Perangai Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam

Perangai Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam

Bab Keempat
Perangai Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam
Riwayat Sayyidi na Hasan (#) Rodliyallohu 'anhu
Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam adalah sosok manusia yang ramah, wajahnya berseri-seri selalu tersenyum terhadap siapapun yang menjumpainya. Beliau bukanlah seorang yang berwatak keras, kaku, galak, suka mencela, ataupun bicara kotor.
Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam menjauhi pembicaraan yang tidak membawa manfaat, baik yang berkaitan dengan duniawi (urusan dunia) maupun yang ukhrowi (urusan akhirat). Beliau tidak pernah membantah ucapan orang lain, terlebih memaki atau mencacatnya. Semua ucapan beliau dalam hal-hal yang membawa manfaat dan pahala.

Jika Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam bersabda di depan para sahabatnya, mereka menyimak dengan seksama seakan ada burung yang hinggap diatas kepala mereka.

Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam pun ikut serta dalam canda dan tawa mereka, bersabar jika ada orang asing yang kurang sopan dalam tingkah laku maupun tutur katanya.

Beliau tidak berkenan menerima pujian, terkecuali dari orang yang pernah mendapat kebaikan beliau sebagai tanda terimakasih (##). Dan Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam tidak pernah memotong pembicaraan orang lain, kecuali jika berlebihan atau melampaui batas.

#

Beliau meriwayatkan dari paman dari ibunya yang bernama Hindun ibn Abi Halah. Beliau berkata:

"Sengaja saya tidak menceritakan ini kepada saudaraku Husain beberapa waktu. Setelah saya menceritakan ternyata dia juga mengetahui sifat-sifat Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam yang ia tanya dari ayahnya 'Ali ibn Abi Tholib karomallohu wajhah."


End



*catatan penulis:

Kebiasaan beliau shallallahu 'alayhi wa sallam dalam perangai mudah-mudahan kita dapat meniru, dengan petunjuk dari guru yang memiliki sanad (rantai) ilmu sampai Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam tentunya.



_____

Mandhumah Asy-Syamail An-Nabawiyyah

Untaian Mutiara Perangai Nabi Yang Mulia

Dikumpulkan Oleh:

Muhammad Ja'far bin Abu Bakar

(Alumni Ma'had Nurul Haromain Pujon dan Alumni Ma'had Rusyaifah Makkah alMukarromah)

Kitab ini mendapat sambutan baik oleh Abuya Dr. Sayyid Ahmad bin Muhammad Alawi alMaliki alHasani

(Pengasuh Ma'had Rusyaifah Makkah)

Abi na KH. Muhammad Ihya' Ulumiddin juga turut memberi pengantar, begitu pula Gus Idror bin Maimun Zubair


Perangai Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam
Perangai Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam

<< Kumpulan Artikel Perilaku Nabi Muhammad Rosululloh shallallahu 'alayhi wa sallam

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang Copy Paste artikel di blog ajarnulis tanpa Seizin Admin kecuali menyertakan link sumber aktif. Hargailah jerih payah Penulis.