Haid TidakTeratur dan Cara Mengatasinya

Haid TidakTeratur dan Cara Mengatasinya


Mentruasi atau haid merupakan hal yang sangat alami yang terjadi pada setiap wanita di dunia ini. menstruasi sendiri secara normal akan terjadi setiap bulan. Namun karena keadaan hormon orang yang berbeda-beda maka biasanya siklus tiap orang berbeda. Bahkan ada yang tidak teratur dengan catatan haidnya tidak lancar setiap bulan. Ada yang telat satu minggu, 10 hari hingga berbulan-bulan.
Untuk usia remaja yang merupakan usia pubertas, tidak teraturnya siklus haid biasanya tidak menjadi masalah asalkan siklus telatnya masih dalam tahap normal. Lantas bagaimana dengan usia dewasa yang telat haid selama 10 hari? Bagaimana cara melancarkan haid yang telat 10 hari tersebut? masihkah hal tersebut wajar dialami oleh wanita usia lanjut?

Cara Mengatasi Telat Haid 10 Hari


Dalam ilmu kesehatan ada banyak sekali pendapat terkait cara mengatasi haid tidak teratur. Ketidakteraturan siklus haid ini juga bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan jika tidak segera diatasi. Oleh karenanya saat Anda mengalami siklus yang tidak teratur maka sebaiknya segera periksalah ke dokter yang terpercaya. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara  mengatasi siklus haid yang tidak teratur :

1. Rajin berolah raga

Olah raga merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga stamina dan kesehatan fisik tubuh kita. Bisa dibilang orang yang jarang melakukan olah raga akan mudah terserang sakit. Olah raga juga bisa membuat organ dalam menjadi bekerja sebagaimana normalnya. Termasuk organ ovarium yang juga terkait dengan siklus haid. 

2. Menjaga pola dan jenis makan minum

Hal kedua yang harus dijaga adalah pola dan jenis konsumsi Anda sehari-hari. Rajinlah memakan sayuran yang mengandung vitamin dan dapat membantu kesuburan. Salah satu contohnya adalah tauge. Dengan menjaga konsumsi Anda sehari-hari maka selain sistem pencernaan dapat membaik, sistem hormon kewanitaan Anda juga bisa menjadi lebih baik. 

3. Minum air putih secara teratur

Air putih merupakan minuman yang sangat penting bagi cairan tubuh. Meskipun hanya air putih biasa, namun jika Anda meminumnya secara rutin dan teratur maka hal tersebut akan membawa pengaruh baik bagi tubuh Anda.

4. Bertanya pada dokter terpercaya

Bertanya kepada dokter adalah solusi tepat yang harus Anda lakukan saat Anda merasa tidak ada perubahan pada siklus anda yang berantakan. Dengan begitu Anda akan mendapatkan solusi sesuai ilmu kesehatan. Siklus haid yang tidak teratur bisa sangat mempengaruhi kesuburan Anda sebagai wanita. karena itulah Anda tidak bisa menganggap hal ini sebagai hal yang remeh. Segeralah periksakan keadaan Anda sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar