Pengertian dan Manfaat Cloud Computing

Pengertian dan Manfaat Cloud Computing


Pada zaman sekarang ini Teknologi Informasi (IT) sangat penting dibutuhkan untuk membangun dan mengembangkan bisnis perusahaan yang berkelanjutan. Fungsi TI merupakan bagian yang tak terpisahkan untuk membantu perusahaan mencapai misi atau tujuan mereka untuk hasil yang lebih produktif dan efisien. Fungsi tersebut dinamakan dengan Cloud Computing. 

Apa itu Cloud Computing serta Bagaimana Cloud Computing bisa membantu membangun dan mengembangkan bisnis Anda? Cloud Computing pada dasarnya atau gambaran sederhananya  adalah memindahkan sumber daya komputasi Anda ke virtualisasi. Biasanya perusahaan memiliki data yang banyak dan komplek yang setiap hari terus bertambah seiring bertambahnya aktivitas perusahaan tersebut. Untuk menyimpan dan mengelola data-data tersebut maka dibutuhkan alat semacam komputer sebagai basis server untuk menyimpan dan mengelolanya. Semakin banyak data perusahaan maka semakin banyak pula alat komputer yang dibutuhkan untuk menyimpan dan mengelola data tersebut. Hal ini akan menjadi masalah tersendiri bagi perusahaan karena perusahaan harus terus menyediakan atau membeli komputer yang banyak untuk menyimpan dan mengelola data atau file tersebut. Namun dengan teknologi Cloud Computing hal ini tidak akan terjadi. Dengan Cloud Computing semua data akan tersimpan dan dikelola dengan lebih praktis dan efisien dengan cara menyimpannya di "cloud" sehingga kapanpun Anda membutuhkan datanya dan ingin mengelolanya semuanya siap untuk di gunakan dan anda tidak perlu lagi menghawatirkan tentang lokasi dan beban server untuk menyimpan dan mengelolanya.

Jadi manfaat dari Cloud Computing salah satunya adalah biaya lebih murah karena tidak ada pembelanjaan modal dimuka. Anda dapat memulai bisnis tanpa harus membeli server apa pun dan tidak perlu dengan modal yang besar, sangat mudah dan sederhana.Dan ini merupakan langkah awal yang sangat bagus apabila Anda ingin membangun start up sendiri.

Manfaat lainnya, jika di masa lalu, Anda harus memproyeksikan penggunaan Server Anda selama tiga tahun ke depan, dengan menggunakan Cloud Computing Anda hanya perlu membayar sesuai penggunaan Anda. Itu bisa diisi per jam, atau per hari, tergantung pada penggunaan komputer Anda. Bayangkan seberapa optimal biaya pengeluaran Anda nantinya.

Saat ini salah satu penyedia layanan Cloud Computing terbesar di dunia adalah Amazon Web Service (AWS), sebagai salah satu penyedia Cloud terbesar di dunia. AWS telah melengkapi layanan mereka dengan spektrum layanan yang luas untuk semua skala perusahaan. Layanan mereka sangat serbaguna, semuanya berada di satu tempat. Mulai dari skala kecil seperti Situs Web dan Email Hosting untuk Aplikasi Bisnis, Layanan Blockchain, Internet of Thing dan banyak lagi.

Untuk layanan Cloud Computing di Indonesia atau Cloud Server Indonesia yang telah memenuhi Mitra Standar AWS pertama yang ada di Indonesia yaitu ICS Compute. Dengan meggunakan layanan Cloud computing anda akan merasakan perbedaan komputasi tradisional dan komputasi awan yang akan membuat Anda lebih nyaman tidak perlu khawatir lagi memikirkan tentang biaya dan beban server komputasi Anda.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.