Inilah Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi, Bunda Mesti Tahu!

Inilah Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi, Bunda Mesti Tahu!

Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi-Ajarnulis.com-Air Susu Ibu atau ASI merupakan produk susu alami yang bersumber dari ibu bayi. ASI ini memiliki banyak khasiat dan manfaat. Tidak hanya untuk bayi saja, namun manfaat ASI juga berguna bagi sang ibu bayi. ASI memiliki zat gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Disamping itu ASI juga mengandung zat anti body untuk pertahanan dan pembentukan sistem kekebalan tubuh sang bayi. Berikut adalah beberapa manfaat ASI untuk ibu dan bayi:

Keuntungan pemberian ASI bagi ibu adalah:

1. Dapat menunda kehamilan. Para ibu yang memberikan ASI pada bayi mereka secara eksklusif akan dapat menunda kehamilan mereka selama kurang lebih 15 bulan.

2. Terhindar dari kanker payudara. Dengan memberikan ASI, para ibu dapat menjaga kekebalan tubuhnya dari penyakit. Pada kenyataannya, sangat sedikit para ibu yang menyusui yang mengidap kanker payudara.

3. Rahim lebih mudah kembali ke bentuk asalnya (sebelum kehamilan), sehingga bentuk tubuh kembali seperti semula.

4. Dapat menjaga keindahan bentuk tubuh ibu karena dengan menyusui seorang ibu akan mengalami penurunan berat badan kurang lebih seberat 5 kg dari berat badan sebelumnya

5. Memperoleh kemudahan dalam menyiapkan makanan bayi, tanpa perlu melalui proses sterilisasi dan penyiapan seperti pada pemberian susu formula.

6. Jaminan tidak akan habis. Walaupun para ibu menyusui bayinya terus-menerus sampai selesai, mereka tidak perlu khawatir produksi ASI akan habis, yang itu bisa terjadli pada susu formula.

7. Bernilai ekonomis

8. Memperkuat hubungan emosional antara ibu dan anak. Melalui pemberian ASI, seorang akan mampu merasakan kehangatan kasih sayang seorang ibu yang tak tergantikan oleh apa pun juga,

Keuntungan bagi bayi adalah sebagai berikut:

1. ASI mengandung unsur-unsur atau gizi sempurna dan merupakan makanan yang sesuai bagi bayi.
2. Kaya akan kandungan antibiotika alami.
3. Mudah dicerna dan diserap dalam tubuh bayi
4. Dapat melindungi bayi dan dari alergi, kurang darah, rakhitis, gigi rapuh dan kelebihan berat badan.

Nah itulah Bunda inforrmasi tentang Manfaat ASI bagi Ibu dan Bayi, semoga bermanfaat. sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya:

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar