Pentingnya Suplemen Tambahan Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Suplemen Tambahan Bagi Ibu Hamil


Pentingnya Suplemen Tambahan Bagi Ibu Hamil - Ketika seorang wanita hamil, seluruh organ dalam tubuh mengalami adaptasi baik secara anatomis, psikis, maupun fisiologis, seperti penurnan kadar hemoglobin, peningkatan berbagai macam hormon, sampai pada mood yang dirasakan. Oleh karena itu, suplemen tambahan bagi ibu hamil sangat penting, contohnya adalah asam folat sebagai suplemen untuk DHA dan kecerdasan bayi

Keutamaan asam folat :


Mengatasi anemia


Anemia dapat disebabkan karena kurangnya asam folat dalam tubuh, asam folat adalah bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Konsumsi asam folat membantu pembentukan sel darah merah, selain itu dapat meningkatkan produksi DNA.

Mencegah terjadinya cacat bayi


Konsumsi asam folat pada trimester pertama kehamilan dapat mencegah terjadinya kelainan yang disebut spina bifida, asam folat dapat menyempurnakan perkembangan selubung saraf pada otak dan tulang belakang. Selain itu, dapat mencegah terjadinya bibir sumbing, kelahiran prematur, berat badan lahir rendah (BBLR), intrauterine growth restriction (IUGR), kelainan jantung dan organ vital lainnya pada bayi. Fungsi plasenta dan perkembangan janin juga dimaksimalkan oleh konsumsi asam folat.

Menurunkan risiko komplikasi kehamilan


Konsumsi asam folat dapat menurunkan risiko komplikasi kehamilan seperti eklamsia, preeklamsia, janin lahir preterm, intruterine fetal death. Selain itu juga mencegah terjadinya penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit alzheimer.

Makanan yang dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak asam folat pada makanan sehari-hari Anda, antara lain:

     215 mcg: 3 ons hati sapi direbus
     179 mcg: ½ gelas biji-bijian rebus
     115 mcg: ½ gelas bayam yang direbus
     110 mcg: ½ gelas mie dan telur direbus
     100 mcg: ¾ cangkir sereal saat sarapan
     90 mcg: ½ gelas kacang merh rebus

Selain asam folat didapat dari makanan, asam folat bisa dikonsumsi secara oral dalam sediaan tablet. Dosis yang direkomendasikan adalah sekitar 400-500 mikrogram setiap harinya. CDC merekomendasikan agar Anda mulai mengonsumsi asam folat setiap hari selama setidaknya sebulan sebelum Anda hamil, dan setiap hari saat Anda hamil. Namun, CDC menimbang pentingnya asam folat bagi ibu hamil dan mau hamil untuk mengonsumsi asam folat setiap hari. Jadi Anda diperbolehkan untuk mulai mengkonsumsinya lebih awal.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar