Menikmati Suasana Malam di Kopi Joss Stasiun Tugu Jogja

Menikmati Suasana Malam di Kopi Joss Stasiun Tugu Jogja


Lebaran tahun ini (2019) saya kedatangan banyak saudara dari luar kota. Ada yang datang dari Jakarta, Surabaya, Makasar, Bali, Kebumen, Malang dan lain sebagainya. Mereka datang ke Jogja untuk bersilaturahmi mudik lebaran tahun 2019 di Jogja, karena asal usul bapak, ibu, kakek, nenek dan moyang berasal dari Jogja. Disamping itu mereka datang ke Jogja pada tahun ini, juga untuk menghadiri acara trah 2 tahunan simbah kami simbah Maksum, makanya acara trah ini dinamakan acara Trah Bani Maksum. Kebetulan yang ketempatan untuk penyelenggaraan acara trah kali ini adalah di keluarga kami, jadi banyak saudara yang datang untuk menghadiri dan membantu mensukseskan acara Trah Bani Maksum 2019 kali ini.

Acara Trah Bani Maksum 2019

Acara Trah Bani Maksum 2019

Nah karena banyak saudara yang datang ke Jogja, ada salah satu saudara dari Bali yang penasaran untuk mencoba minuman khas angkringan Jogja yaitu Kopi Joss. Maklumlah saudara yang satu ini belum pernah ke Jogja dan penasaran ingin mencoba rasa dari kopi joss Jogja. 

Memang angkringan  Kopi Joss Jogja yang terletak di sebelah utara stasiun Tugu Jogja sudah sangat populer , sehingga banyak wisatawan yang penasaran ingin mengetahui tentang apa itu Kopi Joss. Mereka banyak mendengar dari orang atau teman-teman yang pernah singgah di Angkringan Kopi Joss. Disamping itu mereka juga pernah mendapatkan informasi tentang Kopi Joss dari media tv atau internet, sehingga mereka menjadi penasaran untuk mencoba kopi joss.

Kopi Joss sebenarnya sama seperti minuman kopi pada umumnya, hanya saja bedanya terletak pada cara penyajiannya yaitu dengan memasukkan bara arang ke dalam kopi, sehingga ketika bara api  / arang panas dimasukkan ke dalam kopi akan menghasilkan bunyi Joosssssssssssssss, sehingga kopi tersebut dinamakan kopi Joss. Begitulah asal muasal nama dari kopi joss.

Kopi Joss

Acara trah Keluarga Bani maksum diadakan pada lebaran hari ke 2 malam hari. Setelah acara trah selesai, selanjutnya yaitu pada hari ke 3 lebaran sebelum pulang balik ke tempat masing-masing, saudara memanfaatkan waktu untuk pergi berwisata, ada yang pergi ke pantai ataupun jalan-jalan ke kota.

Berwisata di Pantai Indrayanti

Berlibur ke Pantai Drini

Termasuk saudara saya yang dari Bali sebelum pulang ke Bali saudara saya ingin diantarkan ke lokasi angkringan kopi joss. Maka berangkatlah kami berlima bersama saudara yang lain, termasuk saudara saya yang dari Bali tersebut ke lokasi angkringan kopi joss. 

Kami berangkat ke lokasi angkringan kopi joss pada malam hari, kami melewati Tugu Jogja ke arah selatan menuju lokasi angkringan. Suasana pada malam itu sangat ramai sekali, maklumlah ini kan hari libur lebaran banyak yang berwisata ke Jogja.

Karena saking banyaknya pengunjung, sehingga tempat parkir penuh, hampir saja mobil yang kami naiki tidak kebagian tempat parkir, tapi untunglah ada satu mobil yang hendak keluar tempat parkir, sehingga kami bisa menempati nya untuk parkir mobil di sana.

Sehabis parkir berangkatlah kami menuju ke lokasi angkringan kopi joss, wah ramai banget angkringannya. Tempat duduk untuk nongkrong sampai penuh berderet sepanjang trotoar ke arah timur dan barat. Kami mencari tempat lesehan yang kosong dan akhirnya ketemulah tempatnya.

Angkringan Kopi Joss Lek Man
Setelah duduk kami pesan kopi jossnya ditambah menu lainnya seperti sate ceker ayam dan sosis. Tak beberapa lama menunggu akhirnya pesanan kami datang dan kopi joss yang dinantikan pun telah tersedia. Hemmm JUOSSSS tenan!! ( Mantap Sekali!!) rasanya, akhirnya rasa penasaran tentang kopi Joss terbayar sudah. Kami menikmati kopi joss sambil bercengkerama bersama menikmati suasana malam kota Jogja.

Nongkrong bareng menikmati Kopi Joss
Kopi dengan paduan arang panas yang dimasukkan ke dalamnya menambah sensasi rasa tersendiri dari kopi joss. Ditambah dengan makanan sosis dan ceker ayam menambah nikmatnya suasana nongkrong malam itu. 

Pada malam itu banyak sekali pengunjung yang datang dari dalam dan luar kota Jogja, mereka menikmati liburan lebaran di Jogja sambil jalan-jalan dan menikmati suasana angkringan di kopi joss.

Suasana tambah asyik dengan adanya hiburan pengamen dan atraksi sulap yang mengagumkan. Bila Sobat penasaran suasana Jogja dan rasa dari kopi joss, silahkan datang saja ke angkringan kopi joss yang terletak di sebelah utara Stasiun Tugu Jogja. Nikmati indahnya suasana Jogja dengan sruputan Kopi Joss ...

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar