Tips Mengobati Flu Agar Cepat Sembuh

Tips Mengobati Flu Agar Cepat Sembuh


Bagi sebagian besar orang terkena serangan flu sangat tidak mengenakkan. Tentunya membuat Anda kurang semangat menjalani aktivitas sehari-hari. Anda dapat mengatasi flu dengan cara meminum obat flu ampuh. Selain itu, jangan lupa terapkan berbagai tips mengobati flu berikut ini agar segera reda.

6 Tips Mengobati Flu


Penderita flu tidak jarang penderita mengalami demam, pegal-pegal, sakit kepala, mual hingga muntah-muntah. Apabila muntah-muntah Anda terus berlanjut maka obati dengan domperidone obat mual muntah akut sebelum terlambat. Jangan lupa terapkan tips-tips mengobati flu berikut ini.

1.Sering Membuang Ingus

Saat flu menyerang ada baiknya segera membuang ingus secara teratur. Apabila ingus dibiarkan begitu saja justru dapat menjadi sarang bagi bakteri lain. Anda dapat melakukan pembuangan ingus bergantian pada lubang hidung kiri kemudian kanan.

2.Atasi Dengan Larutan Garam

Sejak dulu air yang dicampur garam hangat dimanfaatkan untuk mengencerkan lendir dan ingus. Disamping itu, larutan tersebut berguna menghilangkan partikel virus dan bakteri pada hidung. Nenek moyang menganggap larutan garam sangat ampuh untuk penyembuhan flu lebih cepat.

3.Berkumur

Apabila flu disertai sakit tenggorokan sebaiknya Anda berkumur dengan larutan air garam. Minimal berkumur dilakukan empat kali sehari untuk meredakan nyeri tenggorokan dan batuk-batuk. Berkumur juga mampu meredakan gatal-gatal pada bagian tenggorokan.
Setelah berkumur biasakan untuk meminum teh hangat yang dapat dicampur dengan sari apel ataupun madu. Apabila meminum teh hangat secara teratur dapat menyembuhkan flu dalam waktu lebih cepat. 

4.Konsumsi Minuman Hangat

Ketika flu menyerang rata-rata dokter menganjurkan pasiennya mengonsumsi minuman hangat. Selain untuk memenuhi cairan, minuman hangat juga mencegah dehidrasi dan meredakan radang pada saluran pernafasan. Hidung tersumbat pun lebih cepat reda dan Anda dapat segera beraktivitas seperti sedia kala.

5.Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga dapat menjadi jurus jitu saat flu menyerang. Pasalnya uap hangat membantu hidung menjadi lembab dan mencairkan lendir atau ingus yang mengental. Baiknya lagi, mandi air hangat membuat otot tubuh lebih rileks dan dapat tidur dengan nyenyak.

6.Pakai Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih menjadi andalan masyarakat ketika mengalami demam, sakit perut, batuk, pilek, hingga flu. Penggunaan satu tetes kecil minyak kayu putih pada bagian bawah hidung dapat membantu saluran pernafasan lebih terbuka. Sehingga, rasa sakit dan tersumbat yang dialami hidung perlahan berkurang.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar