Contoh Format Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor

Contoh Format Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor


Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor–Pada postingan kali ini Ajarnulis[dot]com akan memberikan informasi tentang Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor. Surat kuasa ini banyak digunakan dalam aktivitas pembelian mobil atau motor dan aktivitas transaksi lainnya yang membutuhkan surat kuasa pengambilan BPKB. Pada intinya pengambilan BPKB itu harus orang atau pemilik mobil atau motor itu sendiri yang mengambilnya, namun mungkin karena disebabkan oleh suatu hal, si pemilik BPKB tidak dapat mengambil sendiri sehingga harus meminta bantuan orang lain untuk mengambilkan BPKB, maka pengambilan BPKB harus dengan surat kuasa. Berikut adalah penjelasan tentang Surat Kuasa Pengambilan BPKB.

Table of Contents
  • Apa Itu Surat Kuasa?
  • Contoh Surat Kuasa
  • Apa itu Surat Kuasa Pengambilan BPKB ?
  • Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Baik dan Benar
  • Download Surat Kuasa Pengambilan BPKB

Apa Itu Surat Kuasa?


Surat Kuasa adalah surat pernyataan pemberian kuasa dari pihak pertama yaitu orang yang memiliki kuasa atau wewenang diberikan kepada pihak kedua sebagai penerima kuasa atau wewenang. Seperti dalam hal pengambilan BPKB ini, misal mungkin karena si pemilik BPKB  sedang sakit atau bepergian jauh atau sedang bertugas yang tidak bisa ditinggalkan, kemudian si pemilik BPKB meminta bantuan kerabat, teman atau tetangga nya untuk mengambikan BPKB nya, maka proses pengambilan BPKB nya harus dengan Surat Kuasa Pengambilan BPKB dari pemilik BPKB kepada pihak kedua yang diberikan kuasa mengambilkan BPKB.

Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB 


Misalnya si A membeli mobil dengan cara tunai dan dibayar lunas pada hari selasa di sebuah Showroom Mobil. Kemudian prosesi penyerahan mobil dilakukan pada hari kamis. Kebetulan pada hari kamis si A berhalangan hadir karena ada tugas luar kota secara mendadak dan tidak bisa ditunda,  secara otomatis si A tidak bisa menghadiri prosesi serah terima mobil pada hari kamis, padahal pihak showroom sudah menyiapkan acara prosesinya. Karena tidak enak jika tidak mengambil mobil pada acara tersebut maka si A kemudian mewakilkan kerabatnya untuk mengambilkan mobil tersebut pada hari kamis. Nah, dalam proses pengambilan mobil seperti kasus di atas, harus dengan membawa Surat Kuasa Pengambilan BPKB mobil.

Seperti itulah gambaran penggunaan Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil/Motor. Jika si pemilik berhalangan untuk mengambilnya bisa diwakilkan, namun harus disertai dengan surat kuasa.

Apa itu Surat Kuasa Pengambilan BPKB ?


Surat Kuasa Pengambilan BPKB adalah surat kuasa yang berisi pernyataan pemberian kuasa dari pemilik kuasa kepada pihak penerima kuasa untuk mengambilkan BPKB si pemilik kuasa.

Sebenarnya isi surat kuasa pengambilan BPKB ini mirip dengan surat kuasa pada umumnya. Perbedaannya hanya pada isinya saja, yaitu pada pernyataan pemberian kuasa pengambilan BPKB dari pihak pemberi kuasa kepada penerima kuasa untuk mengambilkan BPKB

Untuk penulisannya, surat kuasa pengambilan BPKB menggunakan bentuk atau format surat kuasa pada umumnya, yaitu terdiri dari kepala surat, ada pihak pertama sebagai pemilik dan pemberi kuasa atau pemilik BPKB, ada pihak kedua selaku penerima kuasa, identitas atau biodata kedua belah pihak, serta kalimat pernyataan pemberian kuasa dari pihak pemilik kepada pihak penerima kuasa disertai tanda tangan bermaterai dari kedua belah pihak.

Surat kuasa harus ditandatangani kedua belah pihak dengan materai agar sah secara hukum dan dapat digunakan secara bertanggungjawab. Sertakan pula tanggal pengambilan BPKB nya secara jelas agar tidak disalahgunakan.

Berikut ini contoh surat kuasa pengambilan BPKB.


SURAT KUASA PENGAMBILAN BPKB

Yang bertanda tangan dibawah ini selaku pihak pertama:

Nama                            : Purnama
Tempat/tanggal lahir : Semarang, 23 Desember 1982
Pekerjaan                     : Pegawai Swasta
Alamat                         : Blego RT.03 RW.17 Jogokaryan, Semarang, Jawa Tengah
Dengan surat ini memberikan kuasa kepada pihak kedua:

Nama                             : Prayogo
Tempat/tanggal lahir  : Klaten, 14 Maret 1984
Pekerjaan                      : Pengusaha
Alamat                           : Blego RT.04 RW 17 Jogokaryan, Semarang, Jawa Tengah
Agar mengambilkan surat BPKB Motor* dengan rincian sebagai berikut ini:

Atas Nama                    : Purnama
Merk Motor*                : Honda CBR
Warna                            : Merah Hijau
No. Rangka                   : 111345266
Tahun                            : 2016
Kapasitas (CC)              : 989 CC
No. Mesin                      : K32AB34562
No. Polisi                       : H 234 ABE

Demikian surat kuasa ini saya buat dalam keadaan sadar tanpa ada paksaan dari siapapun. Dan semoga bisa digunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatiannya saya mengucapkan terimakasih banyak.

Semarang, 12 April 2019

Pihak Pertama,                                                Pihak Kedua,

(Materai 6000)

Purnama                                                         Prayogo

Surat kuasa pengambilan BPKB ini bisa Sobat modifikasi untuk di gunakan mengambil BPKB motor maupun surat/barang lainnya. Pada intinya bentuk atau formatnya adalah sama/mirip, yang berbeda hanyalah yang  bertanda (*).

Download Surat Kuasa Pengambilan BPKB


Untuk membantu Sobat mempermudah dalam pembuatan surat kuasa pengambilan BPKB, berikut ini akan kami berikan download gratis surat pengambilan kuasa BPKB.


Nah, itulah Sobat informasi tentang Contoh Surat Kuasa Pengambilan BPKB Mobil dan Motor semoga dapat bermanfaat bagi Sobat. Sekian, sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar