pelanggannya adalah sebagai berikut:

1. GrabBike

Produk layanan ini bergerak dalam bidang transportasi khususnya dengan sepeda motor. Jika di negeri asalnya yaitu Singapura produk layanan GrabBike ini kurang diminati sebab budaya masyarakat di Singapura dalam penggunaan sepeda motor tidak sebesar di Indonesia. Berbeda dengan di Indonesia, sepeda motor merupakan kendaraan yang masih banyak digunakan untuk kegiatan transportasi. Syarat utama untuk bisa bergabung menjadi driver yaitu harus memiliki sepeda motor.

2. GrabCar

Produk layanan ini merupakan salah satu layanan asal muasal Grab pertama kali berdiri di kawasan Asia Tenggara pada khususnya. GrabCar merupakan layanan transportasi dengan menggunakan mobil. Jasa yang ditawarkan layanan ini yaitu antar jemput dengan menggunakan mobil. Untuk di Indonesia layanan GrabCar saat ini sudah tersebar di berbagai daerah.

3. GrabFood

Merupakan produk layanan antar makanan yang disediakan oleh Grab untuk para pelanggannya. Jadi, dengan layanan ini Sobat tidak perlu lagi repot harus keluar rumah untuk mendapatkan makanan yang Sobat inginkan. Cukup pesan GrabFood melalui aplikasi Grab pada ponsel, nantinya makanan yang Sobat pesan akan datang sendiri diantar oleh driver Grab. Dalam menjalankan layanan GrabFood, driver menggunakan sepeda motor sebagai alat transportasinya.

4. GrabExpress

Produk layanan yang satu ini bergerak dalam bidang pengiriman barang/ dokumen dengan sepeda motor, jika Sobat ingin mengirim barang bisa menggunakan jasa layanan ini. Cukup pesan layanan GrabExpress melalui aplikasi Grab di ponsel, nanti barang yang akan dikirimkan akan dijemput dan diantar sampai ke tempat tujuan.

5. GrabRute

Merupakan layanan informasi tentang rute transportasi umum terintegrasi pada sebuah kawasan, termasuk pilihan rute menggunakan layanan GRAB. Layanan ini telah tersedia di wilayah Jabodetabek. Dengan menggunakan layanan ini kita dapat mengetahui rute beserta transportasi apa saja yang dapat digunakan sesuai tujuan.

6. GrabRent

Produk layanan ini menyediakan jasa sewa/ rental mobil selama 24 jam dengan menggunakan GrabCar. Pendapatan yang diperoleh dari jasa ini relatif lebih besar karena waktu penyewaannya yang lama sehingga tarifnya pun berbeda dengan layanan reguler antar jemput saja.

Semua layanan Grab yang telah disebutkan di atas, dapat dipesan melalui aplikasi Grab pada ponsel. Unduh aplikasinya di Playstore atau Apple Store kemudian instal pada handphone Sobat dan Sobat siap untuk menikmati setiap layanannya.

Khusus untuk Driver Grab, aplikasi yang harus diunduh adalah aplikasi GrabDriver, untuk bisa menjalankan orderan. sebab semua orderan dari customer Grab semuanya melalui aplikasi GrabDriver.

Orderan dari customer masuk ke server Grab, kemudian diteruskan kepada para driver Grab melalui aplikasi GrabDriver, yang telah diunduh tadi. Sinyal orderan dari server Grab mencari lokasi driver yang terdekat dengan posisi customer untuk disalurkan. Apabila orderan telah diterima driver, selanjutnya driver akan menjemput customer untuk diantarkan ke tempat tujuan yang diinginkan sesuai yang tertera pada aplikasi.

Kemudian, Seperti Apa Sistem Grab Motor?


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa Grab motor atau GrabBike mempunyai jumlah pelanggan yang banyak di Indonesia, sehingga GrabBike memiliki sistem kerja khusus bagi para driver nya. Lalu bagaimanakah sistem kerjanya? Inilah informasi selengkapnya:

1. Harus Terdaftar

Hal yang pertama harus dilakukan supaya bisa bergabung menjadi mitra pengemudi Grab yaitu daftarlah dahulu. Isilah semua form pendaftaran yang diminta beserta syaratnya, kemudian tunggulah panggilan untuk tes wawancara. Biasanya Grab mengadakan tes tulis dan safety riding. Apabila lolos tes, maka Sobat sukses menjadi mitar driver GrabBike.

Jika sudah resmi menjadi mitra GrabBike, Sobat bisa mengaktifkan aplikasi GrabDriver untuk segera bekerja menerima orderan. Kerjakanlah orderan yang didapat dengan baik, dan sesuai kemampuan Sobat. Gunakanlah ponsel smartphone dengan spek tinggi agar nantinya lalu lintas orderan dan informasi dari perusahaan  bisa lancar sehingga pekerjaan Sobat tidak terhambat.

2. Jam Kerja Tidak Terikat

Dalam sistem kerja Grab motor tidak mengenal jam masuk dan jam pulang kerja sebagaimana di perusahaan. Setiap driver bebas menentukan kapan mau bekerja, entah itu mau berangkat pagi, siang, sore atau malam. Begitu juga jika mau pulang, bebas terserah mau kapan saja. Itulah kelebihan waktu kerja dari Grab motor yang tidak terikat dan mengikat.

Dalam sistem kerja Grab juga tidak ada aturan hari libur. Sobat mau bekerja di hari minggu atau hari libur nasional atau mau tidak bekerja di kerja, juga tidak masalah, semuanya bebas terserah Sobat yang mengaturnya. Malah jika pas bekerja pada hari raya, biasanya pihak Grab memberikan insentif yang lebih besar dari biasanya.

3. Jumlah Target Orderan

Walaupun driver bebas menentukan jam kerjanya sendiri, namun dalam sistem kerja GrabBike, terdapat sistem target orderan, dimana pihak Grab akan memberikan bonus harian jika driver mencapai jumlah poin yang telah ditetapkan. Jumlah poin ini sistemnya bertingkat, semakin banyak poin yang didapat, maka semakin besar pula bonus pendapatan yang akan diperoleh oleh driver. Tergantung driver mencapai level poin yang tinggi atau rendah. Semakin tinggi level poin yang dicapai, semakin besar pula bonus yang akan didapatkan. Namun, jika driver tidak dapat mencapai target poin yang telah ditentukan, maka bonus tidak akan diberikan.

Tetapi, ketentuan sistem kerja ini seringkali berubah sesuai kebjakan dari pihak Grab. Jadi setiap driver diharuskan selalu memantau target poin orderan setiap hari pada aplikasi GrabDriver nya supaya tidak ketinggalan informasi.

Berikut adalah syarat dan ketentuan untuk mendapatkan bonus orderan:

  1. Minimal driver menyelesaikan orderan sebanyak 80% dari jumah total orderan yang masuk dalam 1 hari.
  2. Pembatalan orderan tidak boleh lebih dari 10 kali.
  3. Skor rating atau penilaian bintang dari customer minimal 4,6, untuk itu jagalah kepuasan pelayanan kepada customer agar rating Sobat selalu tinggi.
  4. Sebisa mungkin jangan sampai mendapat komentar negatif dari customer, agar rating tidak turun. Jagalah performa rating Sobat dengan menjaga etika, komunikasi dalam berkendara.
  5. Bekerjalah jujur jangan berbuat curang seperti memasang fake GPS, rooting atau "tuyul" dengan tujuan mendapat orderan banyak.

4. Sistem Grab Motor Dalam Hal Bonus dan Insentif


Sistem bonus dan insentif juga diberikan untuk driver Grab motor, namun dengan beberapa syarat dan ketentuan. Untuk lebih memahaminya silahkan simak keterangan di bawah ini:

a. Bonus untuk Harian, Mingguan, Bulanan

Bonus untuk driver Grab motor terbagi menjadi 3 kategori: harian, mingguan dan bulanan. Untuk bonus harian diberikan jika driver mampu menyelesaikan minimal 8 orderan selama hari senin-jumat, maka akan mendapatkan bonus 9 ribu rupiah.

