Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Cara Mendapatkannya

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Cara Mendapatkannya


Bagi para pencari kerja sangat penting memiliki Surat keterangan bebas narkoba, sebab sebagian besar perusahaan swasta dan BUMN setiap kali membuka lowongan pekerjaan biasanya selalu mengajukan syarat untuk melampirkan surat keterangan bebas narkoba bagi para peserta pelamar pekerjaan, tak terkcuali untuk melamar sebagai PNS. Jadi, memang sangat penting memiliki surat keterangan bebas narkoba bagi para pencari kerja.agar proses lamaran kerjanya menjadil ancar. Berikut adalah contoh Surat keterangan bebas narkoba.





Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di Semarang dan Sekitar


Untuk mendapatkan Surat Keterangan Bebas Narkoba silahkan simak penjelasan langkah-langkah serta tahapan berikut ini.

Ajarnulis.com akan memberikan pemaparan tentang cara mendapatkan surat keterangan bebas narkoba semoga bisa bermanfaat untuk calon pelamar kerja/calon karyawan yang berniat akan melamar pekerjaan. Silahkan disimak baik-baik tata cara membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba  berikut ini :

Sebelumnya siapkan dahulu data atau berkas berikut ini:

  1. Pas foto warna 4 X 6 sesuai tahun kelahiran “genap=biru” dan “ganjil=merah” (3 Lembar)
  2. Fotocopy E-KTP (3 Lembar)
  3. E-KTP Asli

Lalu bagaimanakah prosedur pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) ?


Berikut adalah prosedur pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) yang mungkin saja di setiap daerah di Indonesia memiliki kebijakan yang berbeda-beda :

1. Tahap pertama :

Persiapkan berkas seperti : Fotocopy KTP 2 lembar, Pas Foto 2 lembar, dan KTP asli. Lalu identitas akan disesuaikan dengan KTP asli anda, dan selanjutnya anda akan dimintai keterangan tujuan dari pembuatan SKBN ini untuk apa, misalkan untuk melamar PNS, karyawan swasta, BUMN atau lainnya.

2. Tahap kedua :

Selanjutnya anda akan diminta sampel air seni, kira-kira ukurannya 1,5 – 3 mili-liter dalam sebuah botol kecil yang akan diperiksa oleh dokter.

3. Tahap ketiga :

Lalu dokter akan memberikan anda sebuah alat yang berisi 6 butir indikator, yaitu indikator Amphetamin (AMP), Benzodiazephine (BZO), Coccaine (COC), Metamphetamine (MET), Morphin (MOP), dan Marijuana (THC). Dalam indikator tersebut terdapat 2 garis putih sebagai alat pembatas apakah anda terbebas dari Narkoba atau tidak. Jika pada saat alat tersebut dimasukkan kedalam wadah yang berisi air seni anda yang tadi dan semua indikator menunjukkan angka 2 (garis kedua) terlampaui, maka anda dinyatakan Negatif Narkoba alias anda bebas dari Narkoba. Namun jika indikatornya hanya melampaui 1 garis saja, maka anda dinyatakan Positif Narkoba alias anda pengguna Narkoba (terjangkit).

4. Tahap keempat :

Setelah anda selesai uji tes narkoba, jika dalam tes uji Narkoba anda lolos atau Negatif Narkoba (bebas dari Narkoba), kemudian petugas akan mengetik hasil lab tes narkoba anda dalam bentuk surat yang disebut Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN).


5. Tahap kelima :

Pengecekan ulang identitas (datadiri) anda yang ada di SKBN dengan KTP asli sebelum di printout (cetak). Serta alasan keperluan dari pembuatan SKBN untuk dipergunakan kemana, melamar kerja, kegiatan kuliah, atau yang lainnya.

6. Tahap keenam :

Setelah selesai, anda akan menerima printout (cetakan) Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) yang kemudian akan diberi cap dan tanda tangan petugas yang berwenang. Setelah SKBN jadi, bila perlu anda fotocopy untuk dilegalisir petugas yang saat itu sedang melayani anda, supaya ada cadangan SKBN yang anda miliki.

Berapa Biaya Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN)


Untuk biaya pembuatan surat keterangan bebas narkoba ini relatif tergantung kebijakan dari tempat anda membuat SKBN. Tapi, pada umumnya harga pembuatan surat keterangan bebas narkoba (SKBN) sekitar Rp 120.000


Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di Semarang dan Sekitar


Tempat Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di Semarang, Pembuatan SKBN bisa anda lakukan di Poliklinik Kesehatan Kepolisian (tingkat polres), Rumah Sakit, maupun puskesmas. Tapi alangkah baiknya Anda membuat SKBN di Rumah Sakit atau Laboratorium seperti Cito, Prodia, dll yang ada di Semarang. Kalau anda ingin prosesnya cepat bisa memilih Laboratorium, dan jika anda menginginkan lebih hemat dalam pembuatan SKBN pilih Rumah Sakit saja salah satunya Rumah Sakit Umum Daerah RSUD. Berikut adalah daftar tempat beserta harga pembuatan SKBN di Semarang dan sekitar :

  1. Rumah Sakit Bhayangkara, Jl. Majapahit No. 140 Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Rp 175.000)
  2. RSJD Dr. Amino Gondohutomo, Jl. Brigjend. Sudiarto, No. 347, Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah (Rp 171.000)
  3. RSUD K.R.M.T Wongsonegoro Semarang, Jl. Fatmawati No. 1, Mangunharjo, Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Rp 89.000 + Kesehatan Rp 70.000)
  4. Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), Jl. Professor H. Soedarto S.H., Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah (Rp 165.000)


Untuk biaya maupun tarif pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di setiap daerah bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan tempat tersebut. Untuk berjaga-jaga, alangkah baiknya anda membawa uang setidaknya sebesar Rp 200.000  untuk ongkos biaya fotocopy dan lain sebagainya.

Nah, itulah informasi tentang Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) di Semarang dan sekitarnya, semoga bisa bermanfaat. Sampai jumpa lagi pada postingan berikutnya.

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar