Cincin Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam

Cincin Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam

Bab Kedua
Pasal Cincin Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam
Cincin Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam terbuat dari perak, begitu pula mata cincinnya (1). Namun sebagian riwayat menyebutkan bahwa mata cincinnya terbuat dari logam yang berasal dari daerah Habasyah (ethiopia). Beliau mengenakannya terkadang di kanan dan terkadang di kiri, mata cincinnya disejajarkan dengan telapak tangan (menghadap dalam).
Cincin tersebut bertuliskan lafadz (محمد) di baris paling bawah, lafadz (رسول) di baris tengah, dan lafadz jalalah (الله) di baris paling atas. Beliau melarang siapapun meniru bentuk tulisan tersebut, karena cincin itu digunakan untuk stempel surat-surat beliau yang dikirim kepada para raja.
Cincin itu berpindah tangan kepada para khalifah berikutnya. Pada masa khalifah Utsman ibn Affan rodliyallohu 'anhu terjatuh di sumur Aris (2) yang berada di sebelah barat masjid Quba'. Hal ini mengisyaratkan akan terjadinya fitnah besar-besaran dalam Islam yang bermula dari masa kekholifahan beliau.
_End_

*catatan penulis:

Kebiasaan beliau shallallahu 'alayhi wa sallam dalam menggunakan cincin mudah-mudahan kita dapat meniru, dengan petunjuk dari guru yang memiliki sanad (rantai) ilmu sampai Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam tentunya.

Jika ingin meniru cincin Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam seharusnya baca basmalah dan di niatkan 'ala sunnati Rosulillah shallallahu 'alayhi wa sallam, supaya adah (adat) dapat bernilai ibadah di sisi Alloh.
_____
Mandhumah Asy-Syamail An-Nabawiyyah

Untaian Mutiara Perangai Nabi Yang Mulia

Dikumpulkan Oleh:
Muhammad Ja'far bin Abu Bakar
(Alumni Ma'had Nurul Haromain Pujon dan Alumni Ma'had Rusyaifah Makkah alMukarromah)

Kitab ini mendapat sambutan baik oleh Abuya Dr. Sayyid Ahmad bin Muhammad Alawi alMaliki alHasani
(Pengasuh Ma'had Rusyaifah Makkah)

Abina KH. Muhammad Ihya' Ulumiddin juga turut memberi pengantar, begitu pula Gus Idror bin Maimun Zubair



Baca selanjutnya >> Bab Pertama Kesempurnaan Fisik Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam (Part 3)


<< Kumpulan Artikel Perilaku Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.