Sistem kerja driver Grab motor

Terkhusus untuk hari sabtu-minggu apabila driver dapat mencapai 8 orderan, maka akan mendapatkan bonus sebesar 5 ribu rupiah. Untuk mendapatkan bonus insentif tertinggi yaitu sebesar 90 ribu rupiah, driver harus bisa menyelesaikan sebanyak 20 orderan selama senin-jumat.

b. Bonus Sistem Berlian

Untuk Bonus berlian grab, tidak semua kawasan menerapkan sistem ini. Sistem ini diberlakukan hanya untuk beberapa wilayah tertentu saja, seperti di kawasan Jabodetabek. Bila Sobat berada di kawasan Jabodetabek, dengan sistem ini, Sobat bisa memiliki peluang mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Perhitungannya apabila Sobat bisa mendapatkan berlian sejumlah 550 per hari, maka Sobat akan mendapatkan bonus sebesar 190 ribu rupiah. Berlian ini bisa didapatkan dari penyelesaian orderan layanan GrabBike (8 berlian), GrabExpress (15 berlian) serta GrabFood ( 30 berlian).

c. Bonus untuk Jaminan Argo

Sistem Bonus Jaminan argo ini diterapkan untuk layanan Grab motor serta beberapa layanan lain kecuali GrabTaxi. Dalam sistem ini driver akan diberikan bonus jaminan argo apabila jarak tempuh orderan berada di bawah 6 km.  Ada 2 perhitungan kategori dalam sistem ini yaitu kategori Grab merah dan Grab putih. Bagi yang mendapatkan opsi Grab merah mereka bisa mendapatkan kesempatan meraih bonus yang lebih banyak.

kerja di Grab

d. Bonus Dari Uang Tip Konsumen

Grab menerapkan pembagian penghasian bagi mitra Grab motor dengan perbandingan 90:10. Artinya penghasilan yang didapatkan dibagi untuk mitra Grab motor sebesar 90% sedangkan untuk pihak Grab sebesar 10 %. Biasanya Grab mengambil potongan penghasilan driver melalui saldo mitra atau Grabpay yang akan terpotong secara otomatis.

Meskipun demikian, sebenarnya masih ada satu lagi pemasukan untuk driver diluar sistem yang diterapkan Grab di atas, yaitu dari tip para customer. Biasanya customer yang merasa puas dan senang atas jasa layanan yang diberikan oleh driver, mereka tidak segan-segan memberikan uang tip tambahan. Tentu ini bisa menjadi penghasilan tambahan buat driver Grab motor.

Kesimpulan

Dengan sistem seperti penjelasan di atas, sebenarnya pihak Grab tidak pernah memaksa mitra drivernya untuk bekerja dalam jangka waktu yang lama. Pembuatan sistem di atas memang dilakukan secara sepihak oleh Grab dengan maksud agar driver dapat meraih pendapatan yang banyak.

Apabila Sobat bekerja secara jujur, disiplin serta bertanggung jawab, maka nantinya Sobat akan lebih mudah mendapatkan orderan serta target minimal orderan. Disamping itu customer juga akan merasa puas dan senang atas pelayanan Sobat, sehingga mereka tak segan-segan untuk memberikan uang tip serta rating dan komentar yang positif kepada Sobat. Dengan demikian, performa dan rating Sobat akan dinilai bagus sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan penghasilan Sobat.

sistem kerja Grabbike

Tips Memenuhi Jumlah Argo

Tips untuk memenuhi jumlah argo yaitu bekerjalah pada jam-jam sibuk yaitu antara jam 08.00-10.00 serta jam 16.00-19.00 dan carilah orderan layanan dengan bonus besar, contohnya Grab Food atau Grab Express.

Nah Sobat, demikianlah ulasan tentang sistem Grab motor semoga bermanfaat. Kuncinya bekerjalah secara jujur, semangat, disiplin, beretika dan bertanggung jawab, agar nantinya kita bisa mendapatkan kelancaran dalam bekerja dan mendapatkan penghasilan sesuai yang diharapkan.

------------------------------

Filed Under: Grab
Tagged With: kerja di Grab, penghasilan Grab motor 2019, Sistem Grab motor, Sistem kerja driver Grab motor, sistem kerja Grabbike

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar