Tips Merawat Anak Saat Mengalami Flu dan Pilek

Tips Merawat Anak Saat Mengalami Flu dan Pilek

Flu dan pilek menjadi penyakit yang umum terjadi pada setiap kalangan masyarakat. Penderitanya pun tidak terbatas pada orang dewasa saja. Anak-anak juga bisa mengalami penyakit yang satu ini. Terlebih jika mengingat sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat rentan. Flu maupun pilek memang bukanlah penyakit yang berbahaya. Namun saat sudah menyerang, bisa dipastikan aktivitas yang sedang dijalankan bisa terganggu. Karena flu biasanya diiringi dengan berbagai gejala, seperti demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, mudah lelah, dlsb yang mana bisa membuat tidak nyaman penderitanya.

Saat pergantian musim, tak jarang kita mendapati anak-anak mudah sekali terserang flu dan pilek. Tentunya sebagai orang tua kita harus melakukan upaya pencegahan agar putra-putri kita terhindar dari penyakit ini. Namun jika sudah terserang, tidak ada yang bisa kita lakukan selain merawat si kecil dengan sebaik-baiknya. Untuk merawat anak yang terserang flu dan pilek, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kondisi anak berangsur-angsur membaik, diantaranya yaitu:

1. Memberikan obat sesuai dengan gejala.
Flu dan pilek merupakan jenis penyakit yang berbeda, meskipun sama-sama menyerang saluran pernafasan. Perbedaan antara keduanya terletak pada gejala yang ditimbulkan. Untuk pilek gejalanya terbilang lebih ringan dibandingkan dengan gejala flu, antara lain seperti sakit pada tenggorokan, hidung tersumbat dan terkadang berair, demam, serta batuk. Sehingga saat anak mengalami hidung tersumbat karena pilek, orang tua bisa memberikan obat hidung tersumbat yang aman untuk anak. Untuk gejala flu cenderung disertai dengan nyeri otot, diare, sakit kepala, serta mual dan muntah.

2. Mengecek suhu tubuh anak saat mengalami gejala demam.
Saat mengalami flu dan pilek, pada anak-anak lebih sering mengalami demam dibandingkan dengan orang dewasa. Hal ini sebagai reaksi tubuh karena adanya infeksi virus flu maupun pilek. Jika kondisi demam yang dialami oleh si kecil lebih dari 38 derajat Celcius, sebaiknya periksakan ke dokter segera agar bisa mengetahui hal ini indikasi penyakit serius atau tidak.

3. Memastikan anak istirahat dengan cukup.
Agar segera sembuh, Anda bisa memberikan obat pilek resep dokter. Dan tak lupa, pastikan juga anak beristirahat dengan cukup. Jangan biarkan anak beraktivitas sampai kelelahan.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